Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

Hukum laki-laki memakai emas putih

Ahad, 12 Februari 2012 , 17:19:32
Penanya : Ikhwan

Follow:

Bagaimana hukumnya seorang laki-laki memakai emas putih?

Jawab :

Dalam situs yang diasuh syaikh shaleh Al-Munajjid disebutkan perincian untuk emas putih:

1. penamaan emas putih untuk bahan tambang yang hakikatnya adalah platina, emas putih semacam ini tidak diharamkan pemakaiannya untuk pria karena tidak ada pengharamannya dalam syariat Islam. Dan penamaannya dengan “emas” tidak menjadikannya haram karena hakikatnya berbeda dengan emas yang dikenal pada zaman Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

2. emas putih yang asalnya adalah emas kuning biasa kemudian dilapisi dengan platina, hukumnya adalah haram dipakai oleh pria karena hakikatnya pemakai itu telah memakai emas kuning yang dikenal.

3. emas putih yang merupakan campuran dari emas kuning dan palladium atau yang selainnya, ukuran besar sedikitnya campuran tergantung berapa karat emas yang diinginkan nantinya. Hukum emas putih semcam ini adalah haram pemakaiannya untuk pria karena bahan asalnya terdiri dari emas kuning biasa dan campuran ini tidak merubah hukum asalnya.

Untuk lebih detail tentang takaran campuran berikut fatwa Lajnah Daimah untuk masalah ini silahkan kunjungi http://islamqa.info/ar/ref/68039.

Wallahu a’lam

Oleh : Redaksi Salam Dakwah
Sudah dibaca oleh 1437 orang

Sharing: