SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Inilah Jenis-Jenis Keju Terbaik di Seluruh Penjuru Dunia


brainking123
brainking123
3 years ago

Keju memakai susu untuk bahan pokoknya, mulai dari susu sapi, kambing sampai kerbau. Keju diolah di wilayah Timur Tengah, detilnya di daerah yang berdekatan dengan perbatasan antara Irak, Siria dan Turki yang dikenal saat ini.

Bukti sejarah berkaitan kapan secara jelasnya keju pertama kali diciptakan manusia hingga detik ini tak kunjung diketahui. Namun, beberapa pakar sejarah menetapkan kalau keju sudah mulai dibuat manusia dari delapan abad yang lalu.

Keju ditemukan karena ketidak sengajaan. Susu yang sangat lama ditaruh dalam kantong-kantong yang dibuat dari lambung domba atau binatang ternak lain yang dikeringkan dan tersinari oleh matahari akan berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, sehingga merubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

Keju merupakan salah satu masakan paling lezat. Keju dapat dikonsumsi secara dalam keadaan mentah, dibuat tambahan rasa untuk berbagai makanan, ataupu diolah dengan makanan lain. Keju mempunyai kandungan berbagai manfaat yang lebih kaya ketimbang kandungan manfaat yang dimiliki oleh susu. Hanya 453 gram keju saja, terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan 3,7 L susu.

Nah, terdapat beberapa macam keju yang pernah diciptakan. Jenis-jenis keju ini berasal dari negeri-negeri yang berbeda. Ingin tahu apa saja? Inilah tipe-tipe keju yang ada di banyak negara di dunia, dan dengan beda di antaranya.

Keju Cheddar

Keju cheddar adalah tipe keju yang umum dikenal. Namanya terinspirasi dari nama tempat jenis keju ini ditemukan, Desa tersebut bernama Ds. Cheddar di Inggris, tepatnya di Somerset. Keju ini sangat dikenal di seluruh dunia. Di tanah air ini, keju yang satu ini paling sering diolah sebagai bahan tambahan kue kering, roti isi serta sebagai pelengkap masakan.

Keju Cheddar merupakan keju yang agak keras, dilapisi warna kuning muda sampai berwarna putih, dan terkadang mengandung rasa yang pekat. Keju ini juga mengandung lemak hingga 48 %.

Keju Mozzarella Perfetto

Keju mozarella juga termasuk tipe keju yang tak asing lagi dan sering diolah untuk memasak. Keju mozarella pertama kali dibuat di negara Italia. Dinamai Mozzarella disebabkan karena cara pembuatannya keju ini diolah dengan cara diputar kemudian dipotong (mozzare).

Teksturnya lunak serta tidak sulit dicetak, namun ada pula keju mozarella yang sedikit keras dan sering kali berwarna putih atau kuning. Keju mozarella sering dipakai sebagai saus dalam membuat pizza, pasta panggang, macaroni schotel, serta berbagai kuliner panggang lain dikarenakan keju mozzarella akan lumer dan memberikan kenikmatan yang tiada duanya.

Keju Parmesan

Keju Parmesan adalah keju khas Italia, tepatnya kota Parma. Keju ini dijual dalam berbagai wujud, biasanya dalam kondisi keras dan ada yang sudah diparut berupa tepung. Wujudnya tidak lunak dan cenderung keras dikarenakan cara menyimpannya tergolong memakan waktu, ada yang sampai bertahun-tahun dan yang jelas keharumannya begitu menggoda.

Biasanya keju ini dimanfaatkan untuk toping pada spaghetti, pizza, makaroni dan dicampurkan dengan keju mozzarella yang aromanya tak begitu kuat.

Keju Emmentaler

Emmental, Emmentaler, Emmenthal, atau Emmenthaler adalah keju asli negara Swiss yang dibuat dengan susu sapi murni dan memiliki mata yang banyak dan besar. Keju Emmentaler dijuluki dengan istilah "keju Swiss" di Amerika Utara, walau keju Swiss tak semata tergolong Emmenthal.

Nama keju ini diambil dari daerah dibuatnya untuk pertama kali yakni lembah Emme di Canton Bern. Tiruan keju Emmental asal Norwegia dikenal dengan nama Jarlsberg.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com