SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Kredit Leasing? Apa Hukum Motor Yang Telah Terbeli Dengan Sistem Riba?


Ikhwan (jawa tengah)
9 years ago

saya punya motor yg berasal dari kredit leasing umum. apakah leasing umum termasuk riba?

apabila termasuk riba, bagaimana hukumnya motor saya itu padahl sekarang motor itu sudah lunas kreditnya, apa termasuk barang haram dan tidak noleh dimanfaatkan?
Redaksi salamdakwah.com
9 years ago

Apabila sistem leasing motor yang dipakai adalah pembeli motor (lesse) mengambil motor dari dealer, kemudian cicilannya ia bayar kepada pihak yang memberikan jasa pembiayaan (lessor), tanpa ada keterlibatan lessor ketika akad terjadi antara lesse dengan dealer maka ini tidaklah diperbolehkan karena hakikat dari akad yang terjadi tidaklah diperbolehkan. Baik itu Riba atau Penjualan barang yang belum dimilki.

Adapun motor yang telah terbeli dan lunas melalui metode leasing ribawi (dan saat itu Anda belum mengetahui hukumnya), maka itu tidaklah terpengaruh keharaman riba yang telah berlalu. Anda boleh memanfaatkannya. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala di surat Al-Baqarah ayat 279:


فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لا تَظْلِمُونَ وَلا تُظْلَمُونَ


Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), Maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak Menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.


وبالله التوفقيق

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com