SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hal-hal Penting Dalam Cara Merawat Bayi Baru Lahir


Redi Wawan
Redi Wawan
1 month ago

Merawat bayi yang baru lahir memang merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah.

Apalagi untuk pasangan yang baru saja memiliki buah hati, tentu cara merawat bayi baru lahir perlu untuk betul-betul dipelajari dan diterapkan dengan baik.

Belajar mengenai cara untuk merawat bayi yang baru lahir bisa mulai ibu lakukan sedini mungkin.

tanda persalinan

Sehingga ketika si kecil lahir, ibu sudah siap untuk memberikan perawatan yang terbaik pada sang buah hati tercinta. Panduan mengenai berbagai hal dalam merawat bayi bisa ibu dapatkan dengan bergabung bersama dalam parenting club.

Wyeth Nutritition Parenting Club bisa menjadi tempat untuk ibu menggali banyak pengetahuan tentang seperti apa cara yang tepat memberikan perawatan terbaik untuk si kecil. Tak terkecuali cara merawat bayi baru lahir.

Terdapat beberapa hal yang penting untuk jadi perhatian ibu maupun ayah dalam merawat bayi yang baru lahir.

Apa saja hal penting tersebut ?

Berikut antara lainnya :

  • Menjaga kebersihan dan keamanan bayi.

Ini menjadi hal penting yang pertama dalam merawat bayi yang baru lahir. Ibu dan ayah perlu mematikan bahwa si kecil terjaga kebersihan dan keamannnya.

Mulai dari hal-hal yang kecil, cuci tangan terlebih dahulu setiap akan merawat si kecil, kemudian saat menggendong si kecil, perhatikan bahwa anda telah menggendongnya dalam posisi yang benar. Saat baru lahir, minimalisir bahkan hindari permainan yang membuat bayi banyak bergerak.

  • Memandikan bayi yang baru lahir.

Ini jelasnya juga menjadi rangkaian yang penting di dalam cara merawat bayi baru lahir. Memandikan bayi yang baru lahir memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk bayi yang baru lahir dan tali pusatnya belum lepas, dianjurkan tidak perlu memandikan dengan memasukkan bayi ke dalam bak berisi air.

Bayi cukup diseka menggunakan waslap. Produksi keringat bayi yang baru lahir juga masih sangat minim sehingga tak membuatnya perlu dimandikan ke dalam air. Kemudian jika sudah lepas tali pusatnya, bayi bisa mulai dimandikan dengan air hangat suam-suam kuku paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Tidak perlu setiap hari. Pilihkan produk sabun bayi yang terbaik.

  • Mengganti popok bayi.

Salah satu tahapan dalam cara merawat bayi baru lahir adalah memasang popok. Kegiatan yang satu ini untuk sebagian orang tua dirasa merupakan hal yang tidak mudah.

Tapi, mau tidak mau ibu dan ayah harus belajar cara yang tepat mengganti popok bayi yang baru lahir.

Mengenai berapa banyak popok yang seharusnya diganti setiap harinya, ini tergantung pada intensitas bayi dalam minum ASI di awal kelahirannya ini.

  • Memberikan susu sebagai asupan utama saat bayi baru lahir.

ASI secara eksklusif yang ibu berikan pada bayi sejak lahir sampai dengan usia 6 bulan adalah langkah perawatan terbaik untuk bayi baru lahir dalam hal pemenuhan kebutuhan gizinya.

ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir. Jadi, salah satu cara untuk ibu merawat si kecil yang baru lahir adalah dengan memastikan kalau kebutuhan si kecil akan ASI telah tercukupi dengan baik.

mandra
mandra
2 weeks ago

trimakasih infonya

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com