Logo

FORUM - Fawaid Ilmiah

Siapakah Wahabi?

Sabtu, 23 Maret 2013 , 17:55:35
Oleh : Admin Salam Dakwah

FATWA AL-LAKHMI DITUJUKAN KEPADA WAHABI (ABDUL WAHHAB BIN ABDURRAHMAN BIN RUSTUM) SANG TOKOH KHAWARIJ BUKAN KEPADA SYAIKH MUHAMMAD ABDUL WAHAB

Mengenai fatwa Al-Imam Al-Lakhmi yang dia mengatakan bahwa Al-Wahhabiyyah adalah salah satu dari kelompok sesat Khawarij. Maka yg dia maksudkan adalah Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum dan kelompoknya  bukan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya. Hal ini karena tahun wafat Al-Lakhmi adalah 478 H sedangkan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab wafat pada tahun 1206 H /Juni atau Juli 1792 M. Amatlah janggal bila ada orang yg telah wafat namun berfatwa tentang seseorang yg hidup berabad-abad setelahnya. Adapun Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum maka  dia meninggal pada tahun 211 H. Sehingga amatlah tepat bila fatwa Al-Lakhmi tertuju kepadanya. Berikut Al-Lakhmi merupakan mufti Andalusia dan Afrika Utara dan fitnah Wahhabiyyah Rustumiyyah ini terjadi di Afrika Utara. Sementara di masa Al-Lakhmi hubungan antara Najd dgn Andalusia dan Afrika Utara amatlah jauh. Sehingga bukti sejarah ini semakin menguatkan bahwa Wahhabiyyah Khawarij yg diperingatkan Al-Lakhmi adl Wahhabiyyah Rustumiyyah bukan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya. [Lihat kitab Al-Mu’rib Fi Fatawa Ahlil Maghrib, karya Ahmad bin Muhammad Al-Wansyarisi, juz 11.]

Penulis: Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi Lc. Syariah Manhaji 24 – Maret – 2006 20:20:30

Perbedaan Da’wah Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum Dan Da’wah Syaikh Muhammad Abdul Wahhab
1.Da’wah Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum (Khawarij)

Khawarij adalah salah satu kelompok dari kaum muslimin yang mengkafirkan pelaku maksiat (dosa besar), membangkang dan memberontak terhadap pemerintah Islam, dan keluar dari jama’ah kaum muslimin.

Termasuk dalam kategori Khawarij, adalah Khawarij generasi awal (Muhakkimah Haruriyah) dan sempalan-sempalannya, seperti al-Azariqah, ash-Shafariyyah, dan an-Najdat –ketiganya sudah lenyap– dan al-Ibadhiyah –masih ada hingga sekarang–. Termasuk pula dalam kategori Khawarij, adalah siapa saja yang dasar-dasar jalan hidupnya seperti mereka, seperti Jama’ah Takfir dan Hijrah. Atas dasar ini, maka bisa saja Khawarij muncul di sepanjang masa, bahkan betul-betul akan muncul pada akhir zaman, seperti telah diberitakan oleh Rasulullah.

“Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang usianya rata-rata masih muda dan sedikit ilmunya. Perkataan mereka adalah sebaik-baik perkataan manusia, namun tidaklah keimanan mereka melampaui tenggorokan Maksudnya, mereka beriman hanya sebatas perkataan tidak sampai ke dalam hatinya – red. Mereka terlepas dari agama; maksudnya, keluar dari ketaatan – red sebagaimana terlepasnya anak panah dari busurnya. Maka di mana saja kalian menjumpai mereka, bunuhlah! Karena hal itu mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR. Al Bukhari no. 6930, Muslim no. 1066)
Lihat kelengkapannya Di sini

http://alqiyamah.wordpress.com/2008/06/22/khawarij-bahaya-laten-bagi-kaum-muslimin/

2. Da’wah Syaikh Muhammad Abdul Wahhab (Ahlussunnah Wal Jama’ah)

Alangkah baiknya kami paparkan terlebih dahulu penjelasan singkat tentang hakikat dakwah yang beliau serukan. Karena hingga saat ini ‘para musuh’ dakwah beliau masih terus membangun dinding tebal di hadapan orang-orang awam, sehingga mereka terhalang untuk melihat hakikat dakwah sebenarnya yang diusung oleh beliau.

Syaikh berkata,

“Segala puji dan karunia dari Allah, serta kekuatan hanyalah bersumber dari-Nya. Sesungguhnya Allah ta’ala telah memberikan hidayah kepadaku untuk menempuh jalan lurus, yaitu agama yang benar; agama Nabi Ibrahim yang lurus, dan Nabi Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Alhamdulillah aku bukanlah orang yang mengajak kepada ajaran sufi, ajaran imam tertentu yang aku agungkan atau ajaran orang filsafat.

Akan tetapi aku mengajak kepada Allah Yang tiada sekutu bagi-Nya, dan mengajak kepada sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah diwasiatkan kepada seluruh umatnya. Aku berharap untuk tidak menolak kebenaran jika datang kepadaku. Bahkan aku jadikan Allah, para malaikat-Nya serta seluruh makhluk-Nya sebagai saksi bahwa jika datang kepada kami kebenaran darimu maka aku akan menerimanya dengan lapang dada. Lalu akan kubuang jauh-jauh semua yang menyelisihinya walaupun itu perkataan Imamku, kecuali perkataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau tidak pernah menyampaikan selain kebenaran.” (Kitab ad-Durar as-Saniyyah: I/37-38).
“Alhamdulillah, aku termasuk orang yang senantiasa berusaha mengikuti dalil, bukan orang yang mengada-adakan hal yang baru dalam agama.” (Kitab Muallafat Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab: V/36).

Lihat kelengkapannya di sini

http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-1.html

http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-2.html

http://muslim.or.id/aqidah/inilah-aqidah-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab.html

Jadi ternyata Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab bukan wahabi dan wahabi bukan dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Akan tetapi Wahabi dari Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum

Demikian pula ternyata Salafy bukan wahabi dan wahabi bukan Salafy karena berbeda dalam Aqidah dan Manhaj

Dan negara Kerajaan Saudi Arabia bukan negara wahabi. Akan tetapi Negara Islam yang Bermanhaj Salaf

  • Jum'at, 21 Juni 2013 , 14:21:20
    Oleh : Mochamad Nugraha

    Jiahahaha..ya situs arab saudi berbahasa arab yang memang menerangkan tentang Saudi yang merayakan Ultah Syaikh Utsaimin itu laah..(kalao emang bener2 tu ultah dirayain)

    Masa situs abal2 yang notabenenya benci ama Manhaj Salaf dan para Ulama Sunnah...ya pasti beritanya ngawur..dibuat2 dan disambung2in alias utak atik gathuk..wkwk.

  • Jum'at, 21 Juni 2013 , 14:11:00
    Oleh : abdullah

    Referensi dan sumber kaya ape yg nt mau, ayo coba sebutin... Ane siapin buat nt pade

  • Jum'at, 21 Juni 2013 , 14:06:22
    Oleh : abdullah

    Hehehe..., ngeles aje sebisa nt pade.

  • Senin, 17 Juni 2013 , 16:51:40
    Oleh : Mochamad Nugraha

    @Abdullah : Jiaahahahaha..sumber rujukkan nya si Abdullah ini ternyata blog salafytobat...Duul dul..bertaubatlah kau Dul..kasian sekali..dirimu koq mau aja dikibulin ama admin blog majhul..eh..ngomong2 tau arti majhul ngga dul?

  • Senin, 17 Juni 2013 , 16:32:40
    Oleh : Mochamad Nugraha

    @Abdullah : Kalau ngibul yang kira2 donk dul..

  • Ahad, 16 Juni 2013 , 14:57:27
    Oleh : abdullah

    Wahabi melarang keras pengkultusan terhadap diri Baginda Nabi SAW, akan tetapi mereka sendiri melakukan pengkultusan terhadap diri Syekh al-Utsaimin. Mereka membid’ahkan peringatan haul seorang ulama atau wali, akan tetapi belakangan mereka juga menghelat semacam haul untuk Syekh al-Utsaimin dengan nama ‘Haflah Takrim.” Betapa
    ganjilnya sikap kelompok Wahabi ini...
     
    Haul’ al-Utsaimin mereka adakan pada
    bulan Januari 2010 lalu di sebuah hotel di Kairo di bawah naungan Duta Besar Saudi di Kairo, Hisham Muhyiddin. Rangkaian acara haul itu dibuka dengan pembacaan ayat-ayat Quran, dilanjutkan sambutan-sambutan berisi pujian terhadap almarhum. Sambutan pertama disampaikan Ketua yayasan ar-Rusyd sekaligus Presiden Asosiasi Penerbit Saudi,yang memuji peran Syekh Utsaimin dalam penyebaran agama Islam. Sambutan selanjutnya disampaikan Abdullah, putra Utsaimin,kemudian Atase Kebudayaan Saudi Muhammad bin Abdul Aziz Al-Aqil. Yang disebutkan belakangan ini banyak mengulas manakib Syekh al-Utsaimin dengan menjelaskan tahun lahir dan wafatnya. “Perayaan ini adalah sedikit yang bisa kami persembahkan untuk mendiang Syekh Utsaimin,” ujarnya.
     
    Utsaimin yang dikultuskan Wahabi
     
    Acara haul ditutup dengan saling tukar tanda kehormatan antara Yayasan ar-Rusyd, Yayasan Utsaimin, Atase Kebudayaan dan Deputi Menteri Kebudayaan dan Informasi. Begitu pentingnya perayaan untuk Utsaimin ini sampai-sampai seorang pengagumnya menggubah sebuah syair:
     
    ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﻟَﻮْ ﻭَﺿَﻊَ ﺍْﻷَﻧﺎَﻡُ ﻣَﺤَﺎﻓِﻼَ # ﻣَﺎﻭَﻓَﺖِ
    ﺍﻟﺸَّﻴْﺦَ ﺍْﻟﻮَﻗُﻮﺭَﺣَﻖَّﻩُ
     
    “Demi Allah, Seandainya segenap
    manusia membuat banyak perayaan untuk Syeikh Utsaimin,hal itu tidaklah mampu memenuhi hak beliau.”
     
    Syair itu menunjukkan pengkultusan orang-orang Wahabi terhadap Syekh Utsaimin.

  • Ahad, 16 Juni 2013 , 14:57:14
    Oleh : abdullah

    Anggap aja bkn wahabi.. Tp bisa dianggap Wahhabi, kan itu nama cuma nisbat aja..., nt pade repot amat mau ngeles...

  • Ahad, 16 Juni 2013 , 06:05:53
    Oleh : abunabiel

    syukran jazakallahu khairan. izin share

  • Sabtu, 18 Mey 2013 , 04:21:08
    Oleh :

    ALLAH Berfirman,,,,: Wahai hamba hamba ku,,,, kalian semuanya tersesat,,,,, kecuali yang aku beri petunjuk,,,,,, dan Aku bimbing ke jalan yang lurus,,,,,,,,,,,
    Mintalah bimbingan ke padaKu,,,,, niscaya Aku akan membimbingmu....(Hr muslim )

    Barang siapa mau belajar al Quran,lalu menjalankan apa yg terkandung didalamnya.,maka Allah akan menunjukkan dia dari kesesatan kepada jalan yg benar,dan akan menyelamatkan dari jeleknya hisab besok di hari kiamat..
    (HR.Thobron dari ibnu abbas RA : al itqon 2/ hal 152).

  • Jum'at, 10 Mey 2013 , 00:37:49
    Oleh : nurmiaty

    Ijin share أُسْتَاذُ...بَـــارَكَ اللّـــہُ فِيْـــك

<< < 1 2 > >> [2 Page(s)]