SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Medis


meili
meili
3 years ago

Adanya bekas luka pada kulit baik itu di wajah, tangan, juga bagian kulit yang lain seringkali menjadi yang cukup mengganggu penampilan. Bukan hanya Anda saja yang terganggu tentang hal ini, tapi juga orang lain di pergaulan Anda. Bekas luka yang terlihat mencolok membikin tampilan kulit jadi tidak cantik, bahkan kulit kelihatan cenderung kotor seperti kurang dibersihkan. Bekas luka lama dan tak kunjung sirna bahkan berwarna gelap tentunya sangat bikin risau. Apalagi jika bekas luka ini terlihat jelas di daerah-daerah yang nampak dari luar, seperti kulit wajah, kulit leher, juga kulit tangan atau kaki.

Penyebab bekas luka ini banyak jenisnya. Misal bekas luka sayat karena benda tajam, bekas luka akibat terbakar, bekas luka tersentuh benda panas misalnya memegang knalpot, bekas luka setelah sakit cacar, bekas luka jahitan, luka bekas operasi caesar, luka bekas cakar, bekas luka karena penyakit gatal-gatal, bekas jerawat, bekas herpes, bekas luka lebam akibat benturan, menghilangkan bekas luka exim, dsb..

Meski nampak sepele, bekas luka efeknya terasa cukup besar. Bisa menurunkan kepedean seseorang. Maka banyak cara yang ditempuh untuk menanggulangi hal ini. Bahkan sebagian rela mengeluarkan biaya lebih hanya untuk sekedar menghilangkan bekas luka ini. Misalnya dengan berkonsultasi ke dokter spesialis atau membeli produk salep khusus penghilang bekas luka yang harganya selangit. Bahkan ada yang mahal lagi yaitu dengan melakukan operasi laser maupun plastik. Itu semua dilakukan demi menghilangkan bekas luka dan menjadikan kulit halus kembali.

Tidak semua jenis bekas luka yang bisa hilang dengan menggunakan bahan alami, apalagi bila bekas luka tersebut ukurannya besar. Nah saatnya kamu mencoba perawatan medis. Inilah berbagai macam perawatan medis yang bisa kamu coba antara lain sebagai berikut.

1. Bedah plastik
Bila bekas luka muncul di wajah diakibatkan keloid, maka operasi bedah biasanya akan dikombinasikan dengan suntik kartikosteroid. Sedangkan untuk bekas luka hipertrofik, tidak akan dikombinasi dengan prosedur lain. Hanya saja, sadarilah bahwa memang bedah plastik cukup efektif untuk menangani bekas luka lama, meskipun efeknya akan menimbulkan terbentuknya bekas luka baru akibat pembedahan.

2. Suntik kortikosteroid dan kolagen
Mungkin diantara kamu sering mendengar istilah suntik kortikosteroid dan kolagen. Suntik ini bermanfaat mengencangkan kulit dan membuatnya awet muda. Selain itu juga bisa memudarkan bekas luka di wajah. Meski cara ini tidak langsung menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, tapi kemungkinan bisa memperbaiki penampilanmu secara signifikan.

3. Memakai teknologi laser
Teknologi laser saat ini cukup terkenal dalam menyamarkan bekas luka. Langkah medis ini mampu menghilangkan bekas luka di wajah dan tempat mana pun secara signifikan. Cuma, tingkat keberhasilan dalam menghilangkan luka semua itu tergantung pada tingkat keparahan bekas luka yang muncul.

4. Membalut luka
Cara medis yang lain adalah dengan membalut luka pakai bahan elastis. Tujuan dari prosedur ini ialah untuk melembutkan dan meratakan bekas luka. Biasanya, prosedur ini hanya diterapkan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup besar. Namun dengan cara ini akan memakan waktu lama, bisa setengah tahun atau bahkan sampai satu tahun dan balutan tak boleh dilepas.

5. Menggunakan salep atau gel
Untuk menghilangkan bekas luka akibat goresan benda tajam, gel atau krim ialah pilihan yang tepat. Biasanya salep penghilang bekas luka yang dijual bebas mengandung campuran steroid, silikon dan vitamin E. Selain itu, dokter juga akan meresepkan krim penghilang bekas luka dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang nanti akan menyebabkan efek gatal-gatal. Di luaran banyak macam produk yang manjur untuk menghilangkan bekas luka, misalnya gel Meilibahenling. Adapun toko yang menjual Meilibahenling sangat banyak, online maupun offline. baca juga : jual meilibahenling

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka secara medis. Sebelum mencoba medis sebaiknya gunakan dulu cara alami minimal satu atau dua bulan secara rutin. Apabila tak ada perkembangan yang signifikan, kamu bisa mencoba salah satu cara medis diatas.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com