SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Olahraga dan Sejarah Panahan


Muslim Preneur
Muslim Preneur
3 years ago

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian dari panah adalah tongkat kecil runcing, panjang dengan bulu pada pangkalnya dan ujungnya yang tajam ditembakan dengan busur.
Adapun pada umumnya panah dapat diartikan sebagai sebuah senjata yang digunakan untuk menembakan anak panah dengan dibantu oleh gaya elastis dari panah tersebut. Biasanya panah ini dipakai untuk berburu hewan dan pada masa lampau penggunaan panah seringkali digunakan sebagai sebuah peralatan perang. Seiring berjalanya waktu panah kemudian menjadi salah satu cabang olahraga yang sering diperlombakan pada olimpiade dengan nama cabang olah raga panahan.
Desain panah itu sendiri dipengaruhi oleh culture yang berkembang pada masa terdahulu. Bentuk panah yang biasa digunakan oleh bangsa pada zaman terdahulu adalah dengan terbuat dari bahan kayu dan juga kombinasi antara tulang dan kayu.
Pada masa sekarang , bahan dasar dari panah ini sudah menggunakan plastic, karbon, material sintetik atau berupa bahan campuran.
Dan sebutan untuk orang yang mahir dalam busur panah ini disebut dengan pemanah.

Sejarah Panah di Eropa

Busur telah ditemukan pada jaman Paleolitik atau awal periode Mesolitik. Petunjuk tertua akan fungsi busur panah di wilayah Eropa datang dari wilayah Stellmoor di Lembah Ahrensburg, bagian utara dari Hamburg, Jerman. Akhir jaman Paleolitik sendiri terjadi sekitar tahun 10.000-9.000 SM.

Panah dibuat dari batang kayu pohon yang terbagi menjadi sebuah poros utama dan sebuah poros depan yang berukuran 15 hingga 20 sentimeter atau 6 hingga 8 dengan sebuah titik batu di ujungnya. Pada zaman dahulu belum ada busur, sebelumnya hanya ditemukan poros bertitik. Hal tersebut bisa terjadi mungkin karena pada zaman dahulu orang menggunakannya dengan cara dilempar sebagai tombak.

Sampai saat ini, busur tertua diketahui berasal dari rawa Holmegard yang terletak di Denmark. Akhirnya busur dapatmenggantikan fungsi pelempar tombak sebagai media utama untuk melepaskan batang panah. Trend ini terjadi di seluruh benua kecuali Tempat dimana kangguru berasal, yaitu Australia.

Pelempar tombak masih banyak dimanfaatkan walau sudah ada busur, contohnya di benua Amerika terutama di Meksiko (Atlatl memiliki arti "pelempar tombak" dalam bahasa Nahuatl) dan diantara Suku Inuit.

Fakta lainnya mengungkapkan bahwa busur paling tua berasal dari Yunani Kuno pada 2800 SM. Panah dan Busur sudah ada pada budaya Yunani sejak masa Predinastik (waktu sebelum ada kerajaan-kerajaan di Yunani). Di Levant, peninggalan sejarah yang mungkin merupakan gagang panah ditemukan berasal dari budaya Natufian.

Anjuran Memanah

Adalah suatu kewajaran apabila seseorang berburu sesuatu yang bisa menyenangkan hatinya. Sesuatu yang berbentuk hal-hal menenangkan, sekalian sebagai obat untuk kegiatan dan beban pikiran yang meletihkan antara 3-6 cm, lebar basis 2-3 cm, dengan tingkat ketebalan biasanya yaitu 1 cm. Material yang digunakan untuk menciptakan mata panah ini ialah batu gamping. Seluruh permukaan dikerjakan dengan amat teliti. Di belahan ujung dan tajamannya dipahat dari dua segi maka menciptakan [ketajaman|tajaman yang berliku-liku ataupun bertakik.


Manfaat memanah dan berkuda

Berkuda

Berkuda benar benar bagus untuk kenyamanan individu. beberapa segenap tubuh dari kepala sampai ke kaki, dari fisik atau mental akan mendapat keuntungannya.

sikap lekuk badan belakang kuda - tempat di tunggang- benar untuk merawat keseluruhan masalah tulang belakang .

sewaktu pergerakan galloping adalah cara rentak kuda berlari-lari dan melompat, menjadikan vetebra tulang belakang individu bergerak antara satu dengan lain dalam suasana harmoni, dan menyebabkan saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah diurut, meskipun pakar chiropraktik pun tak mampu berbuat semisal gerakan natural tulang-tulang veterbra pada waktu orang memakai kuda.

semua bagian : tulang rangka,organ-organ viseral, otot-otot, - termasuk sistem pencernaan, sistem saraf, sistem voluntary atau involuntary, organ kemih, juga bergesek kepada bagian tubuh seksual akan terangsang selaku optimum untuk menjadi lebih kenyamanan. Penunggang kuda yang bagus selalunya bebas dari mengalami sakit belakang atau masalah dalam 'berhubungan'. Selain itu menunggang kuda turut mencerahkan mata sebab terdapat rangsangan pada saraf kranial sewaktu pergerakan ‘galloping’ kuda.

Memanah

latihan sifat dan fisik untuk memusatkan target pada sasaran. Memanah akan menitik beratkan keseimbangan badan. jika pemanah emosinya tertekan, Maka panahan amat mudah tersasar. Secara tak langsung, olahraga ini melatih orang untuk tentram dan menstabilkan emosi.

personal yang tidak bersahaja, sembarangan, pemarah, atau sabar tidak segar mentalnya tidak akan menjadi pemanah yang bagus.

Pengertian Memanah dan sejarahnya

jenis-jenis sport menembakkan panah dengan anak panah pada target terhingga disebut panahan (archery). Tapi panahan tidak sekedar olahraga. sepanjang ribuan tahun individu menggunakan keterampilan memanah sebagian besar untuk Permusuhan dan untuk mencari makanan. Bahkan saat ini berburu makanan dengan panah yakni aktivitas yang masih sangat tenar.

Panah

Pada Waktu prasejarah dan kurun waktu kuno, banyak manusia di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika menciptakan busur dan gendewa. busur yaitu salah satu senjata terbaik dalam Permusuhan dan berburu. anak adam Mesir kuno, Yunani, dan China juga mempraktekkan panahan sebagai gerak badan.

orang Hun, Turki, Mongol, dan sekutu lainnya menggunakan anak panah dan panah untuk pertikaian saat naik di atas kuda. Keterampilan mereka sebagai pemanah ulung membuat mereka menaklukkan sebagian besar kawasan Asia.

Tentara Inggris mulai memakai panah besar yang disebut longbow pada tahun 1300-an. Longbow membantu mereka memenangkan Permusuhan militer besar melawan Perancis. anak panah terkemuka lainnya di Eropa pada saat itu ialah crossbow. Crossbow yakni gendewa kecil dan kuat yang ditempelkan melintang pada sepotong kayu. Jual Crossbow memiliki alur khusus untuk panduan panah di atas kayu dan tuas untuk menarik dan melepaskan tali gendewa.

Di Eropa, senapan mengandalkan gendewa dan panah sebagai senjata militer utama di tahun 1500-an. kelompok perang di dunia masa sekarang sebagian besar sudah menggunakan senjata api. Namun, banyak suku-suku masih menggunakan gandi dan panah untuk berburu. Panahan juga telah tumbuh sebagai gerak badan terkenal. Pada awal tahun 1900-an, panahan menjadi cabang latihan jasmani Olimpiade.




Busur, Anak Panah Dan Target Sasaran

1. Busur

Olahraga panahanmemiliki beberapa jenis busur diantaranya, busur tradisional dan busur recuve.
Busur recuve memilikiempat bagian yang dapat dibongkar pasang. Pertama, bagian handle yang terbuat dari bahan alumuniumdan kayu keras, kedua, pada limb (daun busur) yang mempunyai bagian atas dan bawah.

Ketiga, pada busur panahnya, karena terbuat dari bahan bambu dan serat akrbon yang elastis. Keempat di bagian string dikarenakan terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan terhadap renggangan. Maka dari itu, busur ini cukup mudah untuk dibawa kemana saja, karena seluruh bagiannya dapat dibongkar.

2. Anak Panah

Anak panah yang biasanya digunakan dalam olahraga memanah terbuat dari bahan bambu dan bahan kayu. Panahan yang terbuat dari bahan bambu biasanya lebih kuat dan lebih tahan lama daripada yang terbuat dari kayu. Hal ini dikarenakan bambu mempunyai tingkat kelenturan yang cenderung bagus ketimbang kayu.


Di bagian belakang ujung anak panahnya terdapat nock yang digunakan sebagai alat untuk memegang string (tali busur). Sedangkan di bagian depannya terdapat anak panah yang terbuat dari mata logam.

3. Target Sasaran

Target sasaran dalam aktivitas olahraga memanah dapat disesuaikan dengan nomor panahannya. Misalkan pada nomor outdoor, ukuran target berdiameter 80 cm dengan jarak sasaran sejauh 80 meter. Sedangkan pada nomor indoor dengan ukuran targetnya berdiameter 40 cm atau 60 cm dengan jarak sasaran 25 meter.

Ardityo Mufa'adi
Ardityo Mufa'adi
3 years ago

Alhamdulillaah artikelnya bermanfaat. Mohon koreksinya, tapi ada paragraf yang terputus pada bagian ini sehingga membingungkan saya saat membacanya:

Anjuran Memanah

Adalah suatu kewajaran apabila seseorang berburu sesuatu yang bisa menyenangkan hatinya. Sesuatu yang berbentuk hal-hal menenangkan, sekalian sebagai obat untuk kegiatan dan beban pikiran yang meletihkan antara 3-6 cm, lebar basis 2-3 cm, dengan tingkat ketebalan biasanya yaitu 1 cm. Material yang digunakan untuk menciptakan mata panah ini ialah batu gamping. Seluruh permukaan dikerjakan dengan amat teliti. Di belahan ujung dan tajamannya dipahat dari dua segi maka menciptakan [ketajaman|tajaman yang berliku-liku ataupun bertakik.

Terimakasih.

JC. Princen
JC. Princen
4 weeks ago

Sayangnya olahraga memanah belum dimasukkan ke dalam kurikulum di sekolah

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com