SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Kinesio Tape: Manfaat dan Cara Pemakaiannya


Creatix Art
Creatix Art
3 years ago

Kinesio tape ini ditemukan pertama kali kurang lebih 30 tahun yang lalu oleh pakar kesehatan bidang olahraga yang bernama dr. Kenzo Kaze. Meskipun kinesio tape telah diketemukan cukup lama, namun penggunaanya masih belum sepopuler sekarang. Karena pada waktu itu masih banyak sekali masyarakat yang berpikiran bahwasanya alat tersebut masih diragukan manfaat dan kegunaanya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kinesio tape semakin populer dan sering digunakan oleh atlet professional maupun amatir karena kegunaanya sudah terbukti.

Pertama kalinya kinesio tape digunakan adalah pada Olimpiade tahun 2008. Waktu itu kinesio tape muncul di hadapan public ketika seorang atlet voly yang berasal dari Amerika Serikat menggunakanya di bahu pada Olimpiade 2008 yang pada waktu itu dilaksanakan di Beijing. Dan semenjak saat itu, orang-orang mulai melirik pada kinesio tape. Salah satu bukti khasiat kinesio tape ini ialah saat salah seorang atlet lari pada Olimpiad Beijing 2008 tetap bisa menyelesaikan pertandingannya padahal saat itu ia sedang cidera pinggul.

Secara teknis, kinesio tape dapat dikatakan bekerja dengan cukup sederhana. Kinesio tape memiliki banyak kelebihan, yang pokoknya yaitu kinesio tape memiliki sifat yang elastic dan tak panas kayak koyo sehingga akan enak dipakai. Kinesio tape ini bekerja dengan cara mikroskopis mengangkat lapisan kulit, sehingga aliran darah menjadi lancer. Hal ini dapat berdampak pada waktu pemulihan cidera serta lebih mengoptimalkan kerja otot.

Kelebihan lainnya dari kinesio tape ini iaah kemampuanya merekat dengan baik, walaupun dalam kondisi basah karena keringat atau olahraga air. Dengan begitu kinesio tape dapat digunakan pada banyak cabang olahraga.

Dengan segala kelebihan yang dipunyainya, kinesio tape dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemui di banyak toko olahraga. Untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan kinesio tape, ada baiknya bertaya pada orang yang lebih mengerti mengenai kinesio tape agar tidak salah dalam pemakaiannya.

Cara pengaplikasian Kinesio Tape di sejumlah bagian badan juga terbilang mudah. Contohnya, bila kamu mau bermain bulu tangkis, olahraga sepeda, atau mengikuti kejuaraan silat, bersihkan dulu kulit Anda dari minyak atau air, kemudian lepaskan kertas penutup pada plester Kinesio Tape dan lengketkan di bagian dalam paha.

Anda juga bisa mengkombinasikan pemakaian Kinesio Tape ini pada bagian badan lainnya seperti pada bagian bahu sampai lengan bagian atas, betis bagian atas sampai ke telapak kaki, atau pada bagian lengan atas hingga ke telapak tangan. Pemakaian plester Kinesio Tape ini umumnya diletakkan pada tumpuan tenaga kamu, menyesuaikan dengan jenis olahraga yang sedang dimainkan.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijabarkan bagaimana cara pemakaian plester Kinesio Tape yang baik dan benar.
1. Sebelum plester Kinesio Tape ditempel, pastikan kulit Anda harus bersih dari air ataupun minyak.
2. Pastikan Anda sudah memasang Kinesio Taping satu jam sebelum melakukan olahraga, mandi, ataupun aktivitas lain yang menyebabkan keringat dan dekat dengan air. Hal tersebut dimaksudkan supaya plester Kinesio Tape tersebut melekat dengan benar di kulit kamu.
3. kamu mesti hindari pemakaian yang terlalu ketat supaya terhindar iritasi di kulit.
4. Setelah plester Kinesio Taping terpasang di bagian badan yang sakit, Kinesio Tape mesti terus menerus diurut memakai tangan supaya lem bisa lengket dengan baik. Jangan menggunakan alat yang lain, contohnya seperti hairdryer.
5. Kinesio Tape dapat digunakan selama lebih kurang 3 hingga 5 hari.
6. Untuk kamu yang pemakai baru, maka usahakan kondisi kulit tak dalam kondisi iritasi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi warung kita bersama.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com