SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mana yang Lebih Utama Mengelap Air Bekas Wudhu atau Membiarkannya Kering Sendiri?


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
9 years ago

Pertanyaan:
Kalo kita wudhu, itu air wudhu nya katanya ga boleh di lap ya? Pernah denger katanya 1 tetesan air wudhu itu meluruhkan 1 dosa *lupa2 inget* benerkah?
Terus wudhu kan haru air yg mengalir ya, air yg suci menyucikan, nah air kran itu termasuk yg mengalir juga kah?

Jawaban:
Bismillah. Bekas Air wudhu yg masih melekat pada bagian badan yg termasuk anggota wudhu akan lebih utama jika dibiarkan sj mengering dengan sendirinya karena ada bbrp hadits shohih yg menerangkan keutamaan berwudhu, diantaranya menghapuskan dosa-dosa kecil hingga tetesan air wudhu yg terakhir. Silakan baca lagi materi kajian yg pernah sy posting di room Fadhilah Amal BB Grup Majlis Hadits bbrp waktu yg lalu. Akan tetapi jika seseorang ingin mengusapnya karena kondisi badan sedang sakit n cuaca sangat dingin sehingga ia terganggu olehnya, maka hukumnya BOLEH.

Adapun berkaitan dengan air yg digunakan utk wudhu, maka sifatnya harus suci dan mensucikan spt air hujan, air sungai, air laut, air sumur dan termasuk air yg ditampung di dlm bak atau tampungan air yg ada krannya selagi tdk kejatuhan atau tercampur dengan benda najis yg merubah bau, warna dan rasanya. Adapun air kelapa, wedang teh, pepsi, susu segar dll, maka itu semua suci tapi tidak mensucikan.

Maksudnya tidak dapat digunakan untuk berwudhu apalagi mandi karena tdk dpt mengangkat atau menghilangkan hadats besar maupun kecil.
Air yg keluar lwt kran kalo di dlm bak atau penampung air tidak ada airnya, atau ada airnya tapi jika krannya tidak diputar maka airnya tidak akan mengalir. Kalo diputar baru bisa mengalir airnya. Wallahu a'lam bish-showab.

Sumber: Ust Kholid

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com