SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wadah Plastik Tidak Selamanya Berbahaya


ghizaakbar
ghizaakbar
6 months ago

wadah plastik.jpg

Wadah plastik – siapa sih yang tak kenal dengan peralatan ini? peralatan ini memanglah sangat praktis penggunaannya. Tak hanya itu, peralatan ini juga terbilang awet, mudah dibersihkan, sekaligus sangat praktis dan juga ekonomis. Namun, jika penggunan berlebihan, apakah aman bagi pemakainya? Wajib anda ketahui bahwa wadah plastik mempunyai beberapa jenis. Apa saja ? Diantaranya ialah sebagai berikut :
1. PET yang biasanya digunakan untuk botol soda, plastik pencuci mulut, sekaligus air kemasan.
2. HDPE yang biasanya digunakan untuk susu botol, botol shampo, dan juga cairan
pembersih.
3. V/PVC yang biasanya digunakan untuk plastik pipa, ataupun produk pembersih
rumah yang lainnya.
4. LDPE yang digunakan untuk plasti kresek.
5. PP yang biasanya digunakan untuk botol kecap, botol saus, ataupun botol obat –
obatan.
6. PS yang biasanya digunakan untuk wadah sekali pakai, cangir kopi, dan lain
sebagainya.
7. Plastik lain atau plastik yang sudah ada setelh tahun 1987 atau yang biasa disebut polycarbonate. Penggunaannya biasanya dipergunakan untuk botol susu pada bayi, sekaligus wadah plastik.


Para ahli mengungkapkan bahwa penggunaan jenis tempat makanan ini yang aman
dipergunakan ialah yang bernomor 2, 4, dan juga 5 (HDPE, LDPE, dan juga PP) jika
digunakan secara benar. Tentunya hal ini akan aman jika dipergunakan secara tepat sehingga juga tidak sampai memberikan resiko yang buruk untuk kesehatan. Lantas, bagaimanakah cara agar pemakaian jenis tempat plastik ini supaya tetap menjadi wadah yang aman untuk digunakan? Yuk simak tips sebagai berikut :
1. Pergunakan sesuai fungsinya
Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menggunakan tempat plastik yang sesuai dengan fungsinya. Maksud disini adalah ada tempat yang diperkhususkan untuk makanan yang dingin saja ada juga yang bisa digunakan untuk makanan yang panas.
Ada juga yang cuma bisa di pergunakan hanya sekali pakai saja seperti botol
minuman kemasan. Anda harus cermat dalam penggunaanya agar tetap aman
dipergunakan untuk keperluan sehari – hari.
2. Selalu jaga kebersihan
Dalam hal ini, wajib anda lakukan ketika menggunakan wadah plastik. Mengapa
demikian? Seperti yang kita tahu bahwa sumber penyakit berasal dari segala apapun yang kotor tak lain ialah peralatan makanan. Peralatan makanan yang dibiarkan saja tanpa adanya penyucian secara langsung akan menimbulkan berbagai macam bakteri yang bisa masuk kedalam makanan. Penggunaan sabun pencuci piring pun juga harus diperhatikan, pakailah sabun pencuci piring dari SLG Sunlight yang sangat ampuh membersihkan kotoran / bakteri yang ada di peralatan rumah tangga anda.


3. Pastikan juga menaruh peralatan rumah tangga yang bersih

Maksud disini adalah, setelah kita mencuci peralatan rumah tangga taruhlah peralatan tersebut di tempat yang keadaannya bersih. Misalnya tidak terlalu lembab, dan tidak terlalu panas. Memanglah, kebersihan sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tak lain kebersihan tempat makan seperti wadah plastik yang harus anda perhatikan dengan benar kebersihannya.
Nah, sudah tahu bukan tips dan juga apa saja jenis plastik yang aman dan berbahaya bagi tubuh? Hal terpenting yang harus anda perhatikan ialah menjaga peralatan rumah tangga anda agar tetap bersih. Hal ini sangatlah berpengaruh untuk kesehatan keluarga anda, maksudnya gini percuma saja jika anda sering memasak makanan yang kaya akan gizi namun tidak memperhatikan kebersihan tempat anda memasaknya. Hal ini percuma saja bukan? oleh karena itu, imbangilah dalam menjaga kesehatan tubuh anda dengan menggunakan kebersihan yang maksimal terutama wadah plastik yang biasa anda gunakan. Semoga
bermanfaat.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2018 - Www.SalamDakwah.Com