Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

Orang Tua Yang Menelantarkan Anaknya Dari Bayi Apakah Boleh Didoakan Sebagaimana Orang Tua Yang Baik

Senin, 09 September 2013 , 07:36:55
Penanya : Akhwat
Daerah Asal : Jakarta

Follow:

Assalamualaikum Ustadz,

Apakah doa untuk kedua orang tua ( robbigfirlii waliwali dayya warhamhuma kama robbayani shogiro ) tetap berlaku untuk orang tua yang telah mensia-siakan anaknya sejak bayi atau untuk orang tua yang tidak mengasihani/mendidik anaknya.

Surat Apa dalam Alquran yang menyebutkan doa tersebut.

Syukron ustadz atas jawabannya

Jawab :


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seorang anak yang lahir dari pernikahan yang sah dari seorang laki-laki dan perempuan adalah anak yang secara hukum wajib untuk berbakti kepada kedua orang tersebut meski kedua orang tersebut berbuat kesalahan seperti tidak merawat bayi tersebut dan menelantarkannya hingga dewasa.

Allah ta'ala berfirman dalam surat Luqman ayat 14 dan 15:

وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

15. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Dalam syariat Islam orang tua yang tidak merawat anaknya tetaplah dianggap sebagai orang tua, dan status mereka tidaklah gugur dikarenakan kesalahan tersebut sehingga ayat tersebut juga mencakup kedua orang tua itu, sehingga seorang anak tetap disyariatkan untuk mendoakan keduanya.

Terkait do'a yang Anda sebutkan, kami tidak mendapatinya di Al-Qur'an, yang kami dapati adalah apabila do'a tersebut dibagi menjadi dua bagian, setiap bagian disebutkan dalam Al-Quran.

Bagian pertama disebutkan dalam surat Nuh ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Ya rabbku! ampunilah Aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahKu dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".

Bagian kedua disebutkan dalam surat Al-Isra' ayat 24:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 1663 orang

Sharing: