SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Menghilangkan Bekas Luka


meili
meili
3 years ago

Adanya bekas luka pada kulit baik itu di wajah, tangan, ataupun bagian kulit yang lain seringkali menjadi yang cukup mengganggu penampilan. Bukan hanya Anda saja yang terganggu perihal ini, bahkan juga orang lain di sekitar Anda. Bekas luka yang terlihat mencolok membuat tampilan kulit jadi tidak cantik, bahkan kulit kelihatan cenderung kotor seperti kurang dibersihkan. Bekas luka lama dan tak kunjung hilang malahan berwarna gelap tentunya sangat bikin risau. Apalagi jika bekas luka ini terlihat jelas di daerah-daerah yang nampak dari luar, seperti kulit wajah, kulit leher, atau kulit tangan atau kaki.

Penyebab bekas luka ini banyak jenisnya. Misal bekas luka gores karena benda tajam, bekas luka akibat terbakar, bekas luka tersentuh benda panas seperti menyentuh knalpot, bekas luka habis sakit cacar, bekas luka jahitan, luka bekas operasi caesar, luka bekas cakar, bekas luka karena penyakit gatal-gatal, bekas jerawat, bekas herpes, bekas luka akibat benturan, menghilangkan bekas luka exim, dsb..

Meski nampak sepele, bekas luka efeknya terasa begitu besar. Bisa menurunkan rasa PD seseorang. Hingga banyak cara yang ditempuh untuk menanggulangi hal ini. Bahkan sebagian rela mengeluarkan biaya lebih hanya untuk sekedar menghilangkan bekas luka ini. Misalnya dengan berkonsultasi ke dokter spesialis atau membeli produk salep khusus penghilang bekas luka yang harganya selangit. Bahkan ada yang mahal lagi yaitu dengan melakukan operasi laser maupun plastik. Itu semua dilakukan demi menghilangkan bekas luka dan menjadikan kulit halus kembali.

Sebenarnya ada dua cara menghilangkan bekas luka, yaitu alami dan medis. Tapi sebelum kamu mencoba cara medis, sebaiknya terapkan perawatan bekas luka secara alami dahulu, khususnya untuk luka yang belum berat. Beberapa bahan alami yang bisa kamu coba antara lain:

1. Dengan Madu
Tingginya manfaat madu untuk kulit memang jangan diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang begitu lengkap membuat madu sangat populer di masyarakat. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tapi juga ampuh dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru.

2. Dengan Jeruk Nipis atau Lemon
Jeruk nipis dan lemon sebenarnya masih satu keluarga dengan jeruk, namun buah tersebut memiliki rasa sangat masam hingga banyak orang yang tidak suka. Meski, kedua buah ini cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang menimbulkan bekas luka.

3. Memanfaatkan Lidah Buaya
Selain berkhasiat bagi keindahan rambut, tanaman lidah buaya juga bisa kamu jadikan sebagai penghilang bekas luka secara alami.

4. Dengan Minyak Zaitun
Bila dirumah sedang tidak ada madu, kamu bisa mencoba pakai olive oil atau minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai banyak sekali manfaat bagi kulit, antara lain dapat menghilangkan bekas luka menahun. Bahkan jika digunakan rutin olive oil berkhasiat untuk menjaga kulit tetap awet muda.

5. Dengan Daun Mint
Daun mint ialah salah satu tanaman herbal yang sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam produk contohnya pasta gigi, dan obat kumur. Setelah penelitian lebih mendalam, ditemukan fakta bahwa daun mint mempunyai kandungan mineral alami yang efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru.

6. Dengan Teh Hijau
Teh hijau sangat terkenal dengan kandungan antioksidan tingginya. Beberapa penelitian membuktikan adanya kandungan antioksidan sampai 200x lipat lebih baik dari vitamin E dalam mencegah peradangan, melenyapkan bekas luka, dan sebagai perawatan kulit.

7. Memanfaatkan Minyak Biji Bunga Mawar
Minyak biji bunga mawar diambil dari biji pangkal bunga mawar yang diperkaya dengan kandungan senyawa berkhasiat, salah satunya adalah bisa mengatasi bekas luka menahun. Kamu bisa membeli minyak ini di supermarket terdekat atau apotik.

8. Memanfaatkan Mentimun
Ini dia bahan yang cocok untuk menangani bekas luka di wajah. Buatlah sendiri masker mentimun yang bermanfaat adalah memudarkan bekas luka. Dan bila dipakai secara rutin, mentimun cukup berkhasiat dalam mengontrol minyak berlebih di wajah.

baca juga : cara menghilangkan flek hitam

Demikian itu beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami. Sebelum mencoba medis sebaiknya gunakan dulu cara alami minimal satu atau dua bulan secara rutin. Jikalau tak ada perkembangan yang signifikan, kamu bisa mencoba salah satu cara medis.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com