SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Manfaat Memakan Makanan dan Minuman yang Halal


afif al mahfoedz
afif al mahfoedz
6 months ago

Dalam komunitas Muslim, halal digunakan untuk menggambarkan apa yang diperbolehkan baik dalam makanan maupun dalam tindakan. Kami biasanya mengasosiasikan halal dengan makanan, seperti juga banyak non-Muslim. Untuk tujuan artikel ini, kita jelajahi mengapa makanan halal, bagus untuk semua orang dalam kesehatan.

Makanan dan minuuman yang halal pastinya sering kita jumpai di negri kita tercinta ini. Biasanya makanan-makanan yang mendapat surat perizinan dari MUI dan makanan dan oleh-oleh khas yang terdapat di negeri kita . Seperti, makanan dan oleh-oleh khas magetan, makanan dan oleh-oleh khas bekasi, dan makanan makanan yang sudah pasti halalnya.

Dalam prosesnya, kita pastinya menyadari bahwa kita cukup beruntung untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sadar kesehatan sejak dini dalam kehidupan yang berubah menjadi tindakan yang berkaitan dengan konsumsi makanan sesuai dengan Islam.

1. APA ITU HALAL?
Halal menggambarkan sesuatu yang dilarang oleh seorang Muslim dalam hal makan, minum, penggunaan, perilaku, ucapan, pakaian, perilaku, dan cara lain. Halal berasal dari kata kerja bahasa Arab 'Halla', yang berarti menjadi atau menjadi ' Sah, sah, sah, diizinkan, diizinkan, diterima, tidak dilarang, atau tidak dilarang '.

Halal adalah apa yang Allah dan Nabi Muhammad SAW ijinkan dilakukan dengan cara yang halal. Makanan itu halal jika tidak mengandung atau bersentuhan dengan apapun yang dianggap sebagai kotoran, bangkai, alkohol, daging babi, darah, kotoran, dan urin. Ini juga harus dipersiapkan, diproses, atau diproduksi dengan menggunakan peralatan yang tidak tercemar oleh sesuatu yang najis.

2. HALAL V PRODUKSI MAKANAN PERUSAHAAN
Makanan halal memiliki tingkat kejadian keracunan makanan dan kontaminasi makanan yang sangat rendah dibandingkan dengan makanan yang dijual di supermarket besar dan rantai makanan cepat saji, yang kerap mengandung keracunan e-coli dan racun, bakteri, dan bakteri yang mengancam kehidupan lainnya. Zat karena prosedur pengolahan dan pengemasan yang tidak bersih, aditif kimia, pestisida, dan hormon.

3. DAGING HALAL


Dalam hal daging dan unggas, pertama, hewan harus halal. Kedua, hewan tersebut harus disembelih setelah mengucapkan nama Allah yang menghadap ke arah kiblat. Hewan itu harus disembelih oleh seorang Muslim waras dengan pisau tajam yang digunakan para Muslim untuk memutuskan pembuluh darah jugularis, arteri karotid, trakea, dan kerongkongan dalam satu tindakan cepat dan darah harus habis seluruhnya.

Ini adalah metode yang cepat, tidak menyakitkan, dan manusiawi. Tulang belakang tidak boleh bentak dan pemotongan tidak boleh terjadi sampai hewan tersebut benar-benar meninggal dunia.
Hewan harus menunjukkan beberapa tanda gerakan setelah disembelih untuk menunjukkan bahwa hewan itu hidup sebelum disembelih.

4. PROSES MENJADIKAN DAGING YANG HALAL DALAM ISLAM
Dalam Islam, hewan halal harus disembelih dengan benar dan tidak dicelupkan ke dalam air mendidih atau terbunuh oleh sengatan listrik karena memukau. Hal ini disebabkan fakta bahwa ketika seekor binatang terbunuh karena sengatan atau setruman listrik, semua darah hewan tersebut tidak meninggalkan tubuh binatang tersebut. Untuk Lebih amannya, cari dari macam-macam peralatan dapur yang tajam untuk menyembelih tau memotong urat-urat yang ada di leher hewan. Biasanya memakai piasu.

Kejutan listrik mempengaruhi sistem saraf pusat hewan dan menyebabkan luka pada medula oblongata di otak, yang mengendalikan sirkulasi darah dan pernapasan. Karena alasan inilah darah tidak benar-benar mengalir dari binatang yang tertegun. Sisa darah di tubuh merupakan sumber fermentasi dan menghancurkan kualitas daging halal. Ini menginduksi bakteri tumbuh dengan mudah pada daging.

Muslim dan Yahudi sama-sama dilarang makan daging yang tertegun untuk alasan yang sama, namun, ini adalah praktik umum membunuh hewan sebelum disembelih di negara-negara Barat. Stunning atau kematian melalui baut atau kejutan listrik melepaskan rasa takut racun ke dalam hewan dan juga dianggap siksaan. Cara penyembelehan dalam Islam cenderung mengurangi penderitaan hewan dan menghasilkan daging yang lebih bersih dan lebih sehat.

5. TASMIYAH DAN TAZKIYAH (Penyebutan Nama Allah dan Penyucian/Pembersihan)
Metode penyembelehan Islam didasarkan pada dua prinsip penting: (1) Tasmiyah dan Tazkiyah. Tasmiyah mengacu pada pemanggilan nama Allah saat penyembelehan sehingga meminta izin-Nya sementara Tazkiyah berarti pemurnian dan pembersihan daging darah melalui penyembelehan.

Mengucapkan nama Allah sembari membantai binatang itu adalah sebuah pernyataan bahwa seseorang mengambil nyawa makhluk ini dengan izin dari Pencipta-Nya, sementara jika seseorang memanggil nama lain yaitu selain nama Allah Ta'ala, dia telah membatalkan izin ini dan harus ditolak penggunaan dagingnya. .

6. MANFAAT DAGING HALAL
Metode penyembelehan Islam bermanfaat bagi kesehatan manusia karena darah benar-benar mengalir dari bangkai, menghasilkan daging yang lebih sehat dan bersih yang bebas dari pertumbuhan mikroba yang berlebihan. Selain itu, daging tidak mengandung racun, yang menyebabkan rasa takut dan cemas pada manusia, karena pembantaian cepat, cepat, mencakup semua, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Proses halal menghasilkan daging yang lebih bersih, lebih empuk, dan enak.

7. APA MAKANAN HARAM DI ISLAM?
Dalam Islam, barang terlarang lainnya meliputi daging babi dan semua produknya seperti, daging anjing, daging macan dan semua yang memangsa mangsanya dengan taring dan kuku, hewan yang disembelih dengan tidak benar, minuman beralkohol termasuk semua bentuk minuman keras, hewan karnivora, burung pemangsa, dan makanan yang terkontaminasi dengan produk ini.

8. NO PORK (Tidak Mengandung Unsur Babi)
Babi berfungsi sebagai vektor cacing patogen untuk masuk ke tubuh manusia. Infeksi oleh spina Trichinella dan natrium Taenia tidak jarang terjadi. Komposisi asam lemak dari lemak babi telah disebutkan sebagai tidak sesuai dengan sistem lemak dan biokimia manusia.

9. TIDAK BERALKOHOL
Intoksikasi dianggap berbahaya bagi sistem saraf, yang mempengaruhi indera dan penghakiman manusia. Dalam banyak kasus, mereka menyebabkan masalah sosial dan keluarga dan bahkan kehilangan nyawa.

Itulah penjelasan mengenai manfaat makanan halal dan minumn yang   halal. Sebaggai orang Muslim hendaknya sangat memperhatikan dalam perkarra ini. Tidak memakan sesuatu hal yang dia sukai tapi sifatnya haram. Maka dari itu, kita harus berhati-hati dalam memilih makanan dan makan di tempat mana saja.

Semoga dengan penjelasan ini bisa menambah pengetahuan tentang makanan yang sehat dan makanan yang dilarang oleh Allah Ta'ala. 

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com