SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Adakah Dalilnya Membaca Surat Yasin 3 Kali Pada Malam Nisfu Syaban ?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
2 years ago

โ“ Tanya

Assalamualaykum ustad. Mau menanyakan keshohihan artikel dibwh ini mengenai membaca surat Yassin

*Jgn Sampai Terlewat*

1. Pada tanggal 13, 14 dan 15 pertengahan bulan Sya'ban, yang jatuh pada hari Rabu, 10 Mei, Kamis, 11 Mei dan Jumat, 12 Mei, disarankan untuk puasa Ayyamul Bidh (puasa pertengahan bulan Sya'ban).

2. MALAM NIFSYU SYA'BAN akan jatuh mulai ba'da maghrib pada hari Kamis, 11 Mei 2017, pada malam ke 15 bulan Sya'ban.

Dianjurkan : - Membaca SURAT YASSIN sebanyak tiga (3)x. a. Surat Yassin yang pertama dibaca utk memohon panjang umur dan ketaatan/ketaqwaan serta dapat istiqomah kepada Allah SWT. b. Surat Yassin yang kedua dibaca utk memohon diluaskan rezeki yg halal dan menolak bala. c. Surat Yassin yang ketiga dibaca untuk memohon ditetapkan Iman Islam sampai akhir hayat. - Berdoa secara KHUSYUK meminta apa2 yang tersirat dalam hati, karena Malam Nifsyu Sya'ban adalah MALAM yang sangat IJABAH utk dikabulkannya semua doa2 dan hajat2 yang diinginkan.

Bila disebarkan, maka Anda akan membuat beribu-ribu manusia berdzikir kepada Allah SWT. Aamiin, Aamiin, Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. ๐Ÿ™๐Ÿฝ๐Ÿ‘๐Ÿผ

โž–โž–โž–

๐Ÿ“ Dijawab Oleh Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc (Dewan Redaksi Salamdakwah.com)

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Terkait dengan keterangan: Pada tanggal 13, 14 dan 15 pertengahan bulan Sya'ban, yang jatuh pada hari Rabu, 10 Mei, Kamis, 11 Mei dan Jumat, 12 Mei, disarankan untuk puasa Ayyamul Bidh (puasa pertengahan bulan Sya'ban).

Maka perlu diketahui bahwa itu sifatnya umum dan puasa bidh tidak khusus bulan Sya'ban saja. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berkata kepada Abu Dzar radhiyallahu 'anhu:

ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ยซูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุง ุฐูŽุฑูู‘ุŒ ุฅูุฐูŽุง ุตูู…ู’ุชูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ู‡ู’ุฑู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู ููŽุตูู…ู’ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุฎูŽู…ู’ุณูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉยป1

Rasululullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: โ€œWahai Abu Dzar jika engkau berpuasa 3 hari dalam setiap bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14 dan 15.โ€

HR. Tirmidzi no.761 dan Nasai no.2422 Dan Abu Daud di Musnadnya no.477. Dishahihkan oleh Al-Albani.

Terkait pembacaan surat Yasin kami tidak dapati riwayat pendukungnya. Bahkan kami dapati ada pertanyaan mirip yang ditujukan kepada Ulama yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi,

"Di tempat kami ada beberapa masjid yang pada malam kelima belas dari bulan Sya'ban diadakan bacaan surat Yasin sebanyak tiga kali dan membaca maulid secara bersama-sama.

Mereka menjawab,

"Ini adalah bid'ah. Diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda:

ู…ู† ุฃุญุฏุซ ููŠ ุฃู…ุฑู†ุง ู‡ุฐุง ู…ุง ู„ูŠุณ ู…ู†ู‡ ูู‡ูˆ ุฑุฏ

Barangsiapa mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan berasal darinya, maka perkara itu tertolak.

Sabda beliau dalam hadits lainnya:

ยซูˆุฅูŠุงูƒู… ูˆู…ุญุฏุซุงุช ุงู„ุฃู…ูˆุฑุŒ ูุฅู† ูƒู„ ู…ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉุŒ ูˆูƒู„ ุจุฏุนุฉ ุถู„ุงู„ุฉยป .

Jauhilah perkara-perkara yang diada-adakan, karena setiap perkara yang diada-adakan adalah bidโ€™ah, dan setiap bidโ€™ah adalah sesat.

Dasar ibadah adalah perintah, larangan, dan mengikuti Rasulullah. Amalan ini tidak pernah diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, tidak juga diamalkan oleh beliau dan tidak juga oleh seorang pun dari khulafa ar-rasyidin, sahabat dan tabi'in.

Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pada sebagian redaksi hadits yang shahih telah bersabda:

ยซู…ู† ุนู…ู„ ุนู…ู„ุง ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ูู‡ูˆ ุฑุฏ

Barangsiapa melakukan suatu perbuatan yang tidak berdasarkan urusan (agama) kami, maka perbuatan tersebut tertolak. Amalan ini tidak berdasarkan tuntunan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam karena itu, ia ditolak dan wajib diingkari, karena termasuk ke dalam hal-hal yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta'ala berfirman:

{ุฃูŽู…ู’ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุดูุฑูŽูƒูŽุงุกู ุดูŽุฑูŽุนููˆุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุฐูŽู†ู’ ุจูู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู}

Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan agama untuk mereka yang tidak diizinkan Allah? Asy-Syuro: 21

Amalan ini adalah perbuatan yang dibuat oleh orang-orang bodoh tanpa berdasarkan petunjuk dari Allah.

Yang mulia Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz telah menulis sebuah artikel tentang hukum merayakan malam Nishfu Sya'ban dan malam Isra' Mi'raj.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua Komite Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 3/63-64. Pertanyaan Pertama dari Fatwa Nomor (2222)

______________

WAG Al Ilmu: Dijawab Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc -hafizhahullah- Arbi'a 13 Syaban 1438 H / 10 Mei 2017

๐ŸŒ http://www.salamdakwah.com/forum/10765-adakah-dalilnya-membaca-surat-yasin-3-kali-pada-malam-nisfu-syaban/edit

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com