SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hikmah Dari Diharoomkannya Jual Beli Dalam Khomr, Ribaa, Rentenir


Adri Azhari Al Qisthi
Adri Azhari Al Qisthi
8 years ago

Transaksi Jual Beli

1. Khomr



A. Hikmah dari haroomnya khomr dapat ditinjau dari psikologis karena di dalam buah itu ada zat dengan rumus C2H5OH. Dalam Seri 591 ybl telah dikemukakan ayat (2:173) tentang haroomnya bangkai, darah dan daging babi. Maka khomr di dalam buah yang sangat ranum tidak bedanya dengan darah di dalam daging, tak mungkinlah dipisahkan darah itu seluruhnya dari daging. Namun ada protap (prosedur tetap) oleh Nash, bagaimana darah itu dikeluarkan dari daging sebisa mungkin. Potong urat darah dengan menyembelih binatang sembelihan, biarkan darah keluar mengalir sampai berhenti sehenti-hentinya. Darah yang terpisah dari daging itulah yang haroom, darah yang tertinggal dalam daging sudah tidak signifikan lagi, itulah rizqi dari Allooh Jalla Wa ‘Aalaa. Demikian pula halnya khomr di dalam buah yang ranum. Namun jangan coba-coba memisahkannya keluar, maka khomr itu menjadi haroom, seperti haroomnya darah yang sudah dipisahkan itu tadi, haroom karena zatnya. Haroom diminum, walaupun tidak sampai mabuk, karena walaupun sedikit, itu akan mengakibatkan bekerjanya kriteria yang kedua, yaitu ketagihan. Itulah hikmahnya secara psikologis, haroom karena zatnya.



B. Ditinjau dari kesehatan tubuh. Dr. Sath-han Ahmad dari Amerika telah mengadakan penelitian tentang hal itu. Beliau mentest berupa 6 jenis alkohol dengan kandungan 43% yang diberikannya kepada dua kelompok responden. Yaitu kepada orang biasa yang sehat yang berusia 23 - 30 tahun selama 2 jam, bagi kelompok pertama, dan 1 jam bagi kelompok kedua.



Terhadap kelompok pertama, setelah berselang 60 menit (1 jam), kandungan alkohol menjadi + 74 mcm/ml ada penambahan selama pemompaan darah 90 - 96 mili kedua. Dan penambahan waktu kepastian 44 - 52, bertambah persentase keduanya dari 0,299 sampai 323. Dan mulai menurun setelah 2 jam pertama padahal jumlah alkohol dalam darah bertambah sampai 111 mg dengan peningkatan yang sangat cepat/drastis (pada kelompok kedua) dan terjadi dis-fungsi organ perut bagian kiri setelah 30 menit. Hal ini terjadi ketika keadaan alkohol dalam darah mencapai 50 mg/100ml.



Alhasil, penggunaan alkohol adalah kritis secara terus-menerus terhadap jantung. Hal ini diawali dengan berdebarnya detak jantung dan sampai pada tahapan berikutnya, sakit; penurunan stamina tubuh pada kerja pompa darah, kemudian pembengkakan jantung, munculnya dis-fungsi jantung. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan alkohol dengan dosis apapun dan dalam kondisi apapun bukan hanya mempengaruhi aqidah saja, bahkan berdampak kepada jantung dengan dampak yang sangat berbahaya.



Jadi dalam jual beli khomr, pembeli sudah mengalami kerugian yang besar dari sisi yang paling utama dalam kehidupan. Yaitu Kesehatan.





2. Riba



A. memberikan dampak positif bagi akhlak dan jiwa pelakunya. Jika diperhatikan, maka kita akan menemukan bahwa mereka yang tidak berinteraksi dengan riba adalah individu yang secara alami tidak memiliki sifat kikir, dada yang sempit, berhati keras, menyembah harta, tamak akan kemewahan dunia dan sifat-sifat hina lainnya.



B. Dalam segi perekonomian dapat menjadikan kemajuan perekonomian dalam segala bentuk terkait dengan jual beli.



C. Menimbulkan rasa simpatik antar penjual dan pembeli dalam peniadaan praktek riba.



D. Meniadakan yang semakin tingginya gaya hidup konsumtif dan kapitalis di kalangan kaum muslimin, mengingat tidak sedikit kaum muslimin yang terjerat dengan hutang ribawi disebabkan menuruti hawa nafsu mereka untuk mendapatkan kebutuhan yang tidak mendesak. Sehingga dalam hal ini mereka dapat terbebas dari perkara tersebut.



E. Adapun hikmah selanjutnya adalah tidak mendatangkan murka atau adzab Allooh ‘Azza Wa Jalla.



F. Menimbulkan sikap yang baik (ma'ruf) antara sesama manusia dalam bidang pinjam-meminjam.





3. Rentenir



A. Dalam hal ini hikmah yang terkandung terhadap haroomnya perkara ini adalah timbulnya kesejahteraan kepada masyarakat baik dari sisi ekonomi maupun beban hati.



B. Kemudian terhindar dari rasa khawatir yang membuat peminjam merasa strees, karna tidak sedikit masyarakat melakukan perbuatan yang dilarang dalam Diinul Islam seperti mencuri dan lain-lain untuk melunasi hutang tersebut terhadap rentenir, Bahkan sampai ada yang bunuh diri. Wal ‘Iyadzubillah



C. Mempelancar proses pemerataan distribusi pendapatan masyarakat.



D. Meniadakan sifat eksploitatif.



E. Memajukan kegiatan produktif masyarakat di masa yang akan datang.



F. Tidak lagi kata Gali Lubang Tutup Lubang
maidrim
maidrim
6 years ago

beli atau jual saja



peninggi badan

tempat sulam alis murah
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com