SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Metode Sunat Terbaik untuk anak Gemuk di Jogja WA 082134495179


Klinik Az-Zahra
Klinik Az-Zahra
1 month ago

Metode Sunat Terbaik untuk anak Gemuk.jpg

Ketika seorang anak laki-laki telah memasuki masa akil balig, menurut hukum Islam dianjurkan untuk khitan (sunat). Tradisi ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Ibrahim. Tujuan dari sunat/khitan itu sendiri yaitu untuk membersihkan kotoran yang melekat pada daerah kemaluan. Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan prosedur sunat juga sangat pesat, dari konvensional, laser, hingga klem. Namun tidak semua metode bisa dilakukan oleh semua orang. Masing-masing metode memiliki kriteria masing-masing. Bagaimana dengan khitan orang gemuk? Yuk konsultasi ke Klinik Az-Zahra Piyungan. Kami siap melayani khitan wilayah Jogja, Piyungan, Berbah, Prambanan, Kalasan, Patuk, Pleret, Dlingo, Banguntapan, dan Kotagede. Info lebih lanjut hubungi 082134495179. Kebanyakan orang tua yang memiliki anak gemuk pasti khawatir, apakah gemuknya akan mempengaruhi atau menganggu proses khitan. Cari tau yuk jawabannya di 082134495179, Klinik Az-Zahra Piyungan.

Masalah yang sering terjadi pada anak gemuk yaitu penis tetap berukuran normal tetapi tampak kecil sebab di tutupi dengan lapisan lemak yang ada di dalam perut dan kondisi mikro penis (ukuran penis dibawah orang normal). tentunya dengan kondisi tersebut memiliki tingkat kesulitan lebih jika dibandingkan dengan anak yang bertubuh ideal. Dokter yang akan melakukan khitan pada anak gemuk harus memiliki kejelian dalam menentukan seberapa banyak kulit penis yang harus di potong karena sebagiannya tersembungyi tertutup lemak. Biasanya kebanyakn dokter tidak ingin mengambil resiko nya. Kemudian menganjurkan anak untuk melakukan terapi terlebih dahulu sebelum sunat.

Terapi hormon

Terapi hormon ini mampu mempercepat pubertas anak. Tetapi jika terapi ini sering dilakukan oleh anak, tindakan ini akan memberikan efek samping yang tidak baik bagi anak nantinya. Maka harus dilakukan dengan sepengetahuan dokter dan jika hasilnya sesuai dengan dokter maka bisa dilakukan tindakan khitan/sunat.

Metode khitan pada anak gemuk sebenarnya sama dengan metode sunat lainnya. Hanya saja membutuhkan perhatian dan kejelian khusus.

Konvensional

Metode konvensional ini di Indonesia masih banyak digunakan di daerah tertentu. Prinsip pelaksanaan sunat dengan metode ini sama dengan metode lainnya, yaitu pemotongan kulit penis dengan diiris melingkar menggunakan gunting atau pisau bedah. Setelah pemotongan dilakukan penjahitan agar luka dapat sembuh dengan cepat dan mencegah perdarahan. Proses pengerjaan sunat dengan metode ini kira-kira 30-50 menit dan proses penyembuhan lukanya pun cukup lama.

Electric cauter

Metode ini dengan menggunakan alat seperti pistol yang dialiri listrik. Saat listrik mengalir, ujung pistol yang terbuat dari logam akan panas dan memerah, ketika itulah proses sunat dimulai. Alat tersebut digunakan untuk memotong ujung kulit tanpa keluar darah karena panas yang langsung membekukannya. Namun metode ini tetap membutuhkan proses penjahitan kembali kulit agar penyembuhan luka cepat dan sempurna. Proses khitan dengan metode ini kurang lebih 10-20 menit.

Klem

Metode ini memanfaatkan tabung plastik yang sekali pakai. Tabung plastik memiliki banyak ukuran sehingga tindakan khitan dengan metode klem ini bisa dilakukan oleh anak-anak hingga dewasa. Sebagian orang merasa lebih nyaman dengan menggunakan metode klem ini, namun sebagiannya lagi merasa tidak nyaman karena tabung palstik tersebut harus dipasang hingga luka mengering kira-kira 3-6 hari.

Laser CO2
Inilah metode sunat / khitan laser yang sesungguhnya. Meski masih sangat jarang dilakukan, metode sunat laser sudah tersedia di Indonesia, terutama di kota besar, seperti Jakarta. Laser yang digunakan adalah laser CO2. Setelah dibius lokal, kulit penis yang hendak dipotong ditarik dan dijepit dengan klem. Laser CO2 kemudian memotong kulit penis tanpa mengeluarkan setetes darah pun. Meski begitu, kulit tetap harus dijahit agar proses penyembuhan sempurna.

Tips Bagi Anak Gemuk yang hendak disunat

  1. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya untuk mengetahui jenis kondisi penis sang anak.
  2. Edukasi sejak dini kepada anak. Pastikan anak benar-benar ingin disunat sesuai dengan permintaan mereka sendiri tanpa ada paksaan.nJika hal ini tidak dilakukan, kemungkinan anak justru akan memberontak ketika proses sunat, dan jelas membuat tenaga medis kesulitan melakukan tindakan.
  3. Sering tarik kulup (kulit sekitar penis). Hal ini sebaiknya dilakukan sejak bayi. Tujuannya agar penis tidak mengalami perlengketan di area kepala penis. Sehingga, penis bersih dari kotoran-kotoran yang menempel di area tersebut.
  4. Awasi pola makan, karena anak yang gemuk cenderung memiliki lemak berlebih, terutama di sekitar selangkangan dan area penis.
  5. Beri pengertian agar anak lebih siap menghadapi proses sunatan.

Penanganan Paska Sunat untuk Anak Gendut, sebagai berikut :

  1. Pastikan penis tetap bersih dan terjaga sehingga terhindar dari infeksi, khususnya setelah buang air kecil.
  2. Hindari penis terkena air, sehingga saat kondisi membersihkan penis menggunakan sabun atau produk tertentu yang di dalamnya terkandung bahan kimia tidak merusak penis.
  3. Sebaiknya ganti perban saja atau bersihkan klem setiap hari. Nanti biasanya dokter akan memberikan cairan antiseptik agar klem tetap steril.
  4. Diperbolehkan mengonsumsi obat anti sakit untuk sehingga nyeri bisa diatasi dengan baik.
  5. Jangan biarkan anak anda mengendarai sepeda sampai luka sunat benar-benar sembuh.
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com