TANYA USTADZ

Supaya Iman Bertambah

Ahad, 06 Oktober 2013 , 15:52:26
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : Banyumas, Jawa Tengah

Assalamu'alaikum warohmatullohi wa barokatuh !
saya mau tanya pak ustadz, bagaimana agar iman itu bertambah ?
Sekian pertanyaan saya. Wassalamu'alaikum warohmatullohi wa barokatuh

Jawab :


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Syaikh Utsaimin menerangkan:
Jadi iman bertambah dan berkurang, akan tetapi apa sebab bertambahnya iman. Iman bertambah disebabkan beberapa hal:
Sebab pertama:
Ma'rifatullah (Tahu tentang Allah ta'ala) dengan nama-nama dan sifat-Nya. Semakin seseorang bertambah pengetahuannya tentang Allah, nama-nama dan sifat-Nya maka tidak diragukan lagi keimanannya akan bertambah, oleh karena itu Anda mendapati Ulama' yang mengetahui nama-nama Allah dan sifat-Nya (yang tidak diketahui oleh selain mereka) akan lebih kuat imannya dibanding orang lain (yang tidak mengetahuinya.pent) dari sisi ini.

Sebab kedua:
Memperhatikan ayat-ayat Allah yang kauniyah dan syar'iyah. Semakin sering seseorang memperhatikan ayat-ayat kauniyah yang berupa makhluq-makhluq niscaya akan semakin bertambah imannya. Allah ta'ala berfirman di surat adz-Dzariyat ayat 20-21:

(وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ) (وَفِي أَنْفُسِكُمْ أَفَلا تُبْصِرُونَ)

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada diri kalian sendiri. Maka Apakah kalian tidak memperhatikan?

Dan ayat-ayat yang menunjukkan hal ini banyak, maksud saya ayat-ayat yang menunjukkan bahwa seseorang akan bertambah keimanannya dengan merenungi dan memperhatikan ciptaan ini.

Sebab ketiga:
Banyak melaksanakan ketaatan. Semakin banyak ketaatan yang dilakukan oleh seseorang maka semakin bertambah pula imannya, baik ketaatan ini berupa ucapan atau berupa perbuatan... Fatawa Arkan al-Islam 30

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Mukhsin Suaidi
Sudah dibaca oleh 465 orang