SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

MANAKAH YANG LEBIH UTAMA IBADAH HAJI REGULER ATAU HAJI KHUSUS ?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Lebih utama mana antara haji reguler dan khusus? Kalau khusus kan lebih nyaman secara fasilitas ustadz...

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Dlm hal kesempurnaan dan keutamaan ibadah haji reguler dan khusus, maka yg akan menentukan dan membedakan antara keduanya adalah dengan melihat pada beberapa sisi, diantaranya:

1) sisi pelaksanaan syarat-syarat, rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan sunnah-sunnah ibadah haji tsb.

2) sisi keterbebasan dari pelanggaran-pelanggaran terhdp larangan-larangan Allah dlm manasik haji secara khusus maupun secara umum.

3) niat pelaku ibadah tsb, apakah niatnya ikhlas 100% krn Allah, ataukah tercampur dengan riya (pamer), sum'ah (ingin didengar kebaikannya oleh orang lain), dan tujuan2 duniawi lainnya. Tapi soal niat didlm hati ini yg dapat mengetahuinya hanyalah Allah, kemudian pelaku ibadah itu sendiri. Sedangkan kita tdk bisa mengetahuinya, dan tidak boleh menghukumi niat orang lain dlm beribadah kepada Allah.
Jadi yg lebih utama dan lebih sempurna dlm ibadah haji adalah siapa saja yg dpt melaksanakan 3 hal tsb diatas dengan sempurna, sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan ikhlas hanya mengharapkan ridho Allah semata. Dan yg perlu dipertimbangkan juga adalah sisi kemampuan biaya perjalanan menuju kota Mekkah al-Mukarromah. Maksudnya, jangan sampai ada diantara kita yg menunaikan ibadah haji dengan biaya dari hasil pinjaman atau hutang, karena ini termasuk membebani diri sendiri diluar kemampuannya.
Demikian jawaban yg dpt kami sampaikan. Smg bermanfaat.
Wabillahi at-taufiq.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com