SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

7 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Sewa Jasa Kontraktor Jogja


Aditya Kusuma
Aditya Kusuma
5 months ago

jasa kontraktor jogja.jpg

Kontraktor Jogja mungkin membuat Anda jauh merasa nyaman ketimbang mempercayakan rumah idaman untuk dibangun oleh jasa borongan. Jasa kontraktor bisa Anda manfaatkan jika tidak ingin mengambil resiko berkaitan dengan pembangunan rumah, kantor, atau lainnya untuk kebutuhan Anda.

Nah, Jasa Kontraktor Jogja sendiri cukup banyak pilihannya dengan harga yang bervariasi atau cukup kompetitif dalam penawarannya. Agar tidak menyesal di kemudian hari, sangat penting bagi Anda untuk tahu apa saja yang harus diperhatikan sebelum menyewa jasa kontraktor di Jogja atau di area manapun Anda tinggal.

Ingat, dengan mempertimbangkan hal-hal berikut, maka investasi Anda dalam membangun rumah, membayar pekerja, membayar jasa kontraktor, dan membeli material rumah akan lebih terjamin.

1. Skill Kontraktor Dan Performa

Skill dan performa jasa kontraktor Jogja yang akan anda pekerjakan harus benar-benar berkualitas. Setelah menentukan beberapa pilihan jasa, bandingkan skill dan performa satu sama lain. Kontraktor yang dipilih harus memiliki pengalaman, mengetahui detil dalam pekerjaannya, serta tahu apa saja material yang tepat. Masalah kinerja harus terorganisir. Pastikan Anda tahu bagaimana masing-masing jasa kontraktor akan mengeksekusi pekerjaan yang Anda berikan.

Mengetahui skill juga sangat penting. Faktanya, masing-masing kontraktor memiliki skill atau spesialisasi masing-masing. Anda harus menanyakan apakah spesialisasi mereka, bangunan apa yang biasa mereka kerjakan. Contohnya, jika Anda ingin membangun rumah bergaya minimalis, maka pilihlah kontraktor yang ada pada bidang tersebut. Jangan sampai Anda memilih kontraktor yang spesialisasinya pada rumah bergaya gothic, atau lainnya.

2. Ketepatan Waktu

Ketika pembangunan molor, artinya Anda harus menggelontorkan lebih banyak waktu, tenaga, dan tidak kalah pentingnya adalah uang untuk mempercepat proses pembangunan. Menyewa kontraktor Jogja berarti harus ada kontrak yang jelas berkaitan dengan ketepatan waktu penyelesaian pembangunan. Artinya, pastikan dalam kontrak kerja bahwa terdapat kesepakatan waktu yang harus diselesaikan. Berbeda jika Anda menyewa jasa borongan yang kebanyakan hanya mengira-kira saja.

3. Perhatikan Kualitas Hasil

Anda bisa bertanya pada beberapa kontraktor yang sedang Anda seleksi tentang apa yang akan mereka lakukan jika terdapat masalah pembangunan, seperti misalnya bangunannya roboh atau kurang sempurna.

Beberapa kontraktor Jogja yang sudah berpengalaman dan profesional biasanya akan memberikan garansi pengerjaan pembangunan. Tidak segan-segan, kontraktor-kontraktor tersebut berani menjamin untuk melakukan pengerjaan gratis jika terdapat masalah pada bangunan dikarenakan kecerobohan dari para pekerjanya.

Selain itu, akan lebih baik pula jika Anda langsung mendatangi lokasi yang pernah dibangun oleh kontraktor tersebut. Inilah cara yang aman, sebab melihat cerita, melihat review customer, atau melihat foto-foto yang disodorkan bukanlah cara yang bisa mudah dipercaya di jaman sekarang. Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, maka sebaiknya periksa kinerja nyata kontraktor yang akan Anda pekerjakan.

4. Wajib Berbadan Hukum

Kontraktor yang berbadan hukum adalah pilihan yang tepat. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa kontraktor yang akan disewa sudah memiliki surat izin resmi dan memiliki kantor yang jelas. Itulah kenapa anda harus periksa legalitas, jangan hanya menanyakannya saja.

Mengapa harus mencari kontraktor yang berbadan hukum? Hal tersebut dikarenakan akan memudahkan Anda jika anda ingin melacak kontraktor tersebut untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan yang sudah dilakukan jika ada masalah di kemudian hari.

5. Kumpulkan Informasi

Gunakan informasi mengenai setiap kontraktor yang akan Anda pilih sebaik-baiknya. Bila perlu, kumpulkan sebanyak-banyaknya. Track record  masing-masing kontraktor akan membantu Anda untuk menentukan mana yang bagus untuk Anda pekerjakan. Beberapa pengguna jasa kontraktor juga tidak segan memberikan review, memberi rekomendasi atau malah tidak merekomendasikannya sama sekali.

6. Cari Tahu Pihak Yang Terlibat

Kontraktor tidak akan pernah bekerja sendirian. Ya, ada banyak pihak yang terlibat didalamnya. Itulah mengapa Anda harus mencari tahu pihak-pihak mana saja yang terlibat dan bagaimana cara kerja mereka. Dengan siapa kontraktor tersebut bekerja sama, maka dapat mempengaruhi proses kelancaran penyelesaian bangunan yang Anda inginkan.

7. Buat Kontrak Kerja

Terakhir, jika Anda sudah menemukan mana kontraktor Jogja yang tepat, maka kontraktor yang profesional harus mau membuat kontrak kerja. Dalam kontrak kerja, terdapat beberapa poin yang penting. Kontrak kerja juga dibuat dari hasil musyawarah antara Anda sebagai penyewa jasa dan pihak kontraktor.

Buatlah kontrak yang jelas, terperinci, lengkap dan tidak merugikan salah satu pihak. Dalam kontrak harus ditulis kapan pembangunan akan dimulai, berapa biaya yang dibutuhkan, jenis material apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana tahapan pembayaran. Jika kontraktor menjanjikan garansi atau lainnya, pastikan hal tersebut juga dicantumkan dalam kontrak. Tambahkan materai dan tanda tangan di atas materai untuk kedua belah pihak agar berkekuatan hukum.

Rumah adalah investasi jangka panjang dimana Anda harus menyewa jasa kontraktor Jogja yang tepat. Membangun rumah dengan tepat waktu dapat memotong biaya tak terduga dalam proses pembangunannya. Dengan mempertimbangkan kontraktor dan memilih secara selektif, maka Anda bisa menyelamatkan rumah Anda dari masalah.

HambaAlloh
HambaAlloh
5 months ago

Sangat bermanfaat dan semoga kian optimal dari sisi seo yang mengarah pada pelayanan baru

Rinaldi Suwandi
Rinaldi Suwandi
1 month ago

terima kasih atas informasinya... nama bayi laki laki islami

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com