SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bolehkah Kredit Emas?


Akhwat
8 years ago

Assalamualaikum,

Saat ini, transaksi pembelian berbagai macam barang dengan cara kredit semakin banyak.Bagaimana dengan kredit emas? Apakah hal ini dibolehkan dalam hukum Islam? Syukron jidan atas jawabannya ustad.
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

uang dalam fiqih hukumnya sama dengan emas karena keduanya merupakan alat penukaran, di samping itu nilai uang merupakan perwakilan dari simpanan emas milik suatu negara.
jadi ketika membeli emas dengan uang artinya membeli emas dengan emas, dan dalam penukaran emas dengan emas ada persyaratannya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
«الذهب بالذهب، والفضة بالفضة، والبر بالبر، والشعير بالشعير، والتمر بالتمر، والملح بالملح، مثلا بمثل، سواء بسواء، يدا بيد، فإذا اختلفت هذه الأصناف، فبيعوا كيف شئتم، إذا كان يدا بيد»أخرجه مسلم 1587
“Jika emas dijual dengan emas, perak dijual dengan perak, gandum dijual dengan gandum, sya’ir (salah satu jenis gandum) dijual dengan sya’ir, kurma dijual dengan kurma, dan garam dijual dengan garam, maka jumlah (takaran atau timbangan) harus sama dan dibayar kontan. Jika jenis barang tadi berbeda, maka silakan engkau membarterkannya sesukamu, namun harus dilakukan secara kontan (tunai).”

Maksudnya kalau jenisnya sama maka wajib kontan dan nilainya sama, contoh jika anda menukar uang 100 ribu 1 lembar dengan 100 lembar pecahan seribu maka harus kontan dan nominalnya sama (tidak boleh kalau dengan 95 lembar pecahan seribu)

Kalau jenisnya berbeda misalnya emas dengan perak atau rupiah dengan dolar maka wajib kontan dan tidak wajib sama nominalnya, misalnya 1 dolar tidak harus ditukar dengan 1 rupiah karena nilainya memang beda, jadi boleh 1 dolar ditukar dengan 9.200 dengan syarat kontan (tidak boleh kalau ditunda pembayarannya oleh salah satu pihak misalnya)
Penukaran barang seperti ini dinamakan sharf.

dalam kasus kredit emas terdapat pelanggaran salah satu syarat yaitu tidak cash, sehingga muamalah seperti ini tidak boleh.
jalan keluarnya adalah orang yang ingin membeli emas hendaknya mengumpulkan uang terlebihdahulu kemudian beli emas tersebut secara kontan.

wallahu a'lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com