SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tips Membuat CV/Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


muhammad arifudin
muhammad arifudin
4 years ago

5-Hal-yang-Harus-DiKetahui-Jika-Bekerja-di-Perusahaan-Start-up.jpg

Setelah lulus sekolah atau kuliyah, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk mencari lowongan kerja. Mereka berbondong-bondong mencari info perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian /keterampilan yang dimilikinya. 

Setelah mereka menemukan tempat yang cocok, mulailah membuat surat lamaran kerja untuk kemudian dikirim ke perusahaan yang ingin dituju. Namun, adakah yang tahu, kebanyakan dari mereka dalam membuat surat lamarannya banyak yang asal-asalan sehingga tak jarang dari mereka yang tidak diterima.

Oleh sebab itu, saya akan berbagi tips dalam membuat CV atau surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dan disukai oleh HRD. Berikut adalah tips-tips nya:

1. CV/Surat Lamaran yang Ditulis dengan Tangan Lebih Disukai Oleh HRD

Banyak ditemukan dari studi kasus, bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia lebih menyukai jika calon pekerjanya melamar dengan menggunakan CV/Surat Lamaran yang ditulis dengan tangan. Sebab dengan hal ini HRD bisa menilai secara langsung lewat tulisannya seperti apa kepribadian calon pekerjanya ini.

2. Cantumkan Informasi Mengenai Perusahaan yang Dituju

Dengan mencantumkan informasi mengenai perusahaan yang dituju serta tanggal pembuatan berarti menunjukkan bahwa kita telah menggunakan waktu secara spesifik dalam pelamaran kerja di perusahaan itu.

3. Sertakan Data dan Kontak Pribadi Secara Detail

Informasi yang bersangkutan dengan data serta kontak pribadi sangat perlu untuk diperhatikan. Data pribadi adalah berisi tentang alamat, tahun dan tempat kelahiran, serta jenjang pendidikan yang kita tempuh. Sedangkan kontak pribadi adalah berisi tentang kontak yang dapat digunakan untuk menghubungi kita.

4. CV/Surat Lamaran Diawali dengan Paragraf yang Menarik

Perekrut dari sebuah perusahaan tidak mungkin membaca surat lamaran secara detail dan seksama dari sekian banyak pelamar. Biasanya hanya membaca pada bagian intinya saja dan dimulai pada paragraf pertama.

Oleh sebab itu manfaatkanlah sebaik mungkin paragraf pertama dengan sapaan yang menarik dan sopan. Buatlah HRD tertarik untuk membacanya secara detail dan seksama sampai selesai.

5. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Keahlian yang Dimiliki

Beritahukan kepada HRD mengenai pengalaman kerja dan keahlian yang kita miliki. Buatlah promosi mengapa pihak perusahaan sebaiknya menerima kita. Beritahukan kepada HRD bahwa kita adalah aset berharga yang tidak selayaknya ditolak.

6. Akhiri dengan Paragraf Penutup yang Baik dan Sopan

Setelah semuanya tertulis dengan baik, sempurnakanlah dengan paragraf penutup yang membuat HRD yakin untuk merekrut kita. Biasanya pada bagian ini berisi tentang harapan kita untuk bisa wawancara dan berbincang-bincang lebih jauh mengenai keahlian kita. 

7. Ditulis dengan Jujur dan Apa Adanya

Semua penulisan data diri dan keahlian ditulis dengan jujur. Sebab isi dari tulisan itu menentukan tanggung jawab kita pada langkah selanjutnya. Dan pihak perusahaan juga akan menempatkan pekerjanya sesuai dengan keahliannya. Oleh sebab itu tulis lah dengan jujur dan apa adanya.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com