SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Jual Kaos Dakwah - Karena Dakwah tidak Hanya di Mimbar


Mas Vroh
Mas Vroh
4 years ago

Kaos Muslim.png

"Karena Dakwah Tidak Hanya di Mimbar"

Kaos Dakwah

Dakwah bisa dilakukan dengan apa saja termasuk dengan kaos dakwah. Info silakan liat di bagian bawah artikel.

Dakwah (Arab : دعوة‎, da‘wah ; " ajakan ") yaitu aktivitas yang berbentuk menyeru, mengajak serta memanggil orang untuk beriman serta patuh pada Allah sesuai sama garis aqidah, syari'at serta akhlak Islam. Kata dakwah adalah masdar (kata benda) dari kata kerja da'a yad'u yang bermakna panggilan, seruan atau ajakan.

Kata dakwah kerap dirangkaikan dengan kata " Pengetahuan " serta kata " Islam ", hingga jadi " Pengetahuan dakwah " serta Dakwah Islam " atau ad-dakwah al-Islamiyah.

Pengetahuan Dakwah

Pengetahuan dakwah yaitu satu pengetahuan yang diisi beberapa cara serta tuntunan untuk menarik perhatian orang lain agar berpedoman, ikuti, menyepakati atau melakukan satu ideologi, agama, pendapat atau pekerjaan spesifik. Orang yang mengemukakan dakwah dimaksud " da'i " sedang sebagai objek dakwah dimaksud " mad'u ". Tiap-tiap Muslim yang menggerakkan manfaat dakwah Islam yaitu " da'i ".

Maksud Paling utama Dakwah

Maksud paling utama dakwah adalah wujudkan kebahagiaan serta kesejahteraan hidup didunia serta di akhirat yang diridai oleh Allah. Nabi Muhammad S. A. W mencontohkan dakwah pada umatnya dengan beragam langkah lewat lisan, tulisan serta perbuatan. Diawali dari istrinya, keluarganya, serta rekan-rekan karibnya sampai raja-raja yang berkuasa ketika itu. Diantara raja-raja yang memperoleh surat atau risalah nabi S. A. W yaitu kaisar Heraklius dari Byzantium, Mukaukis dari Mesir, Kisra dari Persia (Iran) serta Raja Najasyi dari Habasyah (Ethiopia).

Fiqih Dakwah

Pengetahuan yang mengerti segi hukum serta tata cara yang terkait dengan dakwah, hingga beberapa muballigh bukanlah saja memahami mengenai kebenaran Islam walau demikian mereka juga di dukung oleh kekuatan yang baik dalam mengemukakan Risalah al Islamiyah.

Dakwah Fardiah

Dakwah Fardiah adalah cara dakwah yang dikerjakan seorang pada orang lain (satu orang) atau pada sebagian orang dalam jumlah yang kecil serta terbatas. Umumnya dakwah fardiah berlangsung tanpa ada persiapan yang masak serta tersusun dengan cara teratur. Termasuk juga kelompok dakwah seperti ini yaitu menasihati rekan sekerja, teguran, saran berikan contoh. Termasuk juga dalam soal ini ketika berkunjung ke orang sakit, pada saat ada acara tahniah (perkataan selamat), serta pada saat upacara kelahiran (tasmiyah).

Dakwah ammah

Dakwah Ammah adalah type dakwah yang dikerjakan oleh seorang dengan media lisan yang diperuntukkan pada orang banyak dengan maksud menanamkan dampak pada mereka. Media yang digunakan umumnya berupa khotbah (pidato). Dakwah Ammah ini bila dilihat dari sisi subjeknya, ada yang dikerjakan oleh perseorangan serta ada yang dikerjakan oleh organisasi spesifik yang menekuni dalam bebrapa masalah dakwah.

Dakwah bil-lisan

Dakwah type ini yaitu penyampaian info atau pesan dakwah lewat lisan (ceramah atau komunikasi segera pada subyek serta objek dakwah). dakwah type ini bakal jadi efisien apabila : di sampaikan terkait dengan hari beribadah seperti khutbah Jumat atau khutbah hari Raya, kajian yang di sampaikan menyangkut beribadah praktis, konteks sajian terprogram, di sampaikan dengan cara dialog dengan hadirin.

Dakwah bil-Haal

Dakwah bil al-hal yaitu dakwah yang memprioritaskan perbuatan riil. Hal semacam ini ditujukan supaya si penerima dakwah (al-Mad'ulah) ikuti jejak dan

hal ikhwal si Da'i (juru dakwah). Dakwah type ini memiliki dampak yang besar pada diri penerima dakwah.

Pada pertama kalinya rasulullah S. A. W tiba di kota Madinah, dia mencontohkan dakwah bil-haal ini dengan membangun Masjid Quba, serta mempersatukan golongan Anshor serta golongan Muhajirin dalam ikatan ukhuwah Islamiyah.

Dakwah bit-tadwin

Masuk jaman global seperti waktu saat ini, pola dakwah bit at-tadwin (dakwah lewat tulisan) baik dengan menerbitkan kitab-kitab, majalah, internet, koran, serta tulisan-tulisan yang memiliki kandungan pesan dakwah begitu utama serta efisien.

Keuntungan lain dari dakwah jenis ini tak jadi musnah walau sang dai, atau penulisnya telah meninggal dunia. Menyangkut dakwah bit-Tadwim ini rasulullah S. A. W bersabda, " Sebenarnya tinta beberapa ulama yaitu tambah baik dari darahnya beberapa syuhada ".

Dakwah bil hikmah

Dakwah bil hikmah yaitu mengemukakan dakwah lewat cara yang arif bijaksana, yakni lakukan pendekatan sedemikian rupa hingga pihak objek dakwah dapat melakukan dakwah atas kemauannya sendiri, tak terasa ada paksaan, desakan ataupun perseteruan. Dengan kata lain dakwah bi al-hikmah adalah satu cara pendekatan komunikasi dakwah yang dikerjakan atas basic persuasif.

Dalam kitab al-Hikmah fi ad-Dakwah Ilallah Ta'ala oleh Said bin Ali bin Wahif al-Qathani di jabarkan lebih terang mengenai pengertian al-Hikmah, diantaranya Menurut bhs :

Adil, pengetahuan, sabar, kenabian, Al-Qur'an serta Injil

- Melakukan perbaikan (bikin manjadi tambah baik atau cocok) serta terlepas dari rusaknya
- Ungkapan untuk tahu suatu hal yang paling utama dengan pengetahuan yang utama
- Object kebenaran (al-haq) yang didapat lewat pengetahuan serta akal
- Pengetahuan atau ma'rifat.

Menurut arti Syar'i :
Valid dalam pengucapan serta perbuatan, tahu yang benar serta mengamalkannya, wara' dalam dinullah, menempatkan suatu hal pada tempatnya serta menjawab dengan tegas serta pas.

Kaos dakwah ini bisa termasuk ke dalam kategori dakwah bil hikmah. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunjungi jual kaos dakwah di zams.web.id

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com