SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Perbedaan pendapat ulama dalam hukum foto


Ikhwan (Jakarta)
4 years ago

Assalamu'alaiku.

Afwan Ust Apa bedanya Hukum Foto dengan Hukum Lukis, apa benar ada beda pendapat Ulama Salaf hukum foto ?
Apakah tumbuhan juga termasuk makhluk hidup?

Syukran Ust.

Wassalam

Fredy Adriana
Redaksi salamdakwah.com
4 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ya, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama' dalam masalah itu. Berikut ini kami terjemahkan sebagian perkataan ulama' yang berbeda pendapat.


Pertama:
Syaikh Ibnu Baz berkata:
Menggambar (makhluq yang memiliki ruh.pent) tidak boleh, baik itu dengan tangan atau dengan selain tangan (seperti kamera.pent), menggambar (makhluq yang memiliki ruh.pent) seluruhnya adalah perbuatan mungkar..Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون

Manusia yang paling keras adzabnya pada hari kiamat adalah para pelukis.
Majmu' fatawa Ibnu Baz 28/337

Dalam fatwa ini syaikh Ibnu Baz menggolongkan pengambilan gambar makhluq yang memiliki ruh dengan selain tangan adalah termasuk menggambar yang diharamkan.

Kedua:
Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang hukum fotografi?
Foto-foto yang kita lihat. Alat yang mengeluarkan gambar dengan segera, dan tidak ada campur tangan manusia dalam foto itu (proses pencetakannya.pent), Kami berpendapat bahwa ini tidak termasuk menggambar (melukis makhluq hidup yang terlarang.pent), akan tetapi ini termasuk memindahkan gambar yang telah Allah bentuk dengan perantara alat ini, ini adalah pencetakan dan bukan perbuatan hamba (dari sisi pelukisan).

Pada kesempatan lain syaikh Utsaimin mengatakan: pendapat yang mengharamkan (mengambil gambar dengan kamera.pent) adalah pendapat yang hati-hati, sedangkan pendapat yang membolehkan adalah pendapat yang lebih sesuai dengan qaidah. Akan tetapi pendapat yang menghalalkan mensyaratkan supaya foto itu tidak mengandung perkara yang diharamkan , jika mengandung perkara yang diharamkan seperti memfoto wanita non mahram atau laki-laki untuk digantung di ruangan dalam rangka kenang-kenangan, atau untuk disimpan di tempat yang dinamakan Album supaya bisa menikmati foto itu dan mengenangnya maka itu semua diharamkan karena mengadakan gambar dan mengumpulkannya tapi tidak untuk dilecehkan (dihinakan.pent) maka itu haram menurut ulama' atau kebanyakan mereka. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 2/262-263, 265-266

Mengenai masalah melukis pepohonan, Gunung, Bulan, Matahari, Sungai, maka hukumnya adalah dibolehkan menurut kebanyakan ulama' dan pendapat inilah yang kuat. Lih. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 2/263

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com