Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

waktu yg terbaik tuk sholat tahajud

Sabtu, 16 Juni 2012 , 22:44:18
Penanya : Akhwat
Daerah Asal : Jakarta

Follow:

Assalamu'alaikum ustad?

Saya mau tanya, jam berapakah sholat tahajud yg baik. Saya alhamdulilah melakukannya jam 04 sampai menjelang waktu subuh. Apakah msh bisa saya melakukannya di jam tsb. Saya melakukan jam 04, agar tidak kesiangan sholat subuhnya. Demikian pertanyaan saya. Terima kasih.

Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Syaikh Ibnu Baz berkata (terjemahnya):
barang siapa tidak mampu bangun pada bagian malam yang akhir maka hendaknya dia memajukan waktu shalat malamnya.
Akan tetapi jika dia mampu untuk bangun pada akhir malam maka hnedaknya dia mengakhirkan tahajjudnya sampai akhir malam karena waktu inilah yang paling utama (untuk shalat malam.pent), karena Allah ta’ala turun ke langit dunia kala itu, ini berdasarkan hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ الأَخِيْرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ, مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ, مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ.أخرجه البخاري رقم 1145 ومسلم رقم 758
Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan, dan siapa yang yang memohon ampun kepadaKu, maka akan Aku ampuni”.

Fatawa Nur Ala Ad-Darb 10/164

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 866 orang

Sharing: