SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Inilah Jenis-jenis Kelinci yang Sangat Menggemaskan


Muda Berkarya
Muda Berkarya
3 years ago

Kelinci adalah hewan mamalia yang berkaki 4 yang memiliki bulu dan sifat yang sangat menggemaskan. Kelinci ini mempunyai banyak jenis. Sebagian kelinci pada sekarang ini digunakan untuk hewan peliharaan serta hewan ternak. Pada umumnya, kelinci yang digunakan untuk diolah dagingnya adalah kelinci yang memiliki postur badan yang besar. Sedangkan, kelinci yang dipakai untuk hewan peliharaan adalah kelinci hias yang lucu. yang membedakan mungkin dari perawatan dan kandang kelinci yang digunakan.
Jenis kelinci, baik dipakai untuk diolah dagingnya atau untuk hewan peliharaan, memiliki harga yang bervariasi. Untuk mengetahui jenis serta harga kelinci. Berikut beberapa jenis kelinci dengan harga kelinci di Indonesia.
Kelinci Anggora
Kelinci Anggora adalah satu diantara type kelinci yang datang dari Ankara, Turki. Kelinci ini bisa populer di semua dunia karena layanan dari pelaut Inggris. Pelaut Inggris temukan serta membawa kelinci ini ke Inggis serta setelah itu kelinci ini dapat dikenalkan di Prancis pada th. 1723. Kelinci anggora juga dikenalkan di Jerman sampai th. 1920, kelinci anggora mulai di kenal dengan cara luas didunia, terutama Benua Eropa. (Baca Juga : Langkah Gampang Ternak Kelinci)
Kelinci anggora mempunyai sangat banyak faedah, terutama bagain bulunya. Di negara Eropa, seperti Prancis, bulu kelinci ini dimanfaatkan untuk diolah jadi kain wool. Hal semacam ini begitu tidak sama dengan di Indonesia. Di Indonesia, kelinci anggora dipelihara cuma hanya untuk hewan peliharaan saja.
Kelinci ini mempunyai sangat banyak macamnya, diantaranya : German anggora, Satin anggora, French anggora, Chinese anggora, dsb. Untuk ciri-cirinya, kelinci ini mempunyai bulu tidak tipis serta lembut, ujung telinga serta kaki depannya ditumbuhi bulu halus, serta warna bulunya begitu beragam. Ada yang berwarna putih, coklat, abu-abu, hitam, dsb. Harga kelinci Anggora ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-250. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 250. 000-3. 000. 000 rupiah.
Kelinci Lop
Kelinci Lop adalah type kelinci yang mempunyai kekhasan di bagian telinganya. Telinga kelinci biasanya tegak, sedang telinga kelinci lop menggantung dari pangkal kepala sampai pipi. Hal semacam ini begitu serupa sekali dengan telinga anjing. Telinga kelinci bakal tampak menggantung ketika kelinci berusia sekitaran 2-4 bln.. Tetapi, keadaan itu juga bergantung varietas kelinci tersebut. Lantaran kelinci lop mempunyai varietas yang begitu banyak. Varietas kelinci itu diantaranya yaitu english lop, dwarf lop, anggora lop, holland lop, french lop, dsb. Di antara varietas kelinci itu, english lop adalah verietas kelinci lop yang paling populer. Harga kelinci Lop ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-300. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 300. 000-4. 000. 000 rupiah.
Kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant adalah type kelinci yang memiliki badan yang begitu besar. Kelinci yang dikatakan sebagai kelinci raksasa ini mempunyai bobot sampai 13kg. Bahkan juga, bila kelinci ini di beri makanan spesial, berat kelinci dapat meraih 22, 23kg. Kelinci dengan berat 22, 23kg pernah ada serta masuk dalam Guinness World Records.
Kelinci Flemish Giant awalannya adalah kelinci liar dari Argentina. Pada era 18, beberapa pedagang Belanda membawa kelinci ini ke Eropa untuk dibudidayakan. Maksud dari budidaya kelinci Flemish Giant yaitu untuk penuhi keinginan daging kelinci. Lantaran keinginan pada daging kelinci alami penambahan yang begitu besar, jadi negara didunia berlomba untuk membudidayakan kelinci type ini. Tetapi, di Indonesia, kelinci ini lebih cendrung jadikan hewan peliharaan saja. Lantaran keinginan daging kelinci di Indonesia masihlah begitu rendah. Orang-orang Indonesia ada banyak yg tidak tega untuk mengonsumsi daging kelinci.
Kelinci Flemish Giant ini mempunyai tubuh yang panjangnya dapat meraih 51cm, bertulang tidak tipis, telinga panjang serta tegak, kepala besar, serta mempunyai kaki yang panjang, besar, serta kuat. Diluar itu, kelinci Flemish Giant mempunyai warna bulu hitam, biru, abu-abu, putih, dsb. Harga kelinci Flemish Giant ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-250. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 250. 000-3. 000. 000 rupiah.
Kelinci Netherland Dwarf
Kelinci Netherland Dwarf adalah type kelinci yang pertama kalinya diketemukan pada th. 1940. Kelinci ini setelah itu diperkembang oleh J. Meijerig serta C. W. Calcar serta disebarkan ke beragam negara, termasuk juga Indonesia. Kelinci ini termasuk juga dalam kelinci memiliki ukuran mini. Berat tubuh untuk kelinci dewasa dibawah 1 kg.
Kelinci ini mempunyai badan yang kerdil, kepalanya bulat, lehernya begitu pendek serta nyaris tak tampak, serta telinganya kecil. Diluar itu, kelinci ini mempunyai macam warna yang begitu banyak. Lantaran kelinci ini banyak dikawin silangkan dengan type kelinci yang lain. Tetapi, warna yang banyak disukai oleh beberapa penggemar hewan peliharaan yaitu warna putih dengan mata berwarna merah. Harga kelinci ini ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-200. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 200. 000-1000. 000 rupiah.
Kelinci New Zealand
Kelinci New Zealand pertama populer di negara New Zealand. Hingga, kelinci ini diberi nama kelinci New Zealand. Lalu, kelinci ini menebar ke Amerika Serikat serta Australia dan keberbagai negara, termasuk juga Indonesia.
Kelinci New Zealand termasuk juga kelinci yang mempunyai tubuh besar. Berat tubuh kelinci dewasa kian lebih 5 kg serta tiap-tiap melahirkan, kelinci ini dapat membuahkan 10-12 ekor anakan. Kelinci ini mempunyai macam warna yang cukup banyak. Macam warna itu dipakai sebagai namanya. Contoh kelinci berwarna putih diberi nama kelinci New Zealand White, dan sebagainya. Harga kelinci ini ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-150. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 150. 000-500. 000 rupiah.
Kelinci Polish
Kelinci Polish adalah type kelinci yang mempunyai ukuran tubuh kecil. Kelinci ini mempunyai bulu yang halus, telinga tegak, dannya berwarna merah delima, hitam, atau biru. Kelinci ini sesungguhnya mempunyai keliripan dengan kelinci Netherland Dwarf. Yang membedakan dari kelinci Polish dengan kelinci Netherland Dwarf yaitu ukuran badannya. Harga kelinci ini ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-150. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 150. 000-700. 000 rupiah.
Kelinci Satin
Kelinci Satin adalah hasil mutasi dari kelinci Havana coklat. Kelinci ini mempunyai 11 varietas warna, diantaranya : California, tembaga, coklat, biru, merah, dsb. Untuk mempunyai kelinci yang berbulu sehat serta badan ideal, jadi kita butuh memberi pakan dengan kandungan protein yang tinggi serta biji bunga matahari. Harga kelinci ini ketika usia 1-3 bln. sekitaran 50. 000-200. 000 rupiah. Sedang, di atas 3 bln. harga nya sekitaran 150. 000-1000. 000 rupiah.

jonsemar
jonsemar
3 years ago

Saya dulu pelihara kelinci Satin :D Peliharanya gampang, pakannya juga gampang ahahaha Sudah mati akibat usi :( Sedih rasanya.

MASEMA - Supplier Peralatan Restoran untuk HORECA

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com