SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Buah Tin


Salamadian
Salamadian
2 years ago

Banyak sekali buah-buahan atau sayuran yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh . Salah satunya yang akan kita bahas di artikel kali ini tentang buah tin. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini ternyata mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan.

buah tin

kendaripos.fajar.co.id

Semua yang diciptakan di dunia ini baik manusai, hewan, dan tumbuhan merupakan sebuah karunia dari Tuhan dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dan saling melengkapi satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia dimana adalah mahkluk Tuhan yang paling sempurna harus pandai-pandai bersyukur.

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui manfaat dan khasiat dari buah tin untuk kesehatan manusia. Itu disebabkan buah tin ini kurang dikenal karena buah ini berasalh dari negara daerah timur tengah. Meskipun buah ini tumbuh di Arab Saudi, Syam, Mesir, dan Palestina, buah ini juga dikenalkan di negara Italia sekitar 2000 tahun silam dimana perkembangannya tumbuh dengan cepat di bagian selatan Eropa.

Buah tin atau nama latinnya Ficus carica, buah ini ada di dalam kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an. Selain buah tin, ada juga buah zaitun hasil dari penelitian-penelitian para ahli, buah-buah itu sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Buah ini memiliki besar sebesar buah kelengkeng kaya dengan kalsium dan potasium, dan mengandung zat yang bernama enzyaldehyde yang berfungsi untuk melawan sel-sel kanker.

Didalam buah tin juga mengandung zat yang berfungsi untuk mengatasi kolesterol jahat, menyehatkan jantung, dan juga bisa menormalkan nafas untuk penderita asma. Buah tin juga sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan manusia, bermanfaat untuk mengatasi sulit buang air besar, dan sangat baik untuk limpa.

Menurut Imam Ibnu Al Jawaziyyah, khasiat dari buah tin diantaranya bisa mengurangi sesak pernafasan, pengencer dahak, membersihkan limpa dan hati, dan memberikan khasiat baik untuk tubuh sebagai salah satu solusi untuk menjaga tubuh dari racun.

Deskripsi Tentang Buah Tin

Buah tin / Ficus carica L. adalah familia dari Moraceae, ordonya Rosales dan kelasnya Magnoliopsida. Ini klasifikasi dari buah tin:

Kingdom Plantae
Jenis: Ficus carica
Marga: Ficus
Suku: Moraceae
Bangsa: Urticales
Subkelas: Hamamelidae
Kelas: Magnoliopsida
Divisi: Magnoliophyta

Biasanya pohon buah tin bisa tumbuh sampai 9 meter dengan batangnya yang sedikit lunak dengan warna abu, akan tetapi spesies Ficus carica yang berpohon kecil. Memiliki daun yang cukup besar dan lekuk dalam, cupingnya 3 -5. Buah tin aslinya dalaha dasar dari bunga yang bentuknya bulat. Biasanya bentuk seperti ini merupakan ciri khas dari anggota suku Moraceae.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di Asia Tenggara, tumbuhan ini bisa bertahan dengan kekeringan dan suhu dingin hingga -90 derajat celcius, akan tetapi tumbuhan buah tin juga memerlukan unsur-unsur hara supaya pertumbuhannya berkembang dengan baik dan kualitas buahnya bagus. Tanaman tin juga bisa menjadikan tanah disekitarnya menjadi subur. Tanaman tin juga memerlukan cahaya matahari untuk pertumbuhannya.

Ukuran buah tin panjangnya 3-5 cm berwarna hijau. Sebagian kultivar akan berubah warnanya menjadi ungu saat masak. Harus hati-hati terhadap getah pohon buah tin karena bisa membuat kulit iritasi. Rasa dan aroma dari buah tin mirip seperti jambu biji. Memiliki tekstur yang empuk, aromanya harum, rasanya kasat manis, banyak mengandung air dan memiliki banyak biji. Ketika memakanya akan ada sensasi ketika menggigit biji dari buah tin.

Ahli biologi menyatakan ada sekitar 700 macam pohon tin jenis Ficus yang tersebar di seluruh dunia, yang biasanya dikenal di masyarakat adalah jenis yang biasa dipakai sebagai dekorasi rumah, koridor-koridor, dan apartemen. Jenis untuk hiasan taman seperti Ficus macrophylla. Jenis lainnya biasa untuk hiasan jalan dan juga trotoar seperti Ficus microcarpa yang banyak ditemukan di Afrika.

Sedangkan jenis dari buah tin yang akan di paparkan di sini yaitu jenis Ficus carica, biasa dikenal “kramouss” di daerah Maroko dan Afrika Utara. Tumbuhan tin jenis ini banyak tumbuh di daerah Laut Tengah yang merupakan asal dari pohon tin.

http://www.satujam.com/buah-tin-2/

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com