Logo

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

FORUM - Kompilasi Tanya Jawab

Benarkah Berjilbab tapi Akhlaknya Buruk Itu Lebih Baik daripada Tidak Berjilbab Namun Akhlaknya Baik?

Ahad, 08 Juli 2012 , 13:20:14
Oleh : Feby ummu maryam

Pertanyaan
"Berjilbab tapi akhlaknya buruk itu lebih baik daripada tidak berjilbab namun akhlaknya baik".
Apkh ini bener,,Allah membenarkan ahlak yg buruk,,Asal berjilbab,,=-?
Jelasin dong yang ringan,, tapi tepat pada intinya,, tks,,

Jawaban
Bismillah. Kalimat berikut ini: ("Berjilbab tapi akhlaknya buruk itu lebih baik daripada tidak berjilbab namun akhlaknya baik".) Perkataan ini mengandung makna yg tidak benar.

Hal ini diKarenakan agama Islam adalah agama yg menjunjung tinggi akhlak yg baik n Allah ta'ala memuji Nabi-Nya karena akhlak beliau yg sangat baik n sempurna. Allah berfirman: wa innaka la'ala khuluqin 'azhiim. Artinya: "dan sesungguhnya engkau (hai Muhammad) benar2 berada di atas akhlak yg sangat agung." (QS. Al-Qolam: )

Dan salah satu tugas utama Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah menyempurnakan akhlak ummatnya. Beli bersabda: innama bu'itstu li utammima makaarimal akhlaq. Artinya: "sesungguhnya aku diutus (Allah) utk menyempurnakan akhlak yg mulia."

Demikian pula trdapat banyak ayat2 n hadits2 Nabi yg shohih yg menunjukkan keutamaan akhlak yg mulia.

Kemudian yg perlu kita perhatikan jg, bahwa wanita yg berjilbab akan memperoleh pahala jika niat n tujuannya adalah menjalankan perintah Allah serta mengharapkan pahala dari-Nya.

Akan tetapi, jika niat berjilbabnya itu bukan karena Allah, namun hanya ikut2an, atau menyesuaikan dengan tradisi n trend, atau bahkan sifat jilbabnya tdk syar'I spt jilbab gaul, maka yg demikian ini tercela n tidak berpahala, atau bahkan bisa mendatangkan dosa.

Berbeda dengan wanita-wanita muslimah yg mana akhlak mereka itu baik, namun mereka tidak berjilbab dikarenakan belum tau hukumnya spt seorang mualaf yg hidup di suatu negeri yg sedikit dakwah Islam dan para dainya, atau mereka dlm kondisi terpaksa dengan suatu keadaan, sementara hatinya masih meyakini akan wajibnya jilbab, maka yg demikian ini tidak tercela dan tidak berdosa. Sedangkan wanita muslimah yg tidak berjilbab karena malas atau malu padahal mereka sdh mngrti kewajibannya maka ia berdoas n tercela.

Hal lain yg perlu kita ketahui jg, bahwa wanita berjilbab, jika akhlaknya buruk kpd Allah dengan berbuat syirik n maksiat kpda-Nya, atau akhlaknya buruk kpd Rasulullah spt menentang petunjuk beliau dlm hal aqidah, ibadah, muamalah n akhlak, atau giat dlm melakukan amalan-amalan bid'ah, atau akhlaknya buruk kpd kedua ortunya, suaminya, dan manusia secara umum maka ia adalah wanita yg paling buruk n celaka.

Demikian sedikit komentar n pandangan sy secara singkat thdp pernyataan di atas. Jika benar maka ini semata-mata dari Allah. N jika ada salahnya maka ini datangnya dari diri sy pribadi n dari setan, dan sy mohon ampun atas segala kesalahan yg sy perbuat. Wallahu a'lam bish-showab wahuwa waliyyu at-taufiq.

Sumber: Ustadz washito

POLLING HARI INI

Menurut anda, bagaimana design baru salamdakwah ini?