SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Fotografi dan Memajang Foto-Foto Di Dinding


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
2 years ago

❓Tanya

Assalamu'alaikum ustadz mau bertanya bgm cara mnjelaskan kpd sdra yg masih memajang foto2 pribadi dg alasan yg dilarang itu gambar/lukisan bukan foto....mohon jwbn beserta dalilnya ustadz...jazaakallah khairan

➖➖➖

📝 Dijawab Oleh Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc (Dewan Redaksi Salamdakwah.com)

✏️Jawaban 1

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Silahkan disampaikan kepada mereka bahwa pemahaman itu tidak seperti yang difahami ulama.

Pertanyaan: Apa hukum menggantung foto di dinding, terutama foto-foto orang-orang terkemuka seperti raja, para ulama dan orang-orang saleh, karena hati cenderung untuk mengagungkannya?

Jawaban: Memotret sesuatu yang memiliki roh dan memasang foto-foto tersebut hukumnya adalah haram, baik foto-foto tersebut berbentuk jasad maupun tidak, baik orang-orang terkemuka seperti raja-raja, para ulama, orang-orang saleh maupun selain mereka, berdasarkan sifat umum hadits-hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam tentang hal itu, di antaranya sabda beliau kepada Ali radhiyallahu `anhu  Janganlah kamu biarkan suatu gambar melainkan kamu menghapusnya, dan jangan kamu biarkan suatu kuburan yang ditinggikan melainkan kamu meratakannya. (HR. Muslim di dalam kitab Shahihnya)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa

Abdullah bin Qu'ud selaku Anggota Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua Komite Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua

Nomor bagian 1; Halaman 707) Fatwa Nomor 3059

~~~~~

✏️Jawaban 2

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama' dalam masalah itu. Berikut ini kami terjemahkan sebagian perkataan ulama' yang berbeda pendapat.

1️⃣ Pertama:  Syaikh Ibnu Baz berkata: Menggambar (makhluq yang memiliki ruh, -pent) tidak boleh, baik itu dengan tangan atau dengan selain tangan (seperti kamera, -pent), menggambar (makhluq yang memiliki ruh, -pent) seluruhnya adalah perbuatan mungkar..Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون

Manusia yang paling keras adzabnya pada hari kiamat adalah para pelukis. Majmu' fatawa Ibnu Baz 28/337

Dalam fatwa ini syaikh Ibnu Baz menggolongkan pengambilan gambar makhluq yang memiliki ruh dengan selain tangan adalah termasuk menggambar yang diharamkan.

2️⃣ Kedua: Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang hukum fotografi? Foto-foto yang kita lihat. Alat yang mengeluarkan gambar dengan segera, dan tidak ada campur tangan manusia dalam foto itu (proses pencetakannya, -pent), Kami berpendapat bahwa ini tidak termasuk menggambar (melukis makhluq hidup yang terlarang, -pent), akan tetapi ini termasuk memindahkan gambar yang telah Allah bentuk dengan perantara alat ini, ini adalah pencetakan dan bukan perbuatan hamba (dari sisi pelukisan).

Pada kesempatan lain syaikh Utsaimin mengatakan: Pendapat yang mengharamkan (mengambil gambar dengan kamera, -pent) adalah pendapat yang hati-hati, sedangkan pendapat yang membolehkan adalah pendapat yang lebih sesuai dengan qaidah. Akan tetapi pendapat yang menghalalkan mensyaratkan supaya foto itu tidak mengandung perkara yang diharamkan, jika mengandung perkara yang diharamkan seperti memfoto wanita non mahram atau laki-laki untuk digantung di ruangan dalam rangka kenang-kenangan, atau untuk disimpan di tempat yang dinamakan Album supaya bisa menikmati foto itu dan mengenangnya maka itu semua diharamkan karena mengadakan gambar dan mengumpulkannya tapi tidak untuk dilecehkan (dihinakan, -pent) maka itu haram menurut ulama' atau kebanyakan mereka. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 2/262-263, 265-266 

✅ Mengenai masalah melukis pepohonan, Gunung, Bulan, Matahari, Sungai, maka hukumnya adalah dibolehkan menurut kebanyakan ulama' dan pendapat inilah yang kuat. Lih. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 2/263

_____________________

WAG Salamdakwah: Dijawab Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc -hafizhahullah- Ahad 17 Syaban 1438 H / 14 Mei 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/forum/10773-hukum-fotografi-dan-memajang-foto-foto-di-dinding

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com