SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

ARTI AL FIRQOH AN NAJIYAH DAN SIAPAKAH MEREKA ?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya

TANYA JAWAB MASALAH 20: ARTI AL FIRQOH AN NAJIYAH DAN SIAPAKAH MEREKA ?
Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
9 years ago

Pertanyaan :

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ustadz, Firqoh Najiyah itu apa ya?

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Firqoh Najiyah artinya Golongan Yang Selamat. Dan ini adalah nama lain dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Mereka dinamakan Firqoh Najiyah karena di dunia mereka selamat dari segala penyimpangan dan kesesatan dalam beragama dan beribadah kpd Allah. Dan di akhirat mereka selamat dari siksa api neraka. Inilah yg dimaksud Al-Firqoh An-Najiyah dlm hadits Nabi yg menjelaskan perpecahan umat Islam mnjadi 73 golongan, semuanya (terancam) masuk neraka kecuali satu golongan yg selamat, yaitu Al-Jama'ah atau Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Dan di dlm riwayat lain Nabi shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bhw yg dimaksud Al-Jama'ah adalah siapa saja yg berada di atas jalan hidup dan tuntunan Nabi dan para sahabatnya.

Tanya :

Apakah salafiyah termasuk dalam Al Firqoh An Najiyah ?

Jawab :

Salafiyyah adalah Manhaj yg artinya adalah konsep atau cara utk memahami agama Islam dengan benar sbgmana yg dipahami oleh Nabi dan para sahabatnya. Dan salafiyyah adalah manhaj yg dianut dan dipegang erat oleh Al-Firqoh An-Najiyah. Sedangkan orang2 yg mengikuti manhaj ini disebut salafi atau salafiyyuun (bentuk plural). Jadi salafi atau salafiyyuun adalah nama lain dari Firqoh Najiyah dan Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

Dan di sana ada beberapa nama dan sifat lain bagi para pengikut manhaj salaf (As-Salafiyyah) ini selain dari apa yg telah saya sebutkan tadi, diantaranya ialah:
Ash-habul Hadits atau Ahlul Hadits, Ahlul Atsar, Ath-Thoifah Al-Manshuroh (kelompok yg selalu ditolong dan dimenangkan oleh Allah atas musuh2nya).

Tanya :

Afwan Ustadz, tanya lagi, perkataan Rasulullah ttg Al Firqoh An Najiyah ada dlm kitab apa dan hadits riwayat siapa ya ?

Jawab :

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dinamakan dengan Al-Firqoh An-Najiyah adalah disimpulkan oleh para ulama hadits dari sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam
ketika mnjelaskan ttg perpecahan umatnya mnjadi 73 golongan, semuanya masuk neraka kecuali satu golongan (yang selamat), yaitu al-jama'ah.  Di dlm hadits ini Nabi mensifati Al-Jama'ah dengan sifat SELAMAT dari api neraka meskipun tidak terucapkan secara eksplisit (dengan lafazhnya), tapi maknanya menunjukkan demikian.

Dan hadits ttg perpecahan tsb diriwayatkan oleh Abu Daud dalm kitab Sunannya II/608 no.4596, Ibnu Majah dalam Sunannya II/1322 no.3992, At-Tirmidzi dalam Sunannya V/25 no.2640, dan Ahmad di dlm kitab Al-Musnad II/332 no.8377, dari jalan beberapa sahabat Nabi, seperti Abu Hurairah, Auf bin Malik, Abdullah bin Amr, dan Sa'ad radhiyallahu anhum ajma'in).

Tanya :

Semakin ana mendalami semakin ana melihat bahwa di dalam kaum salafi sendiri banyak terjadi pengelompokan dlm memahami / menjalankan konsep / manhaj salafiyyah contoh ada r...a, ada juga H...i, antara ulama salaf juga berbeda contoh Syeikh A....i dgn Syeikh M....l ..... Afwan jika salah ya Ustadz
                                                     
Jawab :

Memang tidak dipungkiri realita para pengikut atau orang2 yang menisbatkan dirinya kpd manhaj generasi as-salaf ash-sholih menunjukkan terjadinya perselisihan dan perpecahan sbgmana yg kita saksikan sekarang ini. Dan ini terjadi disebabkan banyak hal. diantara sebab-sebab terjadinya perselisihan dan perpecahan adalah:

1) kapasitas dan kwalitas ilmu dan pemahaman diantara mereka yg berbeda-beda.

2) Sebab lain adalah belum terkikisnya secara keseluruhan syubhat2 dan virus2 pemikiran yg menyimpang dan sesat yg melekat didlm hati mereka seblm mendapat hidayah utk mengikuti manhaj yg penuh berkah dan rahmat ini.

3) Sebab lainnya juga adalah perkara hawa nafsu yg ada pada jiwa manusia. Bahkan sebab ketiga ini memiliki andil dan pengaruh yg sangat besar dlm terjadinya perselisihan dan perpecahan di antara para pengikut manhaj As-Salaf Ash-Sholih, Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

4) yg paling jelas dan pasti, bahwa perpecahan dan perselisihan merupakan sunnatullah yg berlaku diantara para hamba2-Nya, akan tetapi Allah memberikan perintah kpd mereka utk berupaya mnghindari segala hal yg akan menimbulkan perpecahan di tengah umat. Dan bahkan mencela dan melarang dengan keras segala macam bentuk perpecahan dan perselisihan diantara umat Islam, apalagi org2 yg mengaku sbg pengikut manhaj Nabi shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat radhiyallahu anhum ajma'in.

Perpecahan tidak akan terjadi diantara Ahlus Sunnah waljama'ah para pengikut manhaj salaf dan juga di antara kaum muslimin secara umum manakala mereka berpegang teguh dengan Kitabullah (Al-Quran Al-Karim) dan Sunnah Rasul-Nya (Al-Hadits Ash-Shohih) sbgmana yg telah dipahami dan diamalkan oleh Nabi dan para sahabatnya. Maka bilamana mereka menyimpang dari manhaj Nabi dan para sahabatnya maka pasti akan terjadi perpecahan. Semakin banyak penyimpangan terhdp ajaran Nabi dan terjerumus ke dalam bid'ah2, baik dlm hal aqidah, ibadah, muamalah, politik, dsb, maka semakin banyak terjadi perpecahan diantara mereka.

Jadi, yg bersalah dan menyebabkan terjadinya perpecahan adalah individu atau orang2nya yg mengaku sebagai pengikut manhaj salaf. Bukan Manhaj As-Salafiyyah yg merupakan manhaj Nabi dan para sahabat. Karena manhaj Nabi dan para sahabat adalah manhaj yg ma'shum (terjaga dan terpelihara) dari segala penyimpangan, kesesatan dan perpecahan. Sebagaimana kita meyakini bahwa agama Islam adalah agama satu2nya yg paling haq dan diridhoi oleh Allah, akan tetapi ketika ada diantara penganut agama Islam yg berbuat kesalahan dan pelanggaran spt membunuh, mabuk, mencuri / merampok, berzina dsb, maka tidak mungkin kita mngatakan atau menuduh agama Islam adalah agama yg salah dan batil serta mngajarkan keburukan. Tetapi yg bersalah dan tercela adala individu2 dari para pemeluk agama Islam itu sendiri.

Jadi manhaj Salaf atau As-Salafiyyah adalah agama Islam itu sendiri, mencela As-Salafiyyah berarti mencela Nabi, para sahabat dan agama Islam. Mudah2an kita dipersatukan oleh Allah diatas manhaj Nabi yg benar ini, dan dijauhkan dari segala hal yg akan menjerumuskan kita ke dalam perselisihan dan perpecahan. آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Eunie\'S Re
Eunie\'S Re
8 years ago

assalamu'alaikum...subhanallah....byk2 terimakash kepada salam dakwah...dari sini,,,saya lbh mendalami ahlus Sunah wal jama'ah...dari saya hamba yg faqir
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com