SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Komunitas IT Berbasis Pondok di Yogyakarta


jim ba
jim ba
4 months ago

Ketika mendengar sebutan pondok mungkin sebagian kita akan membayangkan pondok pesantren yang ada seperti umumnya yang mempelajari agama, mengkaji kitab, hafalan quran dan hidup menetap di asrama. Nah pada kali ini ada pondok yang 100% gratis dan fokus pada pendidikan IT akan tetapi tidak melupakan ajaran agama islam. Kok bisa? Yuk kita telusuri lebih jauh lagi.

QODR merupakan komunitas IT yang berbasis pondok yang dengan nama ini diharapkan bisa mencetak Quality Muslim Coder atau coder yang mempunyai kualitas dari sisi ilmu IT dan agama, jadi dapat dikatakan ini adalah Pondok Programmer. QODR bertujuan untuk membentuk para pemuda yang memiliki akhlak mulia, mandiri, profesional dan bermanfaat untuk umat.

yang melatarbelakangi berdirimya QODR melihat dari kenyataan pada sistem pendidikan yang ada pada saat ini belum dapat dijadikan solusi nyata, terutama pada mereka yang masih kekurangan pada segi ekonomi, juga terlalu banyak beban pelajaran yang diberikan sehingga tidak dapat fokus pada bidang yang memang sukai. Untuk itu QODR hadir dengan inovasi pendidikan yang berfokus pada bidang IT seperti misalnya pemrograman, design dan cyber security yang dibina langsung oleh orang-orang yang sudah berpengalaman.

Dan selain pembelajaran IT, juga ada pembelajaran agama. Guna apa? mungkin kita masih ingat dengan berita hacker muda yang berhasil membobol website layanan tiket online di Indonesia. Kenapa ini dapat terjadi? diantara penyebabnya adalah dikarenakan kurangnya pembinaan pada moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak-anak muda. Oleh sebab itu, di QODR santri-santri dibina agar berakhlak sebagaimana ajaran dalam islam yang mulia, selain itu juga ada juga pengajian rutin, menghafal al-quran, bahasa arab serta kegiatan lainnya.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com