SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pengertian Ikan Sidat


ahmadchels
ahmadchels
7 months ago

Ikan Sidat
Ikan sidat yang termasuk ke dalam famili Anguillidae dan disebut oleh masyarakat Indonesia dengan banyak nama daerah. Beberapa nama daerah tersebut diantaranya adalah ikan uling, masapi, lumbon, moa, larak, lubang, denong, gateng, mengaling, luncah, lara, sigili serta ikan pelus (Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut Giant mottled Eel.
Di dunia terdapat 350 jenis ikan sidat, 6 jenis yang lain terdapat di Indonesia. Namun demikian hanya 2 jenis saja yang sering dipelihara, yaitu sidat kembang (Anguilla marmorata) serta sidat anjing (anguilla bicolor).

Pergerakan ikan sidat begitu tergantung pada liak-liuk badannya yang panjang dan licin. badan ikan sidat diselubungi lendir dan memiliki sisik-sisik kecil yang berbentuk panjang, dan tersusun tegak lurus pada poros panjangnya. Susunan sisik tersebut biasanya berbentuk gambar mozaik seperti halnya anyaman bilik. Sirip pada bagian dubur menyatu serta berjari-jari lemah.

Ikan sidat akan mengalami metaformosis dalam daur hidupnya. Pada stadium larva (glass ell), sidat hidup di laut bentuknya seperti halnya daun melebar dan juga tembus terhadap cahaya. Di tingkatan elver, ikan sidat banyak ditemukan di daerah muara sungai. Panjang dari tubuhnya 5-7 cm dan masih tembus cahaya.

Pada saat dewasa kondisi dari tubuh ikan sidat sudah siap beruaya ke laut dalam melakukun kembangbiak. Untuk ikan sidat yang ada Eropa, di tingkatan ini tubuh ikan sidat sudah mengandung cadangan dari lemak 25-29%. Cadangan lemak ini bermanfaat sebagai sumber tenaga selama beruaya, karena saat itu ikan sidat tidak melakukan aktivitas makan.

Ikan sidat tumbuh diperairan tawar sampai mencapai dewasa setelah ikan sidat dewasa ia akan beruaya menuju laut dalam untuk melakukan reproduksi. Larva hasil pemijahan akan berkembang dan juga berangsur-angsur terbawa arus ke kerperairan pantai. Ikan sidat yang telah mencapai stadia elver akan beruaya dari perairan laut menuju perairan tawar melalui muara sungai. Ruaya anadromus larva ikan sidat atau disebut elver berhubungan dengan musim. Diperkirakan ruaya larva ikan sidat memulai pada awal musim hujan tetapi pada musim tersebut terdapat faktor arus sungai serta keadaan bulan sangat mempengaruhi kualitas ruayanya.

By: Jual pakan sidat

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com