SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Makanan yang Di Bungkus Menggunakan Daun Pisang


azzam
azzam
4 months ago

jajanan khas bengkulu lepek biniti.jpg

Kita bisa berpendapatan setinggi langit, namun tetap harus kaki berdasar di tanah. Nama makanan bisa berbagai, namun yang tersaji diatas daun tetaplah yang paling … nyammm!!!

Tak tahu mengapa, daun seperti menaikkan cita rasa makanan. Walaupun simpel dalam penampilan, menyantap makanan yang beralaskan daun tetaplah jadi teristimewa untuk beberapa orang.

Nikmat makanan yang dibungkus dengan daun tak dapat tergantikan oleh kertas terlebih plastik. Di tingkat paling ‘ekstrim’, bahkan juga ada orang yang tidak ingin konsumsi makanan yang umumnya terbungkus daun, ditukar dengan bahan sintetis walau bentuk serta warnanya tak jauh lain.

Pengagum tape umpamanya, ada sebagai tak selera cuma lantaran tape itu dibungkus dengan mika atau plastik. Jangankan selera, dilirik saja tidak.

Begitu juga dengan lontong, bakal jadi tak nikmat –iya TIDAK nikmat- jika dihidangkan dengan bungkus terkecuali daun.

Daun pisang umumnya jadi pilihan. Kalian tau, bila daun pisang memiliki kandungan polifenol seperti pada daun teh? Polifenol itu, jadi anti-oksidan yang bisa kurangi kemungkinan penyakit jantung, kanker, serta pembuluh darah.

Baca juga : Belajar Pola Makan Sehat untuk Hidup yang Lebih Baik

Kalian tau bila daun pisang nyatanya punya pengaruh melindungi serta berikan khas pada makanan? Wah, wah … kalian mesti tau.

Diluar itu, daun pisang dapat melindungi ketahanan makanan. Cobalah tunjukkan, deh. Tempe, umpamanya, semakin lebih cepat bosok apabila dibungkus dengan plastik, namun jadi lebih awet saat dibungkus dengan daun pisang.

Sebagian pendapat menyampaikan kalau itu lantaran molekul kecil pada paket plastik lakukan migrasi pada makanan hingga membuatnya cepat membusuk. Belum lagi kita tidak paham plastik yang dipakai berasal berbahan beresiko atau tak ; recycle atau bukanlah, kan?

Oleh karenanya, terkecuali sehat, daun juga lebih simpel serta terlepas dari beberapa bahan beresiko.

Nah, berikut sebagian makanan yang semakin lebih merasa lezat apabila disajikan diatas daun pisang.

1. Sate Ayam

Dari A – Z, sate itu bikinan Indonesia. Siapa sih yang kenal sate? Hingga Obama, presiden Amerika sebelumnya Trump, yang pernah tinggal di Indonesia saja keingetan. “Satai … nasiy goureng” tuturnya.

Sate apa pun begitu nikmat untuk dihidangkan diatas daun pisang, namun tahukah bila nyatanya diantara sate sapi serta ayam, yang paling joss untuk disantap diatas daun pisang yaitu sate ayam?

Argumennya, lantaran dari pertama hingga akhir sate ayam memiliki aroma yang begitu kuat serta khas. Jadi, saat daging ayam itu ditusuk-tusuk, dibaringkan diatas arang, dikipas-kipas diatas bara hingga masak, selalu dilumuri bumbu kacang serta kecap hingga siap disajikan diatas daun pisang, aroma khas itu tak menguap serta hilang.

Terlebih apabila lalu kita beli sate ayam itu untuk di makan dirumah ; 10 tusuk berdempet-bersusun, diselimuti daun pisang, lantas dikareti? Beuh mantap!

2. Nasi Liwet

“Hayu urang liliwetan! ” yaitu kalimat terindah yang senantiasa disampaikan orang sunda saat ngumpul-ngumpul. He he.

Mungkin saja tidak sama dengan daerah lain, nasi liwet di tanah sunda manfaatnya begitu beragam macam ; bukan sekedar bikin perut terasa kenyang, namun juga mencairkan permasalahan, mempererat tali silaturahim, dan lain-lain. Istilahnya nasi persaudaraan.

Kawan SD yang telah tidak berjumpa sepanjang 10 th., reuni mereka tentu dengan diawali liliwetan. Bila tak yakin, bertanya saja ke rekan sundamu, atau … nikah saja sama orang sunda. Kelak pasti akan tau. Eh.

Nah, umumnya nasi liwet dihidangkan diatas daun pisang yang berniat tak dipotong-potong. Dengan lauk seabrek, mulai dari ikan asin, tahu, tempe, daging ayam, sambel, kerupuk, serta tak lupa … daun-daun lalap. Sunda pisan, lah.

Semua permasalahan mencair, canda tawa jadi lauk sendiri yang renyah untuk di nikmati. Serta yang tentu, kenyang tak alang kepalang.

3. Nasi Pecel

Entahlah, mengapa tiap-tiap makanan yang dibumbui dengan sambal kacang senantiasa lebih nikmat apabila dihidangkan diatas daun pisang.

Nasi pecel ini umpamanya. Nasi sebagai kuliner khas Madiun ini jadi primadona bahkan juga di beberapa daerah sekitarnya ; Magetan. Cobalah bertandang kesana, nyaris di tiap-tiap bahu jalan ada banner bertuliskan “Nasi Pecel”.

Namun Jujur, mengkonsumsinya diatas piring seolah ada yang kurang. Tak ada aroma khas bagaimana gitu. He he. Ini dapat jadi kritik serta anjuran, nih, buat beberapa pedagang nasi pecel. Pakai daun pisang napa. Pft.

4. Nasi Uduk

Sangat bila anda tidak tau nasi uduk. Nasi putih yang di proses berbarengan santan lewat cara aron serta kukus, lalu dibumbui dengan kayu manis, jahe, merica, daun serai, serta pala ini begitu enak untuk jadikan manu makan malam atau rekan sarapan. Terlebih berbarengan pasangan. Telah miliki, kan?

Umumnya nasi uduk senantiasa ditemani dengan bermacam telur-teluran ; etnah itu telur dadar, ceplok, atau telur rebus. Umum juga diberi tambahan abon, tahu-tempe goreng, ayam goreng, bawang goreng, serta tak lupa mentimun.

Nah, dari bebrapa kombinasi bahan pembuatanya saja telah di pastikan nasi uduk ini miliki aroma yang di cintai hidung. Dengan apa lagi melindungi aroma itu terkecuali dengan daun pisang? Jadi, menghidangkan nasi uduk dengan alas daun pisang yaitu dahsyat dari semua dahsyat. Nikmat.

5. Nasi Bakar

Pernah tau nasi bakar? Itu lho, nasi yang dibakar. Iya. Nasi, selalu dibakar. Pft.

Untuk bikin nasi bakar, pertama kalinya yang perlu dikerjakan yaitu menyelimuti nasi putih yang sudah diberi tambahan bumbu-bumbu rahasia dengan daun pisang, untuk lalu di bakar.

Aroma yang diakibatkan nasi bakar ini begitu khas serta menggoda. Buat ngeces. Seperti beberapa makanan diatas lain, daun pisang untuk nasi bakar juga berperan sama ; melindungi aroma khas nasi bakar supaya tak berjalan-jalan ke mana-mana.
Cobalah, deh.

6. Gudeg

Gudeg, makanan khas Yogyakarta. Hingga kotanya sendiri dimaksud ‘Kota Gudeg’. Di tengah-tengah orang-orang Jogja serta mungkin saja untuk beberapa pelancong yang pernah rasakan kenikmatannya, gudeg tempati tempat sendiri di hati.

Hingga, sebagian penggemar kuliner itu bila ke Jogja bukanlah inget Candi Borobudur atau UGM, namun gudeg. “Kuliah di UGM itu hanya bonus. Yang utama makan gudeg. ” Haha. Tidak, ding.

Namun serius, gudeg semakin lebih nikmat bila dihidangkan diatas daun pisang. Tak yakin? Yakin saja, deh.

7. Kue Nagasari

Siapa katakan ‘kekuatan’ daun pisang cuma dapat dirasa oleh makanan berat? Camilan atau kue-kue-an dapat juga lho. Satu diantara misalnya yaitu kue nagasari.

Tau kue nagasari? Itu lho, kue yang terbuat dari tepung beras, santan, tepung sagu, serta gula. Tengah-tengahnya ada pisang. Umumnya, sih … pisang raja. Selalu dibungkus dengan daun pisang. Langkah mengolahnya yaitu dengan langkah dikukus.

Simpel luar dalam. Pisang luar dalam. Ah.

Tersebut sebagian makanan yang bakal merasa lebih lezat apabila dihidangkan diatas pisang. Sesungguhnya ada banyak makanan yang sama, seperti pepes-pepesan, botok, dan lain-lain. Namun 7 makanan diatas telah mewakili begitu daun pisang begitu pandai sekali memoles makanan.

Simpel dalam style, kaya faedahnya, lebih enak, serta … mantap.

itulah makanan bungkus daun pisang

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com