SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

10 Daftar Motif Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia


Chairil
Chairil
2 years ago

Batik sebagai salah satunya hasil dari kebudayaan asli Indonesia. Batik juga udah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia.


Beraneka ragam motif batik indonesia jadi ciri khas yg sanggup mempersatukan rakyat indonesia. Bahkan juga di acara kenegaraan, pemimpin pemimpin kita seringkali memakai batik sebagai busana resmi mereka.


Di acara pernikahan masyarakat indonesia kita dapat mendapatkan nyaris segala yg datang dapat pakai batik. Dikampus universitas indonesia juga ramai sekali pemanfaatan batik yg rata-rata diselenggarakan teristimewa buat hari jumat.


Batik di ciptakan memakai kain putih memiliki bahan kain mori. Sejalan perubahan era, seni lukis batik juga dapat memakai di kain kain lain seperi sutera, rayon, poliester serta bahan bahan lainya. Motif batik di buat dari cairan lain dengan memakai alat bernama canting.


Lilin yg dituiskan motif spesifik dapat menyerap ke dalam serat sgerat kain, jadi dapat tahan lama. Sesudah tuntas ditulis, batik dapat di rendam ke cairan buat sistem pewarnaan. Indonesia punya beraneka ragam motif batik yg berlainan disetiap daerahnya, bahkan juga ada banyak daerah yg punya kira-kira lebih satu motif batik. Buat selengkapnya tersebut disini ragam jenis motif batik di Indonesia.


Batik Jepara
Batik jepara lama punya pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora serta fauna daun ulir hijau serta yang lain.


Batik Kudus
Batik kudus sebetulnya sebagai gabungan dari lebih dari satu motif batik dari Pekalongan, Jogja, serta Solo. Dulu banyak pedagang yg membawa batik batik dari kota itu buat diperdagangkan di kota Kudus.
Batik Kediri
Batik kediri khas dengan lebih dari satu bulatan bulatan kecil yg membuat satu pola, batik ini nampak benar-benar menawan waktu digunakan dalam acara acara resmi atau non resmi.
Batik Tulungagung


Batik tulungagung benar-benar khas dengan warna hitam serta cokelat. Motf batik ini berwujud buket ceprik gringsing serta buket ceprik pacit ungker.


Batik Banten
Batik ini mulai dekenal penduduk pada th. 2002. Batik banten khas dengan motif dataluya, mandalikan, pasulaman serta terdapat banyak lagi


Batik Jombang
Batik Jombangan di kenal pada th. 1993. Batik Jombang mendapat inspirasi dari batik solo yg sangatlah kaya dengan beraneka motif batik. Batik jombang mengadaptasi pola pola candi Arimbi yg memanglah ada di Jombang.
Batik Cirebon
Ciri khas Batik Cirebon merupakan yaitu motif batik Mega Mendung. Pola motif batik ini berwujud seperti awan. Tapi Cirebon punya batik tenar lain seperti batik kompeni transportasi, batik kupu kupu serta batik ikan laut.


Batik Sido Luhur
Motif batik ini sebagai motif batik asli keratorn solo. Motif batik ini punya kandungan arti keluhuran yg artinya harapan supaya dapat menjangkau kedudukan yg tinggi serta jadi contoh penduduk.


Batik Sidomukti
Motif batik ini rata-rata difungsikan dalam upacara tradisi pernikahan. Pola basic motif batik ini merupakan gurda yg punya filosofi harapan buat beroleh kebahagiaan lahir serta batin.
Batik Kawung


Motif batik ini berwujud bulatan seperti buah kawung, yakni semacam buah kelapa. Kadang kala batik ini dapat berwujud motif bunga Teratai dengan 4 lembar daun bunga yg merekah.


Batik Sekar Jagad
Batik ini sebagai salah satunya batik paling disukai banyak orang di Indonesia. Arti motif batik ini merupakan kecantikan serta keindahan. Kata Jagad berartii dunia melukiskan keragaman di semua dunia.


Batik Tambal
Motif batik ini serupa sekali dengan tambalan kain maun nampak lebih menawan. Batik ini memanglah memilik arti mengobati atau melakukan perbaikan suatu hal.


Batik Cuwiri
Batik cuwiri rata-rata difungsikan buat kemben dalam acara tradisi mitoni. Batik ini khas dengan motif meru serta gurda.


Batik Saudagaraan
Batik saudagaran datang dari motif keraton yg oleh seniman dimodifikasi supaya penduduk umum sanggup memakainya. Warna batik ini kebanyakan biru tua.

 

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com