SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu dan Bayi


gurulaghima
gurulaghima
3 years ago

Manfaat memberikan ASI ekslusif kepada si kecil yaitu untuk mengurangi jenis penyakit ketika tumbuh dewasa. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa anak yang disusui pada saat bayi dengan ASI ekslusif maka akan mengurangi berbagai jenis penyakit seperti obesitas, hipertensi dan juga diabetes melitus tipe 2.

Menurut penelitian lainnya yang menghubungkan pemberian ASI ekslusif dengan kemampuan test intelegensia yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang mendapatkan susu formula.

Begitu pentingnya untuk ibu memberikan dukungan anak anda untuk mendapatkan ASI ekslusif.

Selain itu manfaat dari ASI ekslusif lainnya yaitu sebagai berikut:
ASI memberikan khasiat pada bayi karena mudah dicerna bila ketika pencernaannya belum begitu sempurna (dibawah usia 6 bulan).

ASI bisa menyempurnakan tumbuh kembang bayi anda. Bahkan ASI bisa membuat si kecil sehat dan juga cerdas.

ASI dapat menjadi antibodi alami badan bayi terutama yang berkaitan dengan penyakit infeksi.

ASI akan selalu ada pada suhu yang tepat jadi tidak perlu cemas akan membuat bayi terlalu panas atau dingin.

Bahkan komposisi dan volume ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Bunda tidak perlu cemas akan berkurang sampai 6 bulan.

Pada sistem pencernaan si kecil sampai dengan 6 bulan. ASI merupakan makanan dan minuman yang pas unuk si kecil tanpa harus diberi makanan atau cairan tambahan.

Frekuensi bayi menyusu akan terganggu jika diberikan minuman ataupun makanan selain ASI. Jadi usahakan tetap memberikan ASI.

Memberikan ASi ekslusif pada bunda juga memberikan khasiat. Pasca persalinan bunda mengalami pendarahan akan dibantu dengan memberikan ASI ekslusif selain itu akan mempercepat pengecilan rahim semula. Keadaan ini disebabkan karena pada saat melahirkan dan segera disusukan akan membantu dalam merangsang hisapan bayi dan diteruskan ke hipofisis pars posterior yang akan mengeluarkan hormon progesterone.

Khasiat ASI eksklusif akan membantu dalam mengembalikan tubuh bunda pasca hamil. Dengan aktivitas menyusui maka timbunan lemak pada tubuh ibu akan dipergunakan untuk memproduksi ASI sehingga berat badan ibu akan kembali stabil.

Selanjutnya yaitu ikatan batin antara ibu dan anak akan lebih terjaga karena bunda bisa dengan mudah mengekspresikan sayang kepada anaknya. Dengan demikian ikatan batin semakin kuat. Begitupula dengan pemulihan kesehatan ibu yang semakin cepat ketika ibu memberikan ASI ekslusif pada si kecil.

Manfaat untuk ibu ketika memberikan ASI eksklusif adalah dapat mengurangi risiko kanker payudara dan juga kanker ovarium. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengamati korelasi antara infertilitas dan tidak menyusui akan meningkatkan peluang kanker baik kanker payudara maupun kanker ovarium.

Dengan demikian penting bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif, yaitu memberikan ASI tanpa makanan dan cairan apapun selama minimal 4 bulan maksimal selama 6 bulan. Tidak perlu khawatir karena volume ASI akan menyesuaikan dengan keperluan bayi anda. Yuk, mulai memberikan ASI ekslusif untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Untuk mengatasi keluarnya ASI yang sedikit, bunda bisa mengonsumsi ASI Booster Tea. ASI Booster Tea Madium ini sudah terbukti bisa menambah produksi ASI hingga 900% dalam waktu cepat.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com