Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

ahli kitab

Selasa, 20 Desember 2011 , 16:26:25
Penanya : Ikhwan

Follow:

apakah nasrani & yahudi sekarang termasuk ahli kita

terima kasih

Jawab :

Ada pertanyaan yang ditujukan ke dewan fatwa Saudi (Lajnah Daimah), terjemahannya:
siapa Ahli Kitab SAAT INI? orang-orang Nasrani meyakini trinitas jadi mereka termasuk orang Musyrik. orang Yahudi (pembunuh para Nabi) , musuh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam juga termasuk orang musyrik karena perkataan mereka:kami kekasih-kekasih Allah, tangan Allah terbelenggu dst ?! mohon pertanyaan ini dijawab dengan jelas dan hilangkan kebingungan orang yang bingung, semoga Allah membalas anda dengan kebaikan.
Jawaban:
Ahli kitab adalah orang Yahudi dan Nasrani meski mereka berbuat syirik, dulu –saat turunnya Qur’an kepada Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam- kesyirikan ini sudah ada pada mereka.
Allah telah menghabarkan penuhanan Isa alaihi salam dan penyekutuannya dengan Allah (sehingga ikut disembah) oleh orang Nasrani, Allah ta’ala berfirman tentang ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ قُلْ فَمَنْ يَمْلِكُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا إِنْ أَرَادَ أَنْ يُهْلِكَ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُ وَمَنْ فِي الأرْضِ جَمِيعًا وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا يخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (المائدة:١٧)
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al masih putera Maryam". Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?". kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Sebagaimana Allah ta’ala berfirman tentang orang Yahudi yang berkata Uzair anak Allah, dan tentang Ahli kitab secara umum bahwa mereka menjadikan pendeta-pendeta mereka sebagai Tuhan selain Allah :
وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُونَ قَوْلَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ (التوبة:٣٠)
orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al masih itu putera Allah". Demikianlah itu Ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru Perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Mereka Dilaknat Allah , bagaimana mereka sampai berpaling?

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلا نَعْبُدَ إِلا اللَّهَ وَلا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ
(آل عمران :٦٤)
Katakanlah: "Hai ahli Kitab, Marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara Kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah". jika mereka berpaling Maka Katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)."
(Fatawa Lajnah Daimah juz.3 hal.421-422)
Kesimpulannya orang Yahudi dan Nasrani zaman ini termasuk Ahli Kitab. Wallahu ‘a’lam

Oleh : Redaksi Salam Dakwah
Sudah dibaca oleh 371 orang

Sharing: