SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Shalat Jama\'ah Memakai Kendaraan




Ikhwan (Bekasi)
3 years ago

Ustadz, bagaimana hukumnya seseorang yg pergi sholat berjama'ah memakai kendaraan? Apakah tetap dihitung pahala perjalanan ke Masjid nya? Atau hanya org yg berjalan kaki saja yg dihitung pahalanya..
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

Mengendarai kendaraan ke masjid dalam rangka melaksanakan shalat jama'ah adalah baik, dan insyaallah biaya yang kita keluarkan untuk bahan bakar dan pendukung lainnya tidak akan hilang sia-sia tanpa pahala, akan tetapi, berjalan ke masjid lebih utama dan afdhal jika itu bisa dilakukan. Dalam salah satu riwayat disebutkan:


عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: كَانَ رَجُلٌ لَا أَعْلَمُ رَجُلًا أَبْعَدَ مِنَ الْمَسْجِدِ مِنْهُ، وَكَانَ لَا تُخْطِئُهُ صَلَاةٌ، قَالَ: فَقِيلَ لَهُ: أَوْ قُلْتُ لَهُ: لَوْ اشْتَرَيْتَ حِمَارًا تَرْكَبُهُ فِي الظَّلْمَاءِ، وَفِي الرَّمْضَاءِ، قَالَ: مَا يَسُرُّنِي أَنَّ مَنْزِلِي إِلَى جَنْبِ الْمَسْجِدِ، إِنِّي أُرِيدُ أَنْ يُكْتَبَ لِي مَمْشَايَ إِلَى الْمَسْجِدِ، وَرُجُوعِي إِذَا رَجَعْتُ إِلَى أَهْلِي، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «قَدْ جَمَعَ اللهُ لَكَ ذَلِكَ كُلَّهُ»


Ubay bin Ka'b katanya; seseorang yang setahuku tak ada lagi yang lebih jauh (rumahnya) dari masjid, dan ia tak pernah ketinggalan dari shalat. Ubay berkata; maka ia diberi saran atau kusarankan; "Bagaimana sekiranya jika kamu membeli keledai untuk kamu kendarai saat gelap atau saat panas terik? Laki-laki itu menjawab; "Aku tidak ingin rumahku disamping masjid, sebab aku ingin jalanku ke masjid dan kepulanganku ke rumah semua dicatat." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah Allah himpun untukmu semuanya tadi."HR. Muslim no.663

Komite Tetap Fatwa dan Riset Ilmiah Arab Saudi pernah ditanya:
Pertanyaan:
Apa hukum orang yang pergi ke masjid mengendarai mobil untuk melaksanakan shalat, baik itu masjidnya jauh atau dekat?

Jawaban:
Itu tidak apa-apa. (akan tetapi.pen) Berjalan lebih utama jika itu mudah baginya. Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 6/334 no.8734


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2016 - Www.SalamDakwah.Com