SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ada Apa Dengan Bulan Rajab?


ummu sekar
ummu sekar
5 years ago

Diantara Masalah Terkait Dg Bulan Rajab.

1. Doa khusus di bulan Rajab. Ada sebagian orang membaca doa, "Allaahumma baarik lanaa fi Rajab wa Sya'baan wa ballighnaa Ramadhaan." [Ya Allah, berkahilah kami dalam bulan Rajab,lalu sampaikanlah kami pd bulan Ramadhan].
Hadits yg memuat redaksi doa ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi, Ahmad & yg lainnya dan derajatnya dhaif(lemah).
Namun demikian Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam menganjurkan berdoa ketika seseorang melihat hilal tanggal 1 secara umum untuk setiap bulan Hijriyah, "Allaahumma ahillahu 'alainaa bil yumni wal imaan was salaamati wal islaam, rabbiy wa rabbukallaah." [Ya Allah tampakkanlah bulan tanggal satu itu kepada kami dengan membawa keberkahan & keimanan, keselamatan & Islam, Tuhannku & Tuhanmu (hai bulan sabit) adalah Allah." (HR. Ahmad)

2. Shalat khusus di bulan Rajab.
Tidak ada shalat khusus pd bulan Rajab & tidak ada anjuran shalat Raghaib pd bulan tsbt (12 rakaat antara Maghrib & Isya' pd malam Jumat pertama).

3. Puasa khusus di bulan Rajab. Sesungguhnya riwayat tentang keutamaan puasa Rajab, semuanya palsu & lemah, tidak ada asalnya (dari Nabi). [Lihat, al-Fawaid al-Majmu'ah fil Ahadits al-Mu'udhu'ah, hal. 381). Adapun puasa Senin, puasa Kamis, puasa Dawud atau puasa 3 hari (13, 14, dan 15 Rajab), maka tetap dianjurkan meskipun pada bulan Rajab.

4. Perayaan Isra' Mi'raj. Para ahli Sejarah (Tarikh) berselisih pendapat kapan terjadi peristiwa Isra' Mi'raj. Tidak ada dalil yg tegas trjadinya peristiwa tersebut pada bulan tertentu. Jika terjadinya saja belum ada kepastian & diperselisihkan oleh para Ulama',lalu bagaimana dirayakan..?
Dan jika memperingati peristiwa tersebut adalah perkara penting & termasuk ibadah, maka pasti akan ditegaskan oleh Nabi sebagai bagian dari kesempurnaan Islam & juga akan dinukil dari para Sahabat & ulama setelah mereka, bahwa mereka melakukannya. Namun ternyata tidak..!

Semoga setiap kita hati-hati & waspada agar tidak beramal tanpa didasari oleh dalil. آميْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ .

Ust Husnulyaqin LC

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com