SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

pengertian penyakit lupus


Dapur Aqiqah
Dapur Aqiqah
3 years ago

Berikut ciri-ciri dari penyakit lupus:

 

 

  1. Timbulnya Butterfly Rash yakni adanya ruam-ruam seperti sayap kupu-kupu di sekitar pipi dan hidung sebagai bagian tengahnya.
  2. Photosensitivity terjadi ruam di beberapa bagian kulit luar yang akan semakin parah jika tidak mendapat penanganan medis.
  3. Oral Ulcers atau munculnya sariawan secara terus menerus di bagian lidah atau di bagian dalam mulut.
  4. Discoid Rash muncul seperti ruam berbentuk cakram berwarna merah dibagian tepinya. Daerah yang sering muncul adalah di leher, wajah, dan kulit kepala. Dscoid Rash bisa menimbulkan bekas luka bila sudah sembuh.
  5. Terjadi Radang Sendi yang mengakibatkan rasa nyeri yang hebat dan memiliki warna merah serta bengkak.
  6. Gangguan pada organ ginjal, untuk mendeteksi ciri lupus pada ginjal harus melalui uji laboratorium dimana adanya kandungan protein atau endapan dalam urin.
  7. Gangguan neurologis yang bisa mengganggu kinerja otak dan sistem saraf biasanya akan menimbulkan rasa sakit kepala, halusinasi, mata rabun, dan kejang-kejang.
  8. Serositis merupakan radang pada lapisan paru-paru dan bisa menjalar ke bagian jantung, biasanya penderita akan merasakan nyeri yang hebat ketika batuk dan menarik nafas.
  9. Kelainan pada darah atau anemia, terjadi karena sel darah yang pecah biasanya penderita akan terasa sangat lemas seperti orang yang terkena gejala anemia.
  10. Gangguan pada imunitas, biasanya ditandai dengan adanya sel LE positif dan Anti DNA.

 

Untuk pengobatan penyakit lupus sampai saat ini belum bisa ditemukan, dan hanya sekedar meredam gejala atau rasa sakit. Gejala yang timbul juga tidak harus diobati karena harus mempertimbangkan semua resiko dari pengobatan jangka panjang. Obat yang paling banyak digunakan adalah NSAID (non steroid anti-inflammatory drugs) yang saat ini paling direkomendasikan. Namun ada beberapa efek samping dari obat tersebut yakni masalah ginjal, pendarahan lambung, dan masalah pada jantung. Selain NSAID ada beberapa obat lainnya yang digunakan yakni Obat Kortikosteroid Prednison dan jenis kortikosteroid untuk melawan peradangan. 

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com