TANYA USTADZ

Shalat Jama\'ah Memakai Kendaraan

Ahad, 02 Juni 2013 , 10:46:45
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : Bekasi

Ustadz, bagaimana hukumnya seseorang yg pergi sholat berjama'ah memakai kendaraan? Apakah tetap dihitung pahala perjalanan ke Masjid nya? Atau hanya org yg berjalan kaki saja yg dihitung pahalanya..

Jawab :

Mengendarai kendaraan ke masjid dalam rangka melaksanakan shalat jama'ah adalah baik, dan insyaallah biaya yang kita keluarkan untuk bahan bakar dan pendukung lainnya tidak akan hilang sia-sia tanpa pahala, akan tetapi, berjalan ke masjid lebih utama dan afdhal jika itu bisa dilakukan. Dalam salah satu riwayat disebutkan:


عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: كَانَ رَجُلٌ لَا أَعْلَمُ رَجُلًا أَبْعَدَ مِنَ الْمَسْجِدِ مِنْهُ، وَكَانَ لَا تُخْطِئُهُ صَلَاةٌ، قَالَ: فَقِيلَ لَهُ: أَوْ قُلْتُ لَهُ: لَوْ اشْتَرَيْتَ حِمَارًا تَرْكَبُهُ فِي الظَّلْمَاءِ، وَفِي الرَّمْضَاءِ، قَالَ: مَا يَسُرُّنِي أَنَّ مَنْزِلِي إِلَى جَنْبِ الْمَسْجِدِ، إِنِّي أُرِيدُ أَنْ يُكْتَبَ لِي مَمْشَايَ إِلَى الْمَسْجِدِ، وَرُجُوعِي إِذَا رَجَعْتُ إِلَى أَهْلِي، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «قَدْ جَمَعَ اللهُ لَكَ ذَلِكَ كُلَّهُ»


Ubay bin Ka'b katanya; seseorang yang setahuku tak ada lagi yang lebih jauh (rumahnya) dari masjid, dan ia tak pernah ketinggalan dari shalat. Ubay berkata; maka ia diberi saran atau kusarankan; "Bagaimana sekiranya jika kamu membeli keledai untuk kamu kendarai saat gelap atau saat panas terik? Laki-laki itu menjawab; "Aku tidak ingin rumahku disamping masjid, sebab aku ingin jalanku ke masjid dan kepulanganku ke rumah semua dicatat." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah Allah himpun untukmu semuanya tadi."HR. Muslim no.663

Komite Tetap Fatwa dan Riset Ilmiah Arab Saudi pernah ditanya:
Pertanyaan:
Apa hukum orang yang pergi ke masjid mengendarai mobil untuk melaksanakan shalat, baik itu masjidnya jauh atau dekat?

Jawaban:
Itu tidak apa-apa. (akan tetapi.pen) Berjalan lebih utama jika itu mudah baginya. Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 6/334 no.8734


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 513 orang