TANYA USTADZ

Sholat Setelah Melahirkan Bagi Wanita

Rabu, 01 Mey 2013 , 23:20:02
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : uni emirat arab

Assalamua'laikum ustadz ana mau nanya kapan waktunya untuk sholat bagi wanita yang baru melahirkan? berapa hari lamanya untuk tidak sholat?

Jawab :


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Wanita yang baru melahirkan biasanya akan mengeluarkan darah nifas. Selama darah nifas masih keluar maka wanita itu tidak boleh melaksanakan shalat.

Maksimal jumlah hari keluarnya nifas menurut pendapat yang kuat adalah 40 hari, dengan dalil riwayat berikut:


عَنْ كَثِيرِ بْنِ زِيَادٍ، قَالَ: حَدَّثَتْنِي الْأَزْدِيَّةُ يَعْنِي مُسَّةَ قَالَتْ: حَجَجْتُ فَدَخَلْتُ عَلَى أُمِّ سَلَمَةَ فَقُلْتُ: يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، إِنَّ سَمُرَةَ بْنَ جُنْدُبٍ يَأْمُرُ النِّسَاءَ يَقْضِينَ صَلَاةَ الْمَحِيضِ فَقَالَتْ: «لَا يَقْضِينَ كَانَتِ الْمَرْأَةُ مِنْ نِسَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَقْعُدُ فِي النِّفَاسِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً لَا يَأْمُرُهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَضَاءِ صَلَاةِ النِّفَاسِ»


Dari Katsir bin Ziyad dia berkata; Telah menceritakan kepadaku Al-Azdiyyah, yakni Mussah dia berkata; Saya pernah menunaikan ibadah haji, lalu saya menemui Ummu Salamah seraya berkata; Wahai Ummul Mukminin, sesungguhnya Samurah bin Jundub memerintahkan kaum wanita untuk mengqadla` shalat (yang ditingggalkan) di masa haidl. Maka Ummu Salamah berkata; Mereka tidak usah mengqadla`nya, dahulu seorang istri dari istri-istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak shalat pada masa nifas, selama empat puluh malam, dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak memerintahkannya untuk mengqadla` shalat wanita yang nifas. HR. Abu Daud no.312. Dihasankan oleh Al-Albani

Pendapat ini dikuatkan oleh mayoritas ulama', pendapat ini juga diriwayatkan dari Umar bin Al-Khattab. Abdullah ibn Al-Abbas, Utsman bin Abi Al-Ash, Anas bin Malik, Ummu Salamah Radhiyallahu anhum. lih. Al-Istidzkar, Ibnu Abdi Al-Bar 1/354

Adapun waktu minimal keluarnya darah nifas adalah tidak ada batasannya menurut pendapat yang kuat, sehingga kapan darah nifas berhenti maka wanita itu wajib mandi dan melaksanakan shalat sebagaimana biasa.
Pendapat ini diisyaratkan oleh Ibnu Abd Al-Bar sebagai pendapat imam Malik, imam Syafi'i, imam Al-Auza'i dll. lih. Al-Istidzkar 1/354.


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Mukhsin Suaidi
Sudah dibaca oleh 849 orang