SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Penyebab AC Baru Tidak Dingin


saviradewi
saviradewi
2 years ago

Sepertinya dampak pemanasan international sudah bisa dirasakan, bahkan di daerah-daerah yang beberapa tahun sebelumnya terasa sejuk dan dingin, maka pada saat ini sudah mulai terasa panas. Tetapi, tidak hanya keadaan cuaca yang menyebabkan panas naik, melainkan juga karena sempitnya location perumahan sehingga tidak banyak ruang bagi udara untuk sirkulasi ke dalam ruangan.
Keperluan penyejuk udara terlebih pada musim panas semakin naik, terlebih di daerah kota-kota besar. Walaupun trouble AC cenderung mudah untuk diservis dan tidak butuh budget yang besar, namun tetap saja akan sangat mengurangi produktivitas apabila sering terjadi.
Salah satu masalah yang fading sering terjadi ialah, jika penyejuk ruangan yang anda miliki tidak dapat memberikan udara sejuk sebagaimana yang seharusnya. Ada bermacam-macam akibat dari AC di ruangan tidak sejuk, berikut diantaranya.
1. Rancangan Sistem yang Tidak Benar
Pada saat kita memesan Air Conditioning, kita harus menentukan seberapa besar ruangan yang akan dipasang Air Conditioner.
Anda harus mengetahui perhitungan tertentu tentang ukuran ruangan dan kebutuhan penyejuk ruangan yang tepat. Jika anda tidak dapat mengira-ngira mengenai hal tersebut, anda bisa menanyakannya kepada ahli (tukang Air Conditioner) atau kepada penjualnya.
Karena, apabila anda memesan mesin pendingin ruangan yang terlalu kecil dengan BTU juga kecil, maka tidak akan cocok jika anda menempatkannya pada ruangan yang agak luas. Contoh kecil, ruangan berukuran 4 x 5 meter sangat tepat apabila diberikan Air Conditioning 1,5 PK. Sedangkan ruangan yang lebih kecil misalnya 3 x 4 m biasanya hanya memerlukan sekitar 6.000 sampai 7.000 BTU saja. Berarti ruangan tersebut bisa didinstal Air Conditioning dengan kemampuan 3/4 PK.
Jika ruangan yang anda miliki berukuran kecil, alangkah baiknya hindari menempatkan Air Conditioner dengan PK terlalu besar karena justru akan mengakibatkan ruangan menjadi sangat dingin dan menyebabkan rasa kurang nyaman. Selain itu, Air Conditioning dengan PK besaran juga memerlukan tenaga yang lebih besar dari pada Air Conditioning PK kecil, sehingga penggunaan listrik akan naik.
2. Faktor Cuaca
Musim sangat berpengaruh pada dingin dan tidaknya ruangan. Meskipun anda baru saja memasang A/C baru. Pada saat malam hari, keadaan cuaca condong lebih dingin sehingga Air Conditioning bisa berfungsi ideal. Sedangkan pada saat waktu siang terutama pada saat keadaan sangat terik dimana tembok serta atap rumah menjadi panas, maka kinerja AC akan menurun. Jika AC tidak mampu memberi udara sejuk, anda bisa menurunkan suhunya.
3. Kondisi Ruangan
Keadaan ruangan cukup penting. Jika ruangan tersebut langsung terkena sinar matahari serta bagian tembok dibuat dari perpaduan seminal fluid dan pasir, tidak ditambahkan kapur, maka kemungkinan besar ruangan tersebut akan terasa sangat panas. Kapur memang dapat menyebabkan tembok kurang kuat akan tetapi sangat berfungsi untuk memberikan rasa dingin.
Selain itu, apabila kamar atau ruangan tersebut terdapat beberapa jendela yang terkena panas matahari secara langsung, terlebih apabila jendela kaca, maka sudah dapat dijamin bahwa panas yang berada di dalam kamar akan meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan kamar yang kaca jendelanya tidak terkena sinar matahari lansung.
4. Banyaknya Penghuni di Dalam Ruangan atau Kamar
A/C dapat menjadi tidak dingin jika penghuni yang berada di kamar atau ruangan tersebut terlalu banyak. Seorang dewasa bisa memerlukan 600 BTU. Sedangkan anak kecil membutuhkan 400 BTU. Selain hal itu, benda elektronik lainya yang bisa menimbulkan panas semisal air terlebih TELEVISION yang menggunakan tabung CRT menimbulkan suhu panas yang cukup tinggi.
Selain itu, computer juga menghasilkan panas yang lebih besar dari pada dengan note pad. Jadi, jika di dalam 1 kamar atau ruangan terdapat TV, PC yang menyala, charger handphome, smart device yang digunakan untuk ngegame, atau benda elektronik lain yang nyala, kesemuanya akan menghasilkan panas yang sangat besar sehingga menjadikan A/C kurang bisa mengeluarkan kesejukan.
Selain itu, aktivitas di ruangan atau kamar yang dilakukan orang di dalamnya juga cukup berpengaruh. Jika penghuninya sedang tidur, dengan otomatis suhu udara yang ditimbulkan oleh tubuhnya juga cukup kecil.
5. Pemasangan Mesin AC di Luar Kamar Atau Ruangan
Meletakan fan atau mesin di luar kamar atau ruangan juga jangan sembarangan. Minimal harus menyediakan ruang yang cukup luas agar mesin tersebut bisa bernapas serta memiliki aliran udara yang baik. Apabila mesin Air Conditioner outdoor dipasang di ruang yang sempit, maka hal tersebut bisa dipastikan bisa mengganggu kinerjanya. Idealnya, Air Conditioning outside atau mesin yang ada di luar ruangan harus mempunyai jarak minimal 60 centi meter dari tembok depan, kiri, kanan, serta atasnya.
6. Jika Air Conditioner Tidak Pernah Diservis
Seperti kendaraan, Air Conditioning juga butuh untuk di service dan dibersihkan. Apabila anda merasakan A/C di ruangan tidak dingin, sudah waktunya untuk memanggil tukang AC untuk service AC Anda dan membersihkan serta memeriksa kondisinya. Hal ini sebaiknya dilakukan marginal tiga bulan sekali.
7. Freon Bocor
Penyebab AC kurang dingin lainnya adalah diakibatkan freon yang bocor. Apabila merasa Air Conditioning tersebut kurang dingin dalam jangka waktu yang lama, misalnya dua sampai tiga bulan, maka hal tersebut harus segera diberikan penanganan ekstra. Selain itu dapat juga dikarenakan terdapat kebocoran evaporator, karena kompresor yang rusak, atau sebab MCB yang bermasalah.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com