Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Setelah Membaca Surat Al-Alaq

Selasa, 09 April 2013 , 07:55:51
Penanya : Akhwat
Daerah Asal : Jakarta

Follow:

Assalamualaikum ustadz,

Ana ingin membaca surat Al Alaq dalam sholat, dalam surat tersebut terdapat ayat Sajadah. Bagamana tata cara sujud tilawahnya, apakah dalam keadaan berdiri lalu sujud , duduk salam kanan kiri lalu berdiri kemudian ruku dst...apakah sujud selalu disertai salam ( dalam keadaan diluar sholat ) atau bagaimana ustadz?

Syukron atas penjelasannya

Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama' mengenai beberapa bagian dalam tata cara melaksanakan sujud tilawah ini, diantaranya yang berkenaan dengan masalah bertakbir saat merunduk untuk sujud tilawah ketika ayat sajdah dibaca dalam sholat. Perinciannya:

1. Ada ulama' yang berpendapat bahwa takbir disyariatkan ketika akan sujud dan ketika bangkit dari sujud. Diantara ulama' zaman ini yang berpendapat demikian adalah: Syaikh Ibnu Baz dan Utsaimin. Lih. http://www.binbaz.org.sa/mat/1092 dan http://ar.islamway.net/fatwa/17317

2. Ada yang mengatakan bahwa yang disyariatkan adalah ketika akan sujud saja, adapun ketika bangkit maka tidak disyariatkan.

3. Ada pula ulama' yang berpendapat tidak disyariatkannya takbir saat akan sujud dan saat bangkit dari sujud. Diantara ulama' zaman ini yang berpendapat demikian adalah syaikh Al-Albani. Silahkan download keterangan murid beliau di http://www.archive.org/download/mashhoor-sjoudtelawa/mashhoor-sjoudtelawa.mp3

Pendapat yang rojih adalah: Membaca takbir saat sujud tilawah tidaklah dianjurkan karena tidak ada dalil shohih yang mendasarinya sebagaimana yang diterangkan oleh syaikh Al-Albani.

Apabila seseorang menjadi imam shalat jama'ah maka perlu diketahui bahwa ia bisa mendapatkan keleluasaan hukum untuk mengeraskan bacaan takbir.
Berikut ini terjemahan bebas nukilan syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman dari syaikh Al-Albani:
Jika seseorang menjadi imam untuk orang umum maka ada keleluasaan hukum dengan mengikuti perbuatan Ibnu Mas'ud dengan cara mengeraskan (takbir.pen). Adapun bila ia shalat dengan penuntut ilmu yang memahami hukum-hukum (fiqih.pen) maka bagusnya ia sujud tanpa mengeraskan (takbir.pen). http://www.archive.org/download/mash...joudtelawa.mp3

Teknis pelaksanaannya: Ketika imam selesai membaca ayat tilawah, maka ia langsung sujud sambil bertakbir. Dan begitu selesai sujud tilawah ia berdiri kembali. Selanjutnya, ia boleh membaca surat lain atau melakukan ruku'. ٍSupaya makmum tidak bingung, imam bisa membaca surat lain setelah membaca surat Al-Alaq, kemudian melaksanakan ruku'.


وبالله التوفيق

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 4045 orang

Sharing: