Logo

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

FORUM - Kompilasi Tanya Jawab

Adakah Sholat Sunnah Sebelum Ashar dan Sebelum Isya?

Selasa, 12 Juni 2012 , 23:34:05
Oleh : Feby ummu maryam

Pertanyaan:
Membaca kajian mengenai shalat sunnat Rawatib yg mu'akkad, sy ada pertanyaan..
Bagaimana mengenai shalat 2 raka'at sebelum Ashar dan 2 raka'at sebelum Isya, apakah termasuk shalat sunnat Rawatib juga?.. karena banyak sekali orang yg mengerjakannya..

Kemudian, untuk mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wassalam, apakah kita hanya mengerjakan shalat sunnat Rawatib yg mu'akkad saja ya?
Syukron katsiron sebelumnya..

Jawaban:
1.Sholat qobliyah ashar :

As-Syaikh Muammad bin Utsaimin rahimahullah berkata, “Tidak ada sunnah rawatib sebelum dan sesudah sholat ashar, namun disunnahkan sholat mutlak sebelum sholat ashar”. (Majmu’ Fatawa As-Syaikh Al-Utsaimin 14/343)
Baca lengkapnya di link :
http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/tuntunan-shalat-sunnah-rawatib.html
=========

2. Sholat qobliyah isya
Tanya:
Mau tanya ustadz, apa hukumnya sholat qobliyah isya’? Adakah dalil khusus yang menerangkannya? Berapa rakaat sunnahnya?Syukron.
(Azzahra)

Jawab:
Saya tidak mengetahui dalil khusus tentang disyari’atkannya sholat sunnah sebelum isya, dan yang saya ketahui dianjurkan bagi kita untuk sholat sunnah sebelum isya, karena keumuman sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sunnah qabliyyah Isya’ ini meski dianjurkan, tapi dia tidak termasuk rawatib yang tercantum dalam hadist Ummu Habibah:
ما من عبد مسلم يصلي لله كل يوم ثنتي عشرة ركعة تطوعا غير فريضة إلا بني الله له بيتا في الجنة أو إلا بني له بيت في الجنة

“Tidaklah seorang hamba muslim sholat sunnah selain fardhu 12 rakaat setiap harinya untuk Allah, kecuali Allah akan membangun baginya surga atau kecuali akan dibangun baginya rumah di dalam surga.” (HR. Muslim)

Kemudian diterangkan perinciannya di dalam riwayat At-Tirmidzy:

من صلى في يوم وليلة ثنتي عشرة ركعة بني له بيت في الجنة أربعا قبل الظهر وركعتين بعدها وركعتين بعد المغرب وركعتين بعد العشاء وركعتين قبل صلاة الفجر

“Barangsiapa sholat 12 rakaat dalam sehari semalam maka akan dibangun baginya rumah di dalam surga: 4 rakaat sebelum dhuhur, 2 rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya, dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. At-Tirmidzy dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)

Dikutip dari http://www.konsultasisyariah.com/apa-hukum-sholat-qobliyah-isya/#axzz1wzjRC1LO