SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sarapan untuk Anak, Tips Sehat dan Cepat


Redek RAD
Redek RAD
1 month ago

Sarapan adalah makanan terpenting bagi anak-anak. Dapatkan tips untuk membuat makanan pagi yang cepat dan sehat.

Ingin tahu cara sederhana untuk membantu anak-anakmu lebih baik ketika di sekolah?  Berikan mereka makanan sehat, terutama di pagi hari.

Makanan untuk berpikir

“Anak-anak membutuhkan sarapan setiap hari dengan berbagai alasan," kata Roberta Anding, seorang ahli diet di Texas Children's Hospital di Houston. "Anak-anak yang tumbuh secara aktif membutuhkan makanan secara berkala untuk memberi bahan bakar pada tubuh dan otak mereka.

Tentunya kata kata bijak cinta saja tidak cukup untuk tumbuh kembang anak, karena melewatkan sarapan memberi jangka waktu 10 sampai 12 jam tanpa makanan dan berpotensi menggangu kinerja ketika di sekolah, anak juga akan mudah tersinggung."

Selain itu, "untuk anak-anak yang sarapan pagi,  berat badannya akan teratur," kata Anding. Manfaat lainnya:

  • Sarapan meningkatkan diet secara keseluruhan yang lebih sehat.
  • Anak-anak yang memulai hari dengan makanan sehat, cenderung suka berolahraga dan lebih aktif secara fisik
  • Makan sarapan pagi meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan bekerja ketika di sekolah.

Ide sarapan sehat bagi anak

Hindari memberi anakmu makanan manis untuk sarapan pagi, seperti donat atau sereal dengan kadar gula yang tinggi, karena energi dari kadar gula yang tinggi akan cepat habis dan mereka cenderung akan cepat lelah.

"Pilihan sehat meliputi gandum utuh, sereal rendah gula dengan susu rendah lemak dan buah segar, atau yogurt berry parfait dengan granola," kata Anding. Atau, kamu bisa menawari anakmu dengan muffin selai kacang atau jelly dan segelas susu rendah lemak.

Makanan sehat lainnya untuk anak-anak:

  • Orak-arik telur, roti panggang dengan sedikit mentega, daging kalkun atau sosis dan beberapa potong buah segar.
  • Gandum utuh dan krim keju dengan potongan stroberi.
  • Roti keju rendah lemak dengan potongan blewah dan blueberry.

Jadilah kreatif,  Anding menambahkan, dia juga merekomendasikan burrito sebagai sarapan dengan telur orak-arik dan parutan keju rendah lemak serta buah segar.

"Jika waktu adalah faktor yang menggangu, buatlah sarapan ‘portabel’," lanjutnya. "Cobalah sandwich, seperti selai kacang dan selai jelly atau ham dan keju dari sisa makan malam. Sereal kering dalam sandwich baggie dan kotak jus bisa membantumu menghilangkan stres ketika menyiapkan sarapan."

"Merencanakan sarapan pagi seperti tadi juga bisa menghemat waktumu. "Ini akan memungkinkanmu untuk merencanakan dan mengetahui berapa banyak waktu yang kamu butuhkan di pagi hari," kata Arlene Kaufman, seorang ibu dan direktur Temple Trager Preschool yang sibuk di Louisville, Ky. "Dengan begitu, semua orang tidak mengatakan: 'Saya tidak tahu apa yang saya inginkan, 'atau meminta sesuatu yang tidak kamu miliki.'

Makanan sehat untuk buah hati baik nama anak laki laki & perempuan tidak harus sulit atau menyita waktu, bahkan buatan sendiri pun bisa jadi pilihan. Ada banyak makanan siap saji untuk sarapan sehat yang bisa diproses dengan microwave. Periksa bagian freezer di toko bahan makanan lokal untuk makanan instan seperti bagel gandum utuh dan keju krim, pancake, wafel dan sosis kalkun beku. Yogurt dan buah, bersama dengan bagel gandum utuh, juga sarapan pagi yang cepat dan mudah untuk anak-anak.

"Dan, jika kamu terburu-buru seperti kebanyakan orang-orang di pagi hari, Kaufman berkata, "ambil pisang dan bar Nutrigrain untuk dimakan di mobil, ini masih sehat, meski sedang dalam perjalanan!"

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com