SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Gua Terkenal dan Populer Di Jawa Barat


ASI Booster
ASI Booster
3 years ago

Jawa Barat mempunyai banyak gua terpopuler yang punya potensi dan daya tarik wisata yang lumayan tinggi bagi pengunjung dalam dan luar negeri. Menurut data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, gua-gua itu antara lain Gua Sunyaragi dan Gua Kelelawar. Setiap gua itu mempunyai history dan temuan arkeologi yang memperkuat adanya gua di masa lampau. Di bawah ini gua terkenal sebagai salah satu objek wisata di Jawa Barat.

Artikel yang bersangkutan: tempat wisata di jawa barat atau objek wisata di jawa barat.

Gua Sunyaragi di Cirebon

Gua ini adalah situs unik di pinggiran Kota Cirebon. Gua Sunyaragi menempati lahan seluas 15.000 meter persegi dan dikelola oleh Keraton Kasepuhan secara turun temurun. Bentuknya yang unik dengan rongga-rongga dan lorong-lorong yang penuh liku dan gelap menyerupai gua, sehingga membuatnya dikenal dengan Gua Sunyaragi. Situs ini awalnya merupakan Taman Kelangenan (Taman Kenikmatan) atau Taman Sari, yang fungsi utamanya untuk menyepi, maka dikenal pula sebutan Taman Kelangenan Sunyaragi. "Sunya" berarti "sunyi" atau "sepi" dan "ragi" berarti "raga".

Gua Jepang di Dago Pakar, Bandung

Ketika Jepang menjajah Indonesia, tentara Jepang mengambil alih Gua Belanda dan membuat gua lainnya sebagai basis pertahanan mereka yang tidak jauh dari Gua Belanda.

Gua Lalay di Kabupaten Sukabumi

Gua Kelelawar berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, dan merupakan tempat tinggalnya jutaan kelelawar yang memberikan pemandangan tersendiri pada saat hewan malam itu terbang mengudara.

Gua Lanang di Pananjung, Pangandaran

Gua ini terletak di kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Menurut sejarah, dulu gua ini merupakan Keraton Kerajaan Pananjung yang dipimpin Prabu Anggalarang dan istrinya Dewi Siti Samboja atau Dewi Rengganis serta Patih Aria Kidang Pananjung. Prabu Anggalarang merupakan seorang laki-laki yang tampan dan sakti, sehingga disebut Sang Lanang.

Gua Pawon di Kabupaten Bandung Barat

Gua ini berada pada ketinggian 601 meter di atas permukaan laut dan berada di bukit daerah penambangan batu kapur. Pada masa lalu gua ini merupakan tepian danau purba. Berdasarkan hasil survei AC de Young dan GHR von Koenigswald pada 1930-1935 ditemukan alat-alat budaya pada masa lalu.

Gua Siluman atau Buni Ayu di Sukabumi

Gua alam di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Pemandangannya yang indah di dalamnya menjadikan gua ini terkenal. Ada beberapa kegiatan caving di sini dengan beberapa tingkat kesulitan.

Gua Malawang di Tasikmalaya

Gua di Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan komplek gua yang berada di tengah perkebunan. Masyarakat sekitar memberinya bermacam nama, contohnya Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Nama gorin diberikan berdasarkan temuan gorin oleh Taryana, Kepala Sekolah SKB Tasikmalaya, pada 1993 di salah satu gua. Pada penelitian berikutnya, Balai Arkeologi Bandung menemukan antara lain gerabah, keramik, alat batu seperti perkutor dan kapak batu, serta tulang-tulang binatang.

Gua Tambang Emas Pongkor di Kabupaten Bogor

Gua ini bekas terowongan penambangan emas milik Unit Bisnis Penambangan Emas Pongkor PT Aneka Tambang Tbk. Antam kali pertama mengeksploitasinya pada 1974. Di tempat ini pengunjung dapat menemukan proses penambangan emas yang harus melalui serangkaian proses pengeboran, peledakan, pengerukan, pengangkutan, dan penimbunan kembali. Terowongan ini berdiameter 3,3 meter dan setinggi 3 meter. Apabila terus diikuti, terowongan ini akan tembus ke Gunung Pongkor, yang jauhnya sekitar 4 kilometer.

jonsemar
jonsemar
3 years ago

Itu gua siluman kok agak-agak gimana ya haha kok bisa dinamakan gua siluman TS? Mungkin bisa share ke kita ceritanya ahahaha :D

MASEMA - Supplier Peralatan Restoran untuk HORECA

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com