SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Kinesio Tape untuk Perlengkapan Para Atlet


Mas Vroh
Mas Vroh
5 years ago

Kecanggihan teknologi sekarang telah menjalar ke banyak bidang. Dimulai dari cabang industry, pendidikan, pemerintahan, olah raga dan lain-lain. Hampir seluruh cabang sudah menerapkan teknologi untuk mendukung kerjaannya.

Mari kita ambil beberapa contoh yang telah ada seperti dunia Industri. Pada awal dunia perindustrian mulai mengalami perkembangan, beberapa bidang kerja masih menggunakan jasa manusia. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi, banyak pekerjaan sudah bisa dijalankan dengan tenaga mesin. Dan ini sangat memudahkan manusia terutama pelaku dunia industri dalam melakukan pekerjaan sehari-hari mereka.

Dunia olahraga pun tidak terlepas dari kemajuan teknologi ini. Jaman dulu olahragawan-olahragawan masih memakai peralatan apa adanya. Sebagai contoh dalam dunia olahraga sepak bola. Jaman dulu para pemain sepak bola masih menggunakan sepatu yang terbuat dari kulit yang bisa dikatakan sangat berat, terlebih lagi kalau mesti bertanding pada keadaan sedang hujan.

Tapi dengan adanya kemajuan teknologi saat ini. Sepatu sepakbola sudah terbuat dari kulit sintetis yang secara teknis lebih kuat, ringan dan lebih nyaman untuk digunakan.
Bicara tentang bidang olahraga, kita juga pasti berbicara mengenai pertandingan yang tidak jarang keras, hingga sering mencederai pemain. Inilah yang menjadikan dunia olahraga terus membuat teknologi yang dapat mengurangi cedera, mempercepat proses pemulihan cedera maupun mengoptimalkan keadaan fisik si pemain.

Diantaranya yang terpopuler dan umum dipakai saat ini ialah kinesio tape. Kinesio tape memiliki bentuk kayak lembaran yang dilengketkan di bagian tubuh tertentu yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan cidera, meminimalisir sakit atau lebih mengoptimalkan kerja otot pada tempat kinesio tape ini ditempel kan.

Kinesio tape ini ditemukan pertama kali sekitar 30 tahun lalu oleh ahli kesehatan olahraga bernama dr. Kenzo Kaze. Meskipun kinesio tape telah diketemukan cukup lama, tapi penggunaanya tak sepopuler saat ini. Sebab pada kala itu masih banyak sekali masyarakat yang berpikiran bahwa alat tersebut masih diragukan khasiat dan kegunaanya. Namun seiring berjalannya waktu, kinesio tape semakin popular serta seringkali digunakan oleh atlet professional maupun amatir sebab manfaatnya telah terbukti dan dirasakan.

Pertama kali kinesio tape digunakan adalah pada kejuaraan Olimpiade tahun 2008. Waktu itu kinesio tape muncul ke public saat salah seorang atlet voli asal Amerika Serikat memakainya di bahu pada Olimpiade 2008 yang pada waktu itu dilaksanakan di Beijing. Lalu sejak waktu itu, orang-orang mulai menaruh perhatian pada kinesio tape. Diantara bukti khasiat kinesio tape ini yaitu saat salah seorang pelari pada Olimpiad Beijing 2008 tetap dapat menyelesaikan lintasanya padahal pada saat itu ia sedang mengalami cedera pinggul.

Secara teknis, kinesio tape ini bisa dikatakan bekerja dengan cukup sederhana. Kinesio tape mempunyai beberapa keunggulan, yang paling pokok yaitu kinesio tape mempunyai sifat elastis dan tak panas seperti koyo sehingga akan enak dipakai. Kinesio tape ini bekerja secara mikroskopis untuk mengangkat lapisan kulit, sehingga aliran darah akan menjadi sangat lancer. Hal ini dapat berdampak pada percepatan pemulihan cedera serta lebih mengoptimalkan kerja otot.

Keunggulan lain dari kinesio tape ini adalah ia mempunyai kemampuan merekat dengan sangat baik, meskipun dalam kondisi basah karena keringat ataupun olahraga air. Sehingga kinesio tape bisa dipakai pada berbagai bidang olahraga.

Dengan segala kelebihan yang dipunyainya, kinesio tape ini dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemukan di banyak toko olahraga. Bagi kamu yang mau mencoba memakai kinesio tape, ada baiknya untuk bertanya pada orang yang lebih mengerti tentang kinesio tape supaya tak salah ketika memakainya.

Tips pengaplikasian Kinesio Tape pada beberapa bagian badan ini juga tergolong sangat gampang. Contoh, bila Anda akan bermain badminton, olahraga sepeda, ataupun ikut serta dalam perlombaan seni bela diri, bersihkan terlebih dahulu kulit kamu dari minyak atau air, lalu lepas kertas penutup pada plester Kinesio Tape dan pasangkan pada bagian dalam paha.

Kamu pun bisa memadukan pemasangan Kinesio Tape ini pada bagian tubuh yang lain contohnya seperti pada bagian bahu hingga lengan bagian atas, bagian betis atas hingga ke bagian telapak kaki, ataupun bagian lengan atas hingga telapak tangan. Penggunaan plester ini biasanya ditaruh pada bagian tumpuan power Anda, sesuai dengan olahraga yang sedang dimainkan. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi warung olahraga.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan cara penggunaan plester Kinesio Tape yang baik dan benar.
1. Sebelum plester Kinesio Tape ditempel, pastikan kulit kamu mesti bersih dari air ataupun minyak.
2. Pastikan kamu sudah memakai Kinesio Tape satu jam sebelum melakukan olahraga, mandi, ataupun aktivitas lain yang menyebabkan keringat dan berdekatan dengan air. Hal ini dimaksudkan agar plester Kinesio Tape tersebut lengket dengan tepat pada kulit kamu.
3. Anda mesti menghindari penggunaan yang ketat agar terhindar iritasi pada kulit.
4. Setelah plester Kinesio Tape terpasang di bagian badan yang sakit, Kinesio Taping harus terus diusap memakai tangan supaya lem bisa lengket dengan baik. Jangan memakai alat lain, seperti hairdryer.
5. plester Kinesio Taping bisa dipakai selama kurang lebih 3 hingga 5 hari.
6. Untuk kamu yang pemakai baru, maka upayakan kondisi kulit tak dalam keadaan iritasi.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com