SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Khasiat Bawang Dayak Kalimantan yang sangat Luar biasa


paksisung
paksisung
2 months ago

bawang-dayak-kalimantan.png

Anda mungkin saja telah familiar dengan sebagian type bawang seperti bawang merah, bawang putih, serta bawang bombay.

Bawang Dayak

Bawang-bawangan yang kerap sekali jadikan bumbu masakan terkecuali di proses supaya masakan jadi enak nyatanya juga miliki banyak faedah kesehatan.

Bawang putih umpamanya, memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk kurangi kandungan cholesterol serta turunkan resiko terserang penyakit jantung koroner, darah tinggi, serta lain sebagainya.
Sedang bawang merah sering dipakai untuk menangani demam serta masuk angin.

Namun ada lagi type bawang yang faedahnya baik untuk badan, yakni Bawang Dayak. Bawang ini mempunyai nama lain seperti bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai, serta bawang rimba.

Walau kurang familiar di orang-orang, tetapi nyatanya bawang ini telah lama dipakai di Kalimantan sebagai tanaman obat dan banyak orang mencari. membuka peluan bagi orang untuk jual bawang dayak kalimantan dengan alami.

Memiliki bentuk nyaris serupa dengan bawang merah, yang membedakan yaitu umbi bawang dayak mempunyai warna merah yang lebih jelas menyala serta permukaan yang lebih licin.

Sisi tumbuhan bawang dayak yang dimafaatkan untuk obat yaitu umbinya, sama dengan bawang lain.  Diambil dari caramakan. com, bawang dayak memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi serta zat antibakteri hingga bisa mencegah terbentuknya banyak type penyakit serta menghindar infeksi serta penularan virus, bakteri, kuman, serta mikroba yang lain.

Tersebut disini kandungan yang ada pada bawang dayak yang bermanfaat untuk kesehatan :

Alkaloid

Alkaloid yaitu senyawa yang sifatnya basa serta paling terdapat banyak di tumbuhan. Bahan makanan yang memiliki kandungan alkaloid mempunyai manfaat untuk bersihkan toksin dari pada badan yang disebut hasil sisa zat makanan serta radikal bebas baik yang datang dari dalam ataupun luar badan. Sedang pada bawang dayak, alkaloid bekerja sebagai antimikroba hingga badan tak gampang terinfeksi mikroba penyakit.

Flavonoid

Flavonoid adalah zat pewarna alami pada tumbuhan yang biasanya mewarnai merah, ungu, biru, serta beberapa warna kuning. Makanan yang memiliki kandungan flavonoid umumnya jadikan tanaman obat karna sifatnya yang antikarsinogen atau antikanker. Terkecuali untuk menghalangi perkembangan sel kanker, flavonoid juga berbentuk antiinflamasi, antidiabetes, antidepressant, serta sebagai obat diuretic atau obat pelancar urin.

Glikosida

Glikosida adalah senyawa turunan karbohidrat yang umumnya terikat dengan gula. Dalam obat, glikosida kerap dipakai sebagai obat pencahar, obat jantung, obat cholesterol, serta obat untuk tingkatkan ketahanan badan.

Saponin

Terkecuali pada bawang dayak, saponin banyak juga diketemukan di bahan makanan lain seperti almond, kacang mete, kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari, serta lain sebagainya. Saponin di ketahui bisa menolong menghindar kegemukan atau obesitas, menghindar beragam jenis kanker terlebih kanker usus besar serta kanker prostat, serta sebagai zat anti-oksidan yang baik.

Tanin

Tanin pada umbi bawang dayak bermanfaat untuk menghindar serta menangani diare dengan menghalangi cairan keluar masuk dari usus, penawar toksin atau antidotum, serta anti-oksidan yang menghalangi beberapa sel kanker berkembang biak didalam badan.
Lihat banyak kandungan utama dari bawang dayak jadi tak heran lagi bila tanaman ini sering jadikan sebagai tanaman obat alternatif.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com