SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bertengkar Dengan Orangtua


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
2 years ago

❓ Tanya 1 : ustad, bila suka berselisuh paham dengan orgtua sampai ribut mulut, tetapi setelah itu kembali seperti biasa lagi, apakah anak diposisikan sebagai anak durhaka? karena ank dan orgtua kadang suka ribut mulut krna perbedaan prinsip juga penyakit hati yang diturutkan serta tidak menerima direndahkan yg kadang terjadi karena salah paham. mohon pencerahannya ustad

❓ Tanya 2 : Assalamualaikum Ustadz ,saya punya bapak ,kalau ngomong marah marah terus dan kalimat yang di ucapkan ga lain dari nama nama binatang yang diutarakan ke anak anaknya kalau ga disebut anak zahanam,sementara kita sebagai anak anak nya cuma melarang makan yang di larang oleh dokter ,karena bpk saya punya penyakit diabetes tinggi,minum obat selalu lebih dari dosis yg diberikan doter ,jadi kita selalu melarang dan menasehati tapi tidak di dengar malah marah marah ,umur bpk saya sekitar 63 ,jadi terkadang kita jadi emosi untuk menghadapi orang tua yang keras kepala,kita jadi marah ,apakah kita sebagai anak di katakan anak durhaka,kadang bapak saya ga mau sholat subuh dan isya jg suka di tinggal terkadang saya suka marah ??? Bagai mana solusinya ustadz dan apakah kita sebagai anak anak nya termasuk durhaka ,terimakasih banyak sebelumnya ustadz ,mohon pencerahan nya ustadz ?🙏🏻🙏🏻🙏🏻

➖➖➖

📝 Dijawab Oleh Ustadz Abu Salma Muhammad :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1⃣ Tetap berkata lembut dan santun kepada orang tua, apalagi yang telah tua.

2⃣ Selalu menasehati secara hikmah untuk ingat akhirat dan mempersiapkan bekal, serta menyibukkan Dengan amal shalih, agar wafat di atas kebaikan (husnul khatimah).

3⃣ Jika bapak suka memaki atau marah² tidak jelas, maka ingatkan dengan cara tegas. Tidak mengapa sesekali waktu menghajr beliau (mendiamkan) atau memberi hukuman agar beliau sadar (jadi tidak selalu mengikuti semua keinginannya).

4⃣ Anak yang durhaka adalah anak yang menentang orang tua dalam hal yang ma'ruf. Tidak sebaliknya. Jika orang tua suka berbuat buruk, maka kita tidak durhaka saat mengingatkan beliau.

5⃣ Jangan lupa senantiasa berdoa terus di waktu² mustajabah agar Allah memberikan hidayah kepadanya.

_________________________________

WAG Al Wasathiyah Wal I'tidal: Dijawab Ustadz Abu Salma Muhammad -hafizhahullah- Sabtu 10 Syaban 1438 H / 6 Mei 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/forum/10742-bertengkar-dengan-orangtua

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com