Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

Tempelan Kulkas Berbentuk Binatang dan Guci yang Terdapat Gambar Makhluq Hidup?

Selasa, 16 April 2013 , 08:09:49
Penanya : Akhwat
Daerah Asal : Jakarta

Follow:

Assalamualaikum ustadz,

Sepulang dari umrah teman ana membawakan tempelan kulkas berbentuk binatang onta, bolehkah ana memajangnya ? matanya terbuat dari manik2 hijau. dan ana juga memiliki guci dengan gambar orang lalu gambar kepala orang tersebut ana hilangkan dengan cat karena ana ingin memanfaatkan guci tersebut . Apakah ini boleh?

syukron atas jawabannya

Jawab :


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Apabila tempelan itu jelas menggambarkan unta maka itu seharusnya tidak Anda tempelkan di kulkas, kecuali jika Anda sudah memodif kepalanya hingga tidak nampak lagi tanda bahwa tempelan itu adalah makhluq yang bernyawa. Dalam salah satu riwayat disebutkan:


اسْتَأْذَنَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلام عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : « ادْخُلْ » . فَقَالَ : « كَيْفَ أَدْخُلُ وَفِي بَيْتِكَ سِتْرٌ فِيهِ تَصَاوِيرُ فَإِمَّا أَنْ تُقْطَعَ رُؤوسُهَا أَوْ تُجْعَلَ بِسَاطًا يُوطَأُ فَإِنَّا مَعْشَرَ الْمَلائِكَةِ لا نَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ تَصَاوِيرُ. رواه النسائي رقم 5365 صححه الألباني


“Jibril ‘alaihis salam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab, “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.” HR. An-Nasai no.5365. Dishahihkan oleh Al-Albani.

Adapun, apa yang Anda perbuat terhadap guci tersebut (menutupi kepalanya dengan cat) adalah tindakan tepat, sebab itu sesuai dengan petunjuk dalam hadits di atas, dan dengan begitu ia tidak menyerupai makhluq yang bernyawa lagi. Selanjutnya Anda boleh memanfaatkannya sesuai keperluan.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 539 orang

Sharing: