SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ayok Muslim Belajar Memanah


Creatix Art
Creatix Art
3 years ago

memanah

Semua dari kita pastinya memiliki kesukaan & hobi yang berbeda-beda, tergantung apa hal yang ia sukai berdasarkan sudut pandang olahraganya.

Selain itu, tidak sedikit juga kok olahraga yang dapat dijalani, salah satunya merupakan olahraga memanah.

Awal mulanya, olahraga panahan berasal dari kelaziman orang-orang zaman dahulu yang mempunyai kelaziman untuk memburu binatang sebagai makanan.

Tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, kebiasaan ini sudah berubah jadi salah satu bidang olahraga yang cukup banyak diminati sampai saat ini.

Walaupun demikian, akan tetapi tak setiap orang dapat melakukannya, karena di dalamnya terdapat beberapa trik mendasar yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Sebab olahraga memanah tak hanya suatu olahraga yang tujuannya hanya untuk bisa mengenai sasarannya saja.

Pasalnya, semua dari kita yang belum pernah mencobanya, tentunya tidak akan bisa menembakkan anak panah yang bisa benar-benar tepat sasaran.

Nah, supaya Anda bisa menembaknya dengan akurat, Anda harus mempelajari teknik utamanya terlebih dulu.

Tidak hanya itu saja, teknik belajar panahan juga tidak hanya dijalani dalam satu hari saja, karena untuk bisa menguasainya diperlukan waktu yang tidak sebentar.

Oleh sebab itu, luangkan waktu luang khusus untuk hari- hari mendalami olahraga memanah, selain itu, untuk mempelajari teknik-teknik utama panahan agar tepat sasaran.

Prosedur selanjutnya yang harus dilakukan ialah memilah peralatan panahan yang cocok untuk mengoptimalkan kemampuan dan teknik dasar dalam memanah.

Dengan mempunyai alat panah sendiri, otomatis Anda bisa lebih mudah untuk mempelajari olahraga memanah, kapan pun dan dimana pun, tanpa harus bingung-bingung untuk mencari pinjaman perlengkapannya terlebih dulu.

Pilihlah perlengkapan panahan yang cocok dengan keperluan Anda.

Sebenarnya banyak jenis panahan yang cukup murah dari sisi harganya, tetapi untuk kulitasnya kami kurang menyarakan.

Untuk Anda yang baru memulai, ada baiknya memilih peralatan panahan sederhana yang kurang lebih harganya 1,9 juta, -.

Teknik panahan dengan posisi yang rendah merupakan salah satu tehnik yang bisa dikuasai untuk pertama-tama, agar latihan memanah dapat lebih maksimal.

Lakukan langkah-langkah ini menggunakan cara yang tepat dan benar, serta memastikan untuk tetap diawasi oleh pengarah maupun seorang instruktur yang sudah berpengalaman.

Nah untuk posturnya, tempatkan posisi kaki secara wajar, dan selalu berdiri secara tegak.

Kemudian, posisikan secara benar anak panahnya pada nocking point yang terdapat pada tali busurnya, setelah itu posisikan pegangan atau shaft pada tumpuan panah.

Prosedur selanjutnya, tempatkan 1/2 badan serileks nya, supaya proses efektifitas tubuh lebih maksimal.
Selagi posisi tersebut, sang pemanah harus mengusahakan posisinya tetap seimbang.

Agar lebih akurat, Anda bisa mempraktekkan beberapa teknik para pemanah yang professional, yakni dengan memposisikan tali panah di bagian hidung, dagu, dan bibir, fungsinya agar dapat membidik dan akurasi yang lebih akurat.

Kemudian, lakukan teknik anchoring, atau ancang-ancang.

Teknik ini merupakan gerakan meletakkan tangan penarik busur panah pada bagian dagu, dan usahakan mata selalu dikontrol agar konsentrasi lebih terjaga.

Selanjutnya menahan sejenak posisi memanah selama beberapa saat sebelum anak panah dilepaskan.

Mulailah membidik menggunakan gerakan menjuruskan panah di dalam titik sasaran, dan sang pemanah harus memposisikan tubuhnya dengan santai.

Setelah itu, tarik anak panah dengan cara menariknya hingga ke belakang, menyusur dagu dan leher si pemanah.

Apabila sudah melepaskan anak panah, pastikan badan tetap rileks, tegak dan posisi kaki selalu terposisikan tepat pada arah tumpuan, supaya tidak goyah ketika melepaskannya.

Lakukan tehnik follow through dengan posisi tubuh menyesuaikan badan setelah melepaskan anak panah, dan coba usahakan supaya badan selalu dalam posisi yang rileks.

Lakukan dengan cara yang sesuai dan benar, serta melalui langkah-langkah yang sudah diberikan.

Sebab seluruh teheniknya membutuhkan ketepatan pada penerapannya, agar pemanah dapat lebih berkembang pada proses latihannya.

Untuk tambahan, semua pemanah yang baru mencoba bermain permainan yang satu ini, sangat kita sarankan untuk dibimbing oleh seorang pelatih, ataupun seorang konsultan pemanah dengan pengalaman yang sudah tinggi , tidak lain tujuannya supaya terhindar dari masalah ataupun hal-hal yang tak diinginkan.

Kira-kira seperti itu kurang lebih gambaran sederhananya, bagaimana cara-cara dalam olahraga panahan.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com