Logo

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

FORUM - Kompilasi Tanya Jawab

HUKUM MEMAKAN MAKANAN KUE ULANG TAHUN

Sabtu, 04 Februari 2012 , 11:30:11
Oleh :

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Siang ini bos di kantor bikin acara makan siang di ruang rapat dlm rangka ulang tahun, dan saya sudah menghindar keluar ruang kerja...
Dimeja kerja saya ada makanan yg di ambil dari ruang rapat.. Bagaimana ini ya..?

Jawab :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jawaban Syaikh Abdul Karim al Khudair,
“Perayaan hari lahir itu bid’ah dalam agama Allah. Tidak boleh mengadakannya, tidak boleh memakan makanan yang ada pada acara tersebut ataupun makanan yang dibuat untuk acara tersebut. Anggapan mereka bahwa makanan peringatan hari lahir itu karena makan siang atau alasan lain semisal karena datangnya banyak tamu bukanlah alasan yang bisa dibenarkan untuk menikmatinya. Menjamu tamu itu ada aturannya.

Banyak perkara itu dinilai dengan melihat niat pelakunya. Satu hal yang sangat jelas bahwa makanan tersebut dibuat dalam rangka acara itu (ulang tahun, -pent).

Memakan makanan yang di hidangkan pada acara tersebut itu membantu pelakunya untuk terus menerus menyelenggarakannya sehingga hal itu termasuk tolong menolong dalam dosa dan pelanggaran syariat yang Allah larang dalam
al Maa-idah ayat kedua”.

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran." (QS.al Maa-idah:2)

Wallahu a'lam

Sumber: UstadzAris.com
(Dengan sedikit penambahan)

POLLING HARI INI

Menurut anda, bagaimana design baru salamdakwah ini?